Curug Cilember di Cisarua, Pesona Keindahan Pengobat Rindu pada Alam

Bogor kerap menjadi tujuan pelepas penat warga ibukota di akhir pekan. Selain mudah dijangkau karena letaknya tak begitu jauh, wisata alam Bogor menyajikan panorama indah tiada tara, mulai dari kebun raya, pegunungan, hingga curug. Bogor memang surganya curug lho, Teman Traveler. Salah satu yang wajib disinggahi adalah Curug Cilember Cisarua.

Curug Cilember Cisarua
Siap bertualang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kalau sedang ingin jalan-jalan saat weekend namun tidak punya banyak waktu luang. Bisa jelajah Curug Cilembur. Mengapa? Ini alasannya.

Terdiri dari 7 Curug

Curug Cilember Cisarua
Curug 5 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Keistimewaan dari wisata Curug Cilember adalah jumlah curug yang terdiri dari tujuh buah dalam satu lokasi wisata. Letak antar curug terpisah-pisah dengan jarak yang bervariasi. Curug paling bawah dinamakan Curug 7, sedangkan di paling atas adalah Curug 1. Karena terdiri dari tujuh curug, makanya Curug Cilember ini kerap disebut Curug 7 Cilember.

Butuh Perjuangan

Jalur naik dan turun ke Curug 5 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Curug Cilember makin istimewa karena Teman Traveler butuh sedikit perjuangan untuk mencapai setiap curug. Pasalnya, rute dari satu curug ke curug lainnya merupakan medan cukup terjal, naik turun, dan bisa sangat licin jika turun hujan.

Lebatnya pohon bikin adem (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Eits, meski begitu, pesona sepanjang perjalanan sangat teduh karena dikelilingi rimbunnya pepohonan. Dijamin, trekking menuju curug yang dituju bisa langsung mengobati kerinduan Teman Traveler pada alam.

Pesona Curug Cilember

Papan selamat datang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan harga tiket sekitar Rp13.000, Teman Traveler akan disuguhi keindahan alami air terjun di Bogor ini. Dari loket pembelian tiket, kalian akan disambut dengan sebuah papan nama lengkap dengan kolam ikan kecil, air mancur, dan keran air terbuat dari bambu.

Hutan pinus yang teduh (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berjalan ke dalam, suara gemericik aliran air sungai dari Curug 7 sudah bisa Teman Traveler dengar. Irama suara airnya pasti langsung bikin kalian hanyut dalam suasana alam. Apalagi ditambah dengan rimbunnya pohon pinus di kanan kiri. Teman Traveler bakal betah!

Riuh Pengunjung

Curug Cilember Cisarua
Tempat terbaik untuk wisata keluarga (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan harga tiket masuk yang murah dan pesona alam yang sangat asri, membuat Curug Cilember kerap banjir pengunjung, terlebih saat akhir pekan. Terutama untuk Curug 7 dan Curug 6 yang terletak di paling bawah. Kedua curug ini menjadi titik favorit untuk berwisata keluarga dan rombongan.

Fasilitas Curug Cilember

Pancuran alami untuk berwudu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski ramai pengunjung, Teman Traveler tetap akan merasa nyaman berada di kawasan alam ini. Fasilitas seperti kios makanan, penyewaan tikar, toilet, musala, dan tempat sampah di setiap sudut membuat Curug Cilember jadi tujuan wisata recommended.

Curug Cilember Cisarua
Curug 2 yang sepi pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namun, semakin ke atas, fasilitas tersebut semakin sedikit. Mungkin karena pengaruh ketinggian sehingga semakin sedikit pengunjung yang ada di curug bagian atas, makanya fasilitas-fasilitas tadi tidak selengkap seperti curug yang berada di bagian bawah. Contoh, kios makanan hanya bisa dijumpai sampai Curug 5 saja.

Pilihan Wisata di Curug Cilember

Di dekat Rumah Kayu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang makin bikin seru dolan ke Curug Cilember adalah banyak spot wisata lain yang bisa kalian kunjungi, antara lain rumah kupu-kupu, rumah kayu untuk Teman Traveler yang ingin menginap, flying fox, dan tenda yang disewakan untuk camping. Banyak spot instagenic juga lho untuk kalian yang hobi berswafoto dan penyuka fotografi.

Akses Menuju Curug Cilember

Gerbang masuk wisata (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terletak di Cisarua, Bogor, akses transportasi menuju Curug Cilember sangat mudah karena jalan masuk ke lokasi wisata terletak di Jalan Raya Puncak KM.15. Dari arah Jakarta, Teman Traveler bisa naik bus tujuan Cianjur dari Terminal Kampung Rambutan, kemudian turun di jalan masuk menuju wisata curug yang ada di sisi kiri jalan.

Agar tidak kebablasan, kalian bisa minta tolong kondektur bus untuk diturunkan di sana. Kalian bisa juga berpedoman pada Google Maps.

Curug Cilember Cisarua
Selamat berakhir pekan di Curug Cilember (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari jalan masuk ke arah curug, Teman Traveler bisa naik ojek dengan tarif sekitar Rp15.000-20.000. Kondisi jalan masuk cukup sempit, sehingga harap berhati-hati buat kalian yang datang kemari menggunakan mobil pribadi. Bersiaplah untuk sedikit kena macet.

Bagaimana, paket lengkap banget bukan berakhir pekan di Curug Cilember? Pastikan Teman Traveler datang sepagi mungkin agar bisa puas menikmati pesona keindahan Curug Cilember yang begitu istimewa.

Tags
Bogor Curug Curug Cilember Cisarua Indonesia Jawa Barat kontributor Travelingyuk
Share