10 Danau Angker di Indonesia, Mulai Noni Belanda Sampai Naga Raksasa

Danau merupakan salah satu pilihan destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi traveler. Indonesia sendiri menawarkan beragam pilihan danau cantik di berbagai wilayah Nusantara. Namun, di balik kemolekannya, ada beberapa danau angker di Indonesia yang kondang dengan kisah mistis di baliknya. Ada di mana saja?

1. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba, via Shutterstock
Danau Toba, via Shutterstock

Tempat pertama yang tak perlu diragukan lagi keeksotisannya adalah Danau Toba. Destinasi wisata di Sumatra Utara ini juga dikenal sebagai yang terluas di Asia Tenggara dengan segala keindahannya. Dibalik cantiknya, Danau Toba kerap dianggap mistis dan angker.

Konon, tempat ini merupakan rumah bagi para makhluk misterius. Dan, ada beberapa pengunjung yang mengaku memotret beberapa makhluk mengerikan tersebut saat berada di Danau Toba.

2. Danau Lau Kawar, Sumatra Utara

Danau Lau Kawar, via Shutterstock
Danau Lau Kawar, via Shutterstock

Selain Danau Toba, ada lainnya yang bernama Danau Lau Kawar yang tak kalah cantik namun juga kental dengan kisah angkernya. Lokasinya berada di kaki Gunung Sinabung, tepatnya ada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Jika dilihat sekilas, tak ada yang aneh dengan tempat wisata ini. Namun, ada beberapa cerita pengunjung yang mengaku diganggu saat berada di lokasi. Ada beberapa pula yang kesurupan. Maka dari itulah Teman Traveler, perlu berhati-hati saat datang ke lokasi baru.

3. Danau Tolire, Maluku

Danau Tolire, via Shutterstock
Danau Tolire, via Shutterstock

Ada pula dari Maluku namanya adalah Danau Tolire. Panoramanya indah dengan air warna hijaunya. Di balik kecantikannya, ada cerita legenda yang unik. Konon benda yang dilempar ke danau tidak akan pernah menyentuh permukaan air. Hal ini diduga lantaran tertahan kekuatan gaib yang diyakini berasal dari siluman buaya raksasa berukuran 10 meter.

Tidak hanya itu saja, konon Danau Tolire dahulu merupakan kampung yang dikutuk lantaran seorang ayah yang menggagahi putrinya sendiri.

4. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Ranu Kumbolo, via Shutterstock
Ranu Kumbolo, via Shutterstock

Kecantikan dari Ranu Kumbolo sudah terdengar sampai ke berbagai pelosok negeri. Banyak pendaki rela jalan berjam-jam untuk mencapainya. Ada yang menjadikan Ranu Kumbolo tujuan utama, atau lokasi singgah semata untuk menaklukkan Keagungan Semeru.

Ranu Kumbolo memang istimewa. Namun di balik panoramanya yang begitu cantik, Ranu Kumbolo juga terkenal angker. Kabarnya, ada beberapa pendaki yang melihat sesosok wanita muncul dari tengah danau, terutama bulan purnama.

Tidak hanya itu saja, di tempat ini ada juga ikan mas yang tak diketahui asal usulnya. Konon, ikan-ikan ini merupakan jelmaan para dayang penunggu Dewi Ranu Kumbolo. Maka dari itulah Teman Traveler, ada semacam peraturan tak tertulis supaya pengunjung tidak menganggu atau bahkan mengambil ikan-ikan tersebut.

5. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh, via Shutterstock
Danau Gunung Tujuh, via Shutterstock

Namanya adalah Danau Gunung Tujuh yang kemolekannya susah ditampik. Lokasinya berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Masyarakat setempat menyebutkan Danau Gunung Tujuh sebagai tempat yang sakti. Bagaimana tidak, saat kamu datang ke tempat ini, tidak akan ditemui dedaunan yang jatuh. Permukaan airnya senantiasa bersih.

Tidak hanya itu saja, konon danau angker di Indonesia ditunggui oleh makhluk misterius berukuran setengah meter dengan tubuh sebagian manusia dan bagian lainnya adalah orang utan. Selai itu, sosok ini dikatakan memiliki pergerakan yang cepat sehingga susah ditangkap mata.

6. Danau Kaco, Jambi

Danau Kaco, via Shutterstock
Danau Kaco, via Shutterstock

Kemudian ada Danau Kaco yang lokasinya berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Lokasi tepatnya ada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Tempat ini memiliki air yang begitu bening dan berada di ketinggian 1289 mdpl di atas laut. Kecil tetapi memiliki panorama eksotis yang begitu magis.

Danau angker di Indonesia ini menyimpan beberapa misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah kedalaman danau yang sampai sekarang ini belum diketahui. Konon, ada orang yang mencoba untuk mengukur kedalaman danau ini namun selalu gagal lantaran tabung oksigen yang digunakan habis sebelum menyentuh dasar danau.

7. Danau Gunting, Kebun Raya Bogor

Danau Gunting, via Instagram/oedoe118
Danau Gunting, via Instagram/oedoe118

Selanjutnya adalah Danau Gunting yang lokasinya ada di belakang Istana Bogor. Disebut gunting lantaran bentuknya menyerupai alat pemotong tersebut. Konon, tempat ini dihuni oleh sosok makhluk astral bertubuh besar dan hitam. Tidak berhenti di situ saja, ada pulau kecil yang berada di tengahnya yang kabarnya jadi rumah sosok wanita berbaju pakaian Belanda, atau yang dikenal sebagai hantu noni Belanda.

8. Danau Sunter, Jakarta

Danau Sunter, via  Instagram/akmalcamsyah
Danau Sunter, via Instagram/akmalcamsyah

Jakarta memang Ibu Kota yang sangat ramai sekali penduduknya. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada yang angker. Danau Sunter ini memiliki kisah misteri yang bikin bulu kuduk berdiri. Banyak orang tenggelam di tempat wisata Jakarta ini, konon dikarenakan penunggu yang berada di dasar danau yang merupakan sosok buaya putih berukuran raksasa.

9. Danau Rawa Pening, Jawa Tengah

Danau Rawa Pening, via Instagram/pergipedia
Danau Rawa Pening, via Instagram/pergipedia

Dari Jawa Tengah ada Danau Rawa Pening yang lekat di benak masyarakat setempat dengan kisah mistisnya. Masyarakat sekitar percaya jika danau ini merupakan kerajaan lelembut. Bukan tanpa alasan, beberapa warga setempat pada malam hari mendengar suara tabuh gamelan yang cukup keras di sekitaran danau. Suara ini seperti ada hajatan besar. Padahal tidak ada penduduk yang sedang melakukan pagelaran.

10. Telaga Ngebel, Jawa Timur

Telaga Ngebel, via Instagram/infongebel
Telaga Ngebel, via Instagram/infongebel

Telaga sendiri merupakan danau yang berada di kaki gunung. Nah, Telaga Ngebel juga merupakan tempat wisata cantik yang berada di Ponorogo, Jawa Timur. Salah satu cerita yang melegenda di tempat ini adalah konon ada sosok naga raksasa yang hidup di telaga, namanya adalah Baru Klintih. Konon naga ini merupakan jelmaan Patih Kerajaan Bantaran Angin yang tengah bermeditasi dan menjadi ular.

Kita tidak tahu menahu asal usul suatu tempat ya Teman Traveler. Maka dari itulah, kita perlu menghormati segala peraturan yang telah ditetapkan dan jangan sampai merusak ya.

Tags
danau angker danau angker di Indonesia Indonesia Wisata
Share