4 Daerah Lenyap Tiba-tiba, Ada yang karena Kelakuan Para Penduduk

Lenyapnya sebuah daerah, sepertinya hanya ada di cerita dongeng. Contohnya Atlantis yang sampai saat ini masih dipertanyakan tentang kebenarannya. Ternyata, di negara kita juga ada beberapa daerah yang lenyap secara tiba-tiba dengan beraneka ragam penyebab. Daerah di mana saja ya yang dimaksud? Yuk simak ulasan berikut. 

Waduk Jatigede yang Memunculkan Pemukiman

daerah lenyap tiba-tiba
Waduk Jatigede via instagram/harrysuhardiman1

Akhir-akhir ini, Waduk Jatigede sedang menjadi perbincangan khalayak umum. Ini dikarenakan, waduk yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat tersebut sedang surut dan memunculkan sebuah pemukiman yang mirip seperti kota mati.

Dilansir dari laman Kompas, pemukiman itu merupakan bekas desa bernama Cibungur yang harus ditenggelamkan lantaran pembangunan waduk. Kini, pemukiman tak terpakai itu menjadi wisata Sumedang karena pemandangannya yang sangat eksotis. 

Desa Petobo yang Hilang karena Likuifaksi 

daerah lenyap tiba-tiba
Desa Petobo via instagram/hennykristianus

Mungkin Teman Traveler masih ingat dengan Desa Petobo yang mengalami bencana likuifaksi setelah tsunami menimpa Palu dan sekitarnya. Nah, setelah likuifaksi atau pergerakan tanah terjadi, rumah serta gedung yang ada di desa tersebut hancur seketika.

Parahnya, menurut beberapa ahli geografi, desa itu sudah tidak bisa ditinggali lagi, karena tanah akan rawan untuk bergerak kembali. Oleh karena itu, hampir semua masyarakat yang tinggal di sana memutuskan untuk pindah. 

Daerah Porong yang Terendam Lumpur Lapindo 

Porong, Sidoarjo via instagram/stunningindonesiaa

Tragedi lenyapnya sebuah daerah juga terjadi di daerah Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Apalagi kalau bukan tentang semburan lumpur panas akibat pengeboran yang dilakukan PT. Lapindo Brantas tahun 2006 silam.

Pengeboran tersebut akhirnya membuat tak kurang dari 10.426 unit rumah warga dan 77 unit rumah ibadah terendam lumpur. Ratusan hektare lahan pertanian milik warga lenyap dalam sekejap, termasuk juga ribuan ekor hewan ternak. Puluhan pabrik berhenti beroperasi dan membuat ribuan warga kehilangan pekerjaan.

Dukuh Legetang yang Tenggelam, Kabarnya karena Kelakuan Penduduk 

Dukuh Legetang via instagram/aalfitriy

Di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah juga terdapat sebuah daerah yang tenggelam pada tahun 1955. Namanya adalah Dukuh Legetang. Menurut cerita yang beredar, warga dari Dukuh Legetang dulu suka sekali melakukan perbuatan buruk. Seperti berjudi, mengonsumsi minuman keras dan lain sebagainya.

Akhirnya, pada saat itu, tiba-tiba saja ada suara seperti bom yang menuju Dukuh Legetang. Ternyata, itu adalah reruntuhan gunung yang berada agak jauh dari daerah tersebut dan mengubur Dukuh Legetang secara keseluruhan. Saat ini, Dukuh Legetang hanya berupa bukit yang terdapat sebuah tugu. Di tugu tersebut dituliskan banyaknya masyarakat yang meninggal dunia beserta penyebabnya. 

Begitulah sekelumit kisah daerah yang lenyap tiba-tiba di beberapa daerah. Ada yang karena pembangunan fasilitas, sampai dengan kepercayaan para penduduk. Ada yang pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
daerah lenyap tiba-tiba Indonesia info terbaru Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Sulawesi Tengah
Share