Curug di Purworejo, Eksotis dan Masih Tersembunyi

Isti

Isti

On Indonesia
Curug Purworejo Curug Purworejo

Purworejo merupakan salah satu kabupaten di selatan Pulau Jawa yang menyimpan banyak wisata alam. Selain pantai, ada pula air terjun yang menawan dan masih tersembunyi. Penasaran apa saja curug cantik di sini? Berikut daftarnya!

Curug Kaliurip, sebuah air terjun yang terletak di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri. Aliran dari curug ini tak deres, namun gemericik air inilah yang membuat wisatawan betah lama-lama di sini. Belum lagi dengan tebing di sisi kanan kiri air terjun yang terlihat eksotis.

Curug Kaliurip
Curug Kaliurip [image source]
Berbeda dengan Curug Kaliurip, Kyai Kate memiliki aliran yang deras dengan ketinggian 25 meter. Di sekitar air terjun ada pepohonan pinus rindang yang bisa digunakan untuk bersantai. Namun untuk sampai di lokasi, perjalanannya cukup jauh dari pintu masuk.

Curug Kyai Kate
Curug Kyai Kate [image source]
Tak terlalu tinggi, Curuh Kedung Gulo yang berada di Desa Kalitapas, Kecamatan Bener ini tetap manis di hati wisatawan. Apalagi bentuknya yang bertingkat membuat siapapun ingin loncat dari sisi yang tinggi.

Curug Kedung Gulo
Curug Kedung Gulo [image source]
Masih di Kecamatan Bener, ada Curug Lumbung yang tak kalah menakjubkan. Destinasi yang cukup dekat dengan pemukiman ini memiliki sungai eksotis dengan tebing-tebing terukir alami sepanjang 100 meter.

Curug Lumbung
Curug Lumbung [image source]
Di kawasan Perhutani Kecamatan Bruno juga terdapat air terjun lain, yaitu Curug Muncar. Selain keindahan airnya, pepohonan rindang di sekitarnya membuat curug ini ramai dikunjungi. Pun harus melewati jalan setapak yang sangat menantang.

Curug Muncar
Curug Muncar [image source]
Asri dan tersembunyi, begitulah Curug Sedayu  atau Klanceng Putih dikenal. Objek wisata di Desa Sedayu, Kecamatan Loano ini masih sepi karena lokasinya yang sangat sulit untuk dicapai. Namun, setelah lelah tracking menembus hutan, keindahan air terjun ini bakalan membuatmu puas.

Curug Sedayu (Klanceng Putih)
Curug Sedayu (Klanceng Putih) [image source]
Air terjun paling dikenal di Purworejo adalah Curuh Siklothok yang terletak di dusun Jeketro, desa Kaligono, kecamatan Kaligesing. Bagaimana tidak, fasilitas dari curug 3 tingkat ini lumayan lengkap dibandingkan lainnya. Kamu pun bisa renang sepuasnya di sini.

Curug Siklothok
Curug Siklothok [image source]

Masih alami, Curug Gunung Putri juga tak kalah menarik dibandingkan objek wisata lain di Purworejo. Selain menawarkan keindahan air yang jatuh dari tebing, ada pula spot foto kece dengan latar hutan alami.

Curug Gunung Putri
Curug Gunung Putri [image source]
Bermain di waterboom alami memang seru. Salah satunya ada di Curug Tawing yang terletak di Desa Tlogoguo, Kecamatan Kaligesing. Selain berendam sepuasnya, kamu pun bisa berkunjung ke atas bukit di mana ada Goa Anjani di sana.

Curug Tawing
Curug Tawing [image source]
Bagaimana, tertarik untuk menjelajah dan menerobos hutan di Purworejo bukan? Pengalaman liburanmu bakalan makin seru dan tak terlupakan nih!