Keindahan Curug di Cianjur, Bikin Pengen Buru Buru Nyebur!

Advertisement

Berada di kawasan pegunungan, membuat wisata alam di Cianjur sangat menarik untuk dibahas. Karena itu, banyak terdapat curug atau air terjun yang masih terbilang sangat alami. Keindahan alamnya membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang. Tak perlu bingung, Travelingyuk akan memberikan sejumlah rekomendasi curug di Cianjur yang sayang kalau terlewatkan. Langsung disimak ya!

Curug Luhur

Curug Lihur
Curug Lihur via Shutterstock/Eki Ferdian

Berada di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan, wisata alam satu ini masih belum dikenal orang banyak. Teman Traveler akan dibuat terpukau dengan pemandangan air terjun dari ketinggian bebatuan. Curug di Cianjura satu ini memiliki tiga turunan air dengan debit yang berbeda. Untuk mencapai undakan yang paling atas, Teman Traveler harus menyusuri sisi curug sebelah kiri dan menaiki bukit yang landai. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Curug Luhur adalah sekitar 3 hingga 4 jam dari kota Cianjur.

Curug Ciastana

Curug Ciastana
Curug Ciastana via Instagram/chanderaaa

Terletak di Desa Bokongkasih, Kadupandak, Cianjur, Curug Ciastana berbeda dengan curug yang lain. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, curug ini berbentuk sedikit lebar dan mirip seperti sebuah tirai yang panjang. Masih belum dikelola secara resmi dan belum dikenal orang banyak, membuat fasilitas di Curug Ciastana tidak lengkap. Contohnya untuk parkir kendaraan, para pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di rumah warga setempat.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
Curug Dengdeng via Instagram/rayghipary 

Destinasi wisata yang juga tersembunyi adalah Curug Dengdeng yang berada di Kampung Gunung Putri, Kecamatan Pacet, Cianjur. Curug di Cianjur keren ini memiliki ketinggian sekitar 85 meter dengan debet air yang terlihat berkilauan, sehingga membuat para pengunjung terpukau akan keindahannya. Untuk menikmati pemandangan sekitar, para pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1 km dari Kampung Cidadas. Sampai sekarang, akses yang layak masih belum disediakan bagi para pengunjung.

Curug Cisampay

Curug Cisampay di Cianjur
Curug Cisampay di Cianjur via Instagram/marfu_adv

Terakhir ada Curug Cisampay yang berlokasi di Kedusunan Pasirkupa, Desa Mekarwangi Cikadu. Para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan air terjun dari ketinggian tebing. Curug Cisampay ini merupakan salah satu sumber irigasi bagi masyarakat sekitar. Berbeda dengan curug lainnya, di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung seperti mushola, toilet umum, serta saung sebagai tempat berisitirahat. Tidak dikenakan biaya masuk, Teman Traveler hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk kendaraan bermobil.

Itulah sekian curug di Cianjur yang cantik dan masih belum banyak dijamah para wisatawan. Sudah siap untuk berpetualang ke Jawa Barat nggak, nih?

Advertisement
Tags
Cianjur curug di cianjur Indonesia Jawa Barat Wisata Wisata Cianjur
Share