Ayo ke Sini, Kamu Bisa Main Air Seru di Bogor

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Bagi kamu yang berada di dataran tinggi, mencari air terjun bukanlah hal yang sulit. Terkecuali jika tempat tersebut masih baru dibuka aksesnya. Seperti Kota Hujan, Bogor, yang juga memiliki sederet air terjun memesona. Wisata alam yang biasa disebut dengan istilah curug dalam bahasa sunda ini memang memiliki daya tarik sendiri. Coba datang ke curug ini ya di akhir pekan.

Curug Seribu

Curug Seribu
Curug Seribu [image source]
Dengan ketinggian 100 meter, air yang jatuh dari curug ini berasal dari sumber mata air Gunung Salak. Dikelilingi oleh lembah dan tebing yang hijau karena ditumbuhi berbagai tanaman. Namun, tetap berada pada batas yang ditentukan ya. Jangan membahayakan diri sendiri dan terlalu dekat dengan tempat jatuhnya air.

Jatuh dari ketinggian 100 m
Jatuh dari ketinggian 100 m [image source]

Curug Kondang

Curug Kondang
Curug Kondang [image source]
Terdapat dua kolam kecil yang ada pada curug Kondang. Yang pertama tidak jauh dari tempat jatuhnya air, kemudian aliran kedua setelah kolam pertama. Di sini kamu dapat bersantai sekaligus berendam pada dua kolam tersebut. Ketinggian air terjunnya sekitar 40-50 meter saja. Meskipun tidak terlalu besar, tempat ini masih sepi.

Kolam di Curug Kondang
Kolam di Curug Kondang [image source]

Curug Cipetey dan Leuwi Anteng

Leuwi Anteng
Leuwi Anteng [image source]
Dalam satu area terdapat dua destinasi dalam satu area, yaitu curug Cipetey dan Leuwi Anteng. Dua tempat ini berada dalam kawasan Gunung Halimun-Salak. Aksesnya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh satu kilo. Bahkan dalam area tersebut juga terdapat sebuah bumi perkemahan. Kedua curug ini memiliki kesamaan yaitu jatuhan air yang tak terlalu tinggi dan kolam di bawahnya.

Arusnya tenang
Arusnya tenang [image source]

Curug Lontar

Curug Lontar
Curug Lontar [image source]
Pada tempat jatuhnya air, terdapat sebuah kolam. Namun cukup dalam, sekitar 15 meter. Ketinggian curug ini sendiri sekitar 37 meter dengan debit air yang sangat deras. Aliran dari air terjun ini juga digunakan sebagai PLTA Kracak. Namun, akses untuk menuju ke sini memerlukan tenaga dan ketelatenan yang tinggi.

Kedalaman kolam sedalam 15 meter
Kedalaman kolam sedalam 15 meter [image source]
Untuk kamu yang suka dengan kegiatan adventure, empat air terjun di atas sangat cocok sekali sebagai destinasi plesir di akhir pekan.