Main di Curug Seribu, Air Terjun 100 Meter Menawan di Bogor

Advertisement
Advertisement

Adakah di antara Teman Traveler yang pernah bermain di air terjun alias curug ? Jika kalian sedang liburan di Bogor, alternatifnya ada banyak. Namun satu yang cukup mempesona adalah Curug Seribu di Gunung Sari, Kec. Pamijahan. Seperti apa indahnya air terjun setinggi 100 meter ini? Yuk, simak ulasannya.

Perjalanan Menantang

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_pac.jpeg
Pintu masuk curug (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Akses menuju Curug Seribu cukup sulit. Teman Traveler sangat disarankan menumpang kendaraan pribadi. Kalian bisa melintasi Jalan Salak Endah atau Jalan Pamijahan sebagai alternatif. Tetap berhati-hati karena jalurnya cukup menantang.

Begitu sampai di pintu masuk, Teman Traveler bakal bertemu petugas pengelola curug. Kalian bakal diminta membayar tiket masuk seharga Rp10.000 plus asuransi Rp2.500 per orang.

Berikutnya, Teman Traveler akan menemukan beberapa jalur berbeda yang akan mengarahkan kalian ke beragam curug. Semuanya menyuguhkan keindahan dan tingkat kesulitan berbeda. Jika ingin menuju Curug Seribu, kalian harus membayar Rp10.000 ekstra.

Lewati Jalur Berbatu

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_X0a.jpeg
Tempat berkemah (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Teman Traveler hanya harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit hingga satu jam untuk sampai di tujuan utama. Di awal-awal perjalanan, kalian bakal melihat sebuah lapangan hijau luas. Kawasan ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda dan bermalam di sini. 

Lantaran kondisi jalan yang sedikit berbatu, Teman Traveler sebaiknya mengenakan sandal atau sepatu gunung agar terhindar dari cedera. Berdasarkan pengamatan saya pribadi, ada beberapa pengunjung salah memakai alas kaki hingga kerap terjatuh, bahkan terpeleset. 

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_wGr.jpeg
Air terjun dari kejauhan (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Jelang sampai di titik akhir, Teman Traveler bakal melewati anak tangga lumayan tinggi. Jadi siapkan kondisi fisik, apalagi menuju sini jarang ada lajur landai. Namun tenang saja, semua perjuangan kalian bakal sepadan dengan keindahan yang ditawarkan kok.

Habiskan Waktu di Air Terjun

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_GXs.jpeg
Menikmati kesegaran kolam alami (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler akan dimanja pemandangan indah air terjun setinggi 100 meter. Jika beruntung, kalian bisa melihat spektrum pelangi melingkar cantik di sekitar sini.

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_LYi.jpeg
Penjual mie instan (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Kelaparan usai perjalanan jauh? Jangan khawatir. Di sekitar sini kalian akan menemukan banyak penjual mie instan dan minuman hangat. Selain itu masih ada fasilitas ganti baju dengan tarif Rp2.000 saja.

Oh ya, selama di sini Teman Traveler wajib hati-hati dan selalu patuhi aturan ya. Dilarang melewati batas tali yang sudah diberikan petugas karena bisa sangat berbahaya. Jika ada kawan yang tidak bisa berenang, usahakan untuk selalu didampingi lantaran arus dan kedalaman air di sini kadang bisa tak terduga. 

Sampah Berserakan

whatsapp_image_2019_08_15_at_00_SE3.jpeg
Sampah berserakan di sekitar curug (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Meski pengelola sudah menyediakan tempat sampah, sayangnya di sekitar Curug Seribu masih saja nampak beberapa sampah berserakan dan beberapa tong sampah terbalik. Hal ini sangat disayangkan, karena tiket yang dibayarkan sebenarnya sudah termasuk biaya retribusi kebersihan. Semoga kondisi ini bisa dibenahi di masa mendatang.

Itulah sedikit ulasan mengenai Curug Seribu, sebuah destinasi keren yang bisa Teman Traveler sambangi kala sedang liburan di Bogor. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik habiskan pekan di sini?

Advertisement
Tags
Bogor kontributor Travelingyuk Wisata Bogor
Share