15 Tempat Wisata Sukabumi yang Bikin Jatuh Hati, Traveling Yuk Kemari!

Setelah menjelajahi tempat wisata di dua daerah terkemuka di Jawa Barat yakni Bandung dan Bogor kini saatnya Travelingyuk mengajak kalian untuk mengunjungi sebuah daerah yang mempunyai luas wilayah terluas di Jawa Barat dan terluas kedua di Pulau Jawa setelah Banyuwangi di Jawa Timur.

Yap, tepat sekali kaki ini kita akan traveling ke kabupaten Sukabumi. Ini adalah kabupaten di sebelah selatan Bogor yang sekaligus menjadi salah satu kabupaten di ujung barat yang menjadi batas antara provinsi Jawa Barat dengan provinsi Banten. Sebagian besar wilayah Sukabumi didominasi oleh pegunungan yang memberikan udara sejuk di hampir seluruh wilayahnya. Langsung saya ikuti Travelingyuk mengunjungi tempat wisatanya yang katanya bisa bikin traveler jatuh hati.

1. Pantai Citepus, Pantai Terpopuler di Pelabuhan Ratu

Spot pantai paling terkenal di Sukabumi berada di Teluk Pelabuhan Ratu. Di dalam teluk ini masih terbagi lagi menjadi beberapa pantai salah satunya adalah Pantai Citepus. Pantai yang sangat populer ini memang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah lantaran akses menuju ke lokasi yang terbilang gampang.

Pantai Citepus, via instagram
Pantai Citepus, via instagram

Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Hamparan pasirnya yang putih memanjang hingga 5 kilometer menyediakan lahan yang sangat luas untuk bermain-main. Ombak di pantai ini sangat besar kurang cocok untuk berenang namun wisatawan tetap bisa bermain air dengan gulungan ombak di titik tertentu yang dianggap paling aman.

2. Pantai Ombak Tujuh, Pantai Kece Dengan Rute Ekstrim

Selain jajaran pantai di Pelabuhan Ratu ada satu pantai lain yang wajib traveler kunjungi yaitu Pantai Ombak Tujuh. Pantai ini masih tersembunyi dan butuh sedikit nekad kalau mau berkunjung ke sana. Sebab jalan yang akan dilalui penuh dengan rintangan plus kondisi medan jalan yang buruk.

Pantai Ombak Tujuh, via instagram
Pantai Ombak Tujuh, via instagram

Pantai Ombak Tujuh hanya untuk dikonsumsi para petualang saja. Perjalanan yang berat akan terbayar lunas oleh pemandangan pantai yang sangat indah. Pantai ini bisa traveler temukan di kawasan Jampang. Sulit memang menemukannya, lebih baik tanya warga sekitar atau sewa saja pemandu dari penduduk lokal.

3. Pantai Karang Hawu, Cantik Berbalut Mistik

Kabupaten Sukabumi memiliki garis pantai yang panjang. Salah satu yang bisa dikunjungi dan mempunyai pemandangan bagus adalah Pantai Karang Hawu. Pantai ini berjarak 75 kilometer dari pusat kota atau tepatnya berada di wilayah Pelabuhan Ratu.

Pantai Karang Hawu, via instagram
Pantai Karang Hawu, via instagram

Pemberian nama Karang Hawu didapat dari keberadaan karang di sekitar pantai yang mirip dengan bentuk hawu atau tungku. Di sekitar pantai ini terdapat bukit-bukit kecil yang dikeramatkan warga karena dipercaya sebagai petilasan Nyi Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan Jawa. Terlepas dari cerita mistis tersebut pemandangan di Pantai Karang Hawu memang sangat keren.

4. Ciletuh Geopark, Inilah Tempat wisata Terkomplit di Sukabumi

Kalau mau paket komplit wisata di Sukabumi pilihan paling bijak adalah berkunjung ke Ciletuh Geopark. Tempat ini bisa dijangkau dengan berkendara selama 2-3 jam dari pusat kota Sukabumi. Di tempat wisata ini traveler bisa bermain di air terjun, gunung, hingga pantai.

Beberapa destinasi yang bisa traveler kunjungi di Ciletuh Geopark antara lain Pantai Teluk Ciletuh, aneka curug seperti Curug Cimarunjing, Curug Sodong, dan Curug Awang. Untuk melihat keindahan alam Sukabumi dari puncak traveler bisa mendaki ke Puncak Darma. Curug-curug yang ada di Ciletuh Geopark ini akan Travelingyuk ulas satu per satu di bawah ini.

5. Mau yang Eksklusif? Datang ke Curug Cirajeg

Sebelumnya Travelingyuk akan kasih tahu terlebih dulu jika Sukabumi yang wilayahnya didominasi pegunungan ini menyimpan banyak sekali air terjun cantik. Siapkan fisik jika mau menyambangi keseluruhan air terjun di kota ini. Kita mulai dari yang pertama, yaitu Curug Cirajeg di dusun Cirajeg, desa Neglasari, kecamatan Purabaya.

Curug Cirajeg, via instagram
Curug Cirajeg, via instagram

Air terjun ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 1-2 jam dari pusat kota Sukabumi. Curug Cirajeg berada di sekitar persawahan warga sehingga pemandangan sekitar curug ini sangat indah. Hingga kini belum banyak yang mengetahui keberadaannya meski lambat laun pemandangan indah ini akan segera terungkap.

6. Situ Gunung, Menikmati Alam Ciptaan Tuhan yang Agung

Sukabumi yang berada tidak jauh dari Jakarta dan juga kota-kota padat di Jawa Berat seringkali dijadikan jujugan untuk menyepi di akhir pekan. Kebanyakan tempat wisata di kabupaten ini memang menawarkan keindahan alam yang begitu agung lewat pantai hingga air terjun.

Situ Gunung, via instagram
Situ Gunung, via instagram

Tapi ada satu tempat wisata yang tak kalah sempurna untuk berwisata yaitu Situ Gunung. Telaga di kaki Gunung Gede Pangrango ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu agung. Traveler bisa berkunjung ke Situ Gunung dengan datang ke desa Sukamanis, kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

7. Curug Gentong, Masih Alami dan Sepi

Curug Gentong atau air terjun yang memiliki nama lain Curug Tilu Waluran alias Curug Susun terletak di Kampung Cibalok, kecamatan Waluran, kabupaten Sukabumi. Di sini traveler akan dihibur oleh air terjun tingkat tiga yang cantik.

Curug Gentong, via instagram
Curug Gentong, via instagram

Tiap tingkat Curug Gentong mempunyai nama yang berbeda-beda lho. Mulai dari yang paling atas bernama Curug Gentong, Curug Kerut, dan Curug Goong. Meski lokasi curug ini berada di dekat jalan raya tapi belum banyak traveler yang berkunjung ke sana.

8. Curug Sentral Calon Tempat Wisata Terkenal di Sukabumi

Curug Sentral adalah sebutan bagi sekumpulan air terjun dalam satu aliran sungai yang terletak di kampung Jayanegara, desa Jayanegara, kecamatan Kabandungan atau dekat dengan Cevron Geotermal Salak Ltd. Dalam satu aliran sungai terdapat tujuh air terjun yang kemudian dinamakan sama yaitu Curug Sentral.

 Curug Sentral 2, via instagram
Curug Sentral 2, via instagram

Yang membedakannya adalah nomor urutan di belakang kata Sentral seperti Sentral 1, Sentral 2 dan seterusnya. Foto yang ada di atas adalah gambar dari Curug Sentral 2. Penamaan curug ini diambil dari sebutan Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda yang sering disebut dengan Sentral.

9. Curug Cigangsa, Paduan Alam dan Air Terjun yang Sempurna

Curug Cigangsa terletak di dusun Batusuhunan, desa Surade, kecamatan Surade yang berjarak 110 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Sukabumi. Pada masa penjajahan lokasi di sekitar curug ini sering digunakan untuk tempat bersembunyi para pejuang karena lokasinya yang tersembunyi dan dianggap aman.

Curug Cigangsa, via instagram
Curug Cigangsa, via instagram

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa Curug Cigangsa terbentuk akibat dari longsor besar yang disebabkan oleh gempa bumi. Saat ini debit air yang ada di Curug Cigangsa tidak terlalu besar karena di bagian hulu sungainya dibendung untuk keperluan irigasi. Tapi jika traveler memotretnya dengan mode low speed bakal menghasilkan gambar curug yang seperti kelambu.

10. Curug Awang, Surga Tersembunyi di Sukabumi

Curug Awang masih belum banyak terlacak radar traveler, al hasil suasana di sekitar air terjun ini masih asri dan sangat sepi berasa milik pribadi. Curug Awang terletak di wilayah desa Taman Jaya, Sukabumi. Airnya berasal dari aliran sungai Ciletuh yang juga mengaliri dua air terjun lainnya bernama Curug Puncak Manik dan Curug Tengah.

Curug Awang, via instagram
Curug Awang, via instagram

Curug Awang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan bentuk melebar sepanjang 60 meter. Di musim kemarau air terjun hanya mengalir di pojokan tebing dengan posisi yang memang lebih rendah. Tapi saat musim hujan, sepanjang tebing tersebut bisa dialiri air sehingga menampilkan penampakan layaknya air terjun Niagara.

11. Curug Cikaso, Keindahan Air Terjunnya Bakal Bikin Kamu Melongo

Curug Cikaso yang ada di kampung Ciniti, desa Cibitung, kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi ini kabarnya mempunyai nama asli Curug Luhur. Air curug sendiri dipasok dari aliran sungai Cikaso sehingga warga lebih familiar dengan nama Curug Cikaso.

Curug Cikaso, via instagram
Curug Cikaso, via instagram

Bukan hanya itu, Curug Cikaso yang terdiri dari tiga buah air terjun tersebut ternyata masih memiliki nama-nama sendiri, dari yang paling kiri mereka adalah Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 30-an meter dengan debit air yang deras plus kolam alami berwarna biru kehijauan yang menawan. Berkunjung ke Curug Cikaso bikin traveler langsung melongo.

12. Buniayu, Gua Eksotis yang Bikin Traveler Termangu

Keberadaan Gua Buniayu di Sukabumi sedikit memberi angin segar bagi traveler di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya ini adalah salah satu gua yang berada di dekat kota metropolitan dengan pemandangan yang sempurna. Gua ini terletak di desa Kerta Angsana, kecamatan Nyalindung, kabupaten Sukabumi.

Gua Buniayu, via instagram
Gua Buniayu, via instagram

Untuk menikmati keindahan Gua Buniayu, traveler harus mengenakan peralatan lengkap seperti ketika hendak memasuki Gua Jomblang di Jogja. Yap, Gua Buniayu dapat dinikmati dengan cara Vertical Caving maupun Horizontal Caving. Yang pasti semuanya memberikan keseruannya masing-masing.

13. Menjajal Arung Jeram Sungai Citarik yang Menantang

Traveler bisa menemukan jenis wisata ekstrim di Sukabumi berupa arung jeram. Spotnya berada di Sungai Citarik yang terletak di desa Citarik, kecamatan Palabuhanratu. Nikmati sensasi terombang-ambing di dalam perahu karet sembari menakhlukkan jeram sungai Citarik yang menantang.

Arung Jeram Sungai Citarik, via instagram
Arung Jeram Sungai Citarik, via instagram

Tapi bagi penggila olahraga ekstrim sungai Citarik kurang begitu menantang dan hanya digunakan untuk pemula saja. Mereka yang telah mahir lebih suka menjajal ganasnya jeram Sungai Citatih di desa Bojongkerta, kecamatan Warungkiara. Nah, kalian tinggal pilih sesuai dengan skill yang dimiliki.

14. Curug Cimarinjung, Buktikan Keindahannya Dengan Berkunjung Langsung, Kamu Bakal Tersanjung

Musim hujan seperti sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Curug Cimarinjung yang terletak di desa Ciwaru, kabupaten Sukabumi. Curug setinggi 45 meter ini akan menerjunkan debit air yang berlimpah yang mengubah pemandangan sekitar menjadi begitu mewah.

Curug Cimarinjung, via instagram
Curug Cimarinjung, via instagram

Curug Cimarinjung memang akan dialiri air yang berlimpah saat musim hujan. Tebing cadas dan bebatuan di sekitar curug ini mengingatkan kita akan dunia Jurrasic Park yang dihuni hewan dinosaurus. Buktikan sendiri langsung ke lokasi, tapi tetap hati-hati ya.

15. Curug Sodong, Satu Curug Banyak Julukan

Curug Sodong adalah satu dari sederetan nama curug keren yang dimiliki kabupaten Sukabumi. Lokasi keberadaan curug ini ada di dalam administrasi desa Ciwaru, kecamatan Ciemas. Dibanding curug yang lain, Curug Sodong mempunyai akses yang relatif lebih mudah dengan kondisi jalan aspal mulus dan hanya menyisakan rute jalan kaki selama 5 menit menuju ke lokasi.

Curug Sodong, via instagram
Curug Sodong, via instagram

Yang unik dari Curug Sodong adalah namanya yang mamiliki banyak alias atau nama lain. Beberapa diantaranya adalah Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten. Kolam di bawah air terjun ini sangat menggoda untuk digunakan mandi, tapi kalian harus tetap berhati-hati. Kontur tanah di dalam kolam tidak rata yang membuatnya cukup berbahaya jika tidak mahir betul berenang.

Ayo temukan tempat wisata lain di Sukabumi yang masih tersembunyi atau belum disebutkan Travelingyuk biar kotamu makin terkenal. Sukabumi memang selalu dekat di hati!

Tags
Pelabuhan Ratu Sukabumi Tempat Wisata di Sukabumi
Share