Coworking Space di Stasiun, Bisa Kerja Sembari Tunggu Keberangkatan

Sadar digital nomad semakin banyak jumlahnya, pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan jalan keluar ‘tempat kerja’ untuk para penumpangnya. PT Kereta Api menghadirkan coworking space di stasiun Indonesia. Tujuan pembuatan coworking space ini untk mengakomodasi minat masyarakat, terutama generasi milenial yang cenderung kreatif dan dinamis.

Stasiun Kereta Api Gambir

Coworking space Gambir, via Instagram/feninovida
Coworking space Gambir, via Instagram/feninovida

Stasiun yang pertama ada co-working space adalah Stasiun Gambir.Tempatnya ada di depan Indomaret Point yang berseberangan dengan Kementerian Perhubungan. Coworking space ini memiliki tampilan yang eye catching. Enaknya lagi, tempat ini bisa dinikmati secara gratis.

Fasilitasnya juga memadai, internet yang cukup cepat. Ada colokan di setiap meja, air minum gratis panas dan dingin, sampai dengan AC. Oh iya, waktu operasional tempat ini mulai dari pukul 07:00 sampai dengan 22:00 WIB.

Stasiun Kereta Api Bandung

Coworking space stasiun Bandung, via Facebook/Kereta Api Kita
Coworking space stasiun Bandung, via Facebook/Kereta Api Kita

Stasiun Kereta Api Bandung juga memiliki coworking space dengan fasilitas memadai. Nah, konsumen bisa menggunakan fasilitas ini selama dua jam bisa tambah dengan lapor petugas. Untuk fasilitasnya sendiri kurang lebih sama dengan di Stasiun Kereta Api Gambir. Untuk sementara ini juga masih digratiskan, belum tahu ke depannya akan tetap tak berbayar atau dipatok harganya.

Stasiun Kereta Api Gubeng

Stasiun Gubeng, via Instagram/irvianbay
Stasiun Gubeng, via Instagram/irvianbay

Coworking selanjutnya ada di Stasiun Kereta Api Gubeng, Surabaya. Tentu saja ini akan sangat membantu mereka yang sekarang ini kerja secara mobile. Lokasi coworking space ini berada di satu deretan dengan Loco Cafe dan mushola. Jam bukanya mulai dari 07:00 hingga 22:00 WIB. Fasilitasnya ada sofa yang empuk, internet, ruangan yang banyak murah, air mineral, sampai dengan rak terbuka untuk menaruh barang bawaang.

Stasiun Besar Cirebon

Coworking space Stasiun Cirebon, via Instagram/sepasanglangkah
Coworking space Stasiun Cirebon, via Instagram/sepasanglangkah

Sejak tanggal 6 April 2019, PT KAI juga meresmikan coworking space di Stasiun Kejaksan Cirebon. Fasilitasnya juga sama dengan yang sebelum-sebelumnya. Ada printer, TV, minuman gratis, AC, dan soun system. Lokasinya di halamam parkir, dengan dua pintu akses masuk. Pertama di areal parkir yang ke uda dari dalam Stasiun Cirebon. Luasnya mencapai 48 meter persegi dengan 18 tempat duduk.

Selain empat tersebut, ada 5 stasiun lainnya di Indonesia yang juga diberi coworking space. Yakni Juanda Jakarta, BNI City Jakarta, Semarang Tawang, Jogja, dan juga stasiun Jember. Buat kamu yang memiliki pekerjaan mobile, keberadaan coworking di stasiun ini sangat membantu ya.

Tags
coworking space di stasiun coworking space di stasiun Indonesia PT KAI
Share