Coto Marannu, Nikmatnya Bikin Perut dan Hati Bahagia!

Berkunjung ke wisata-wisata Makassar tentu belum lengkap jika tak mencicipi Coto. Sajian yang dalam bahasa setempat disebut Coto Mangkasara ini sangat lezat dan membuai lidah. Kaya kandungan gizi dan punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah Coto Marannu.

Tampak sederhana, namun sajikan coto nikmat (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Coto Makassar biasanya terdiri dari daging serta jeroan sapi maupun kerbau. Hmm, membayangkannya saja sudah ngiler ya? Nah, bagi Teman Traveler yang penasaran, salah satu kedai yang wajib kalian kunjungi di Kota Daeng adalah Coto Marannu.

Coto yang Bikin Bahagia

Meski tak terlalu luas, namun tetap nyaman (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Marannu dalam Bahasa Bugis berarti senang. Nama tersebut diberikan lantaran pemilik warung berharap semua pelanggannya bakal langsung merasa puas atau bahagia, usai menyantap coto buatannya.

Potongan daging dan jeroan sedang diracik (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Harapan tersebut kini tak sekedar jadi angan-angan kosong. Pasalnya Coto Marannu memang sungguh nikmat. Rasanya bahkan bisa bikin lidah ketagihan. Wajib dicoba jika Teman Traveler sedang jalan-jalan di Makassar.

Kualitas Pejabat Harga Merakyat

Semangkuk nikmat Coto Makassar (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Coto Marannu kerap disebut-sebut sebagai salah satu kedai soto terenak di Makassar. Meski tempatnya sederhana, orang tak bosan-bosan berkunjung lantaran racikan masakannya sungguh nikmat. Apalagi seporsi coto di sini disajikan dengan bawang goreng dan daun bawang terpisah, pembeli bisa menambahkan sendiri sesuai selera.

Nikmat disantap dengan ketupat dan telur rebus (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Cita rasa Coto Marannu akan makin sedap ketika dilahap bersama ketupat maupun telur rebus. Jika biasanya warung coto hanya menyediakan telur ayam rebus, di sini Teman Traveler bisa menjajal nikmatnya telur itik. Coba saja, dijamin kalian akan merasakan sensasi berbeda yang sanggup menggoyang lidah.

Rasa coto di sini benar-benar bikin ketagihan (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Soal harga, Coto Marannu sangat ramah kantong. Seporsinya bisa Teman Traveler tebus dengan bermodal Rp15.000 saja. Yah, bisa dibilang ‘kualitas pejabat, harga merakyat’ lah.

Siap-Siap Antre Yak

Habis, ludes tak bersisa (c) Muh. Aidil Akbar/Travelingyuk

Kedai Coto Marannu bisa Teman Traveler temukan di Jalan Pajjaiyyang, depan GOR Sudiang. Terselip di antara deretan penjual pulsa dan pedagang buah. Mereka biasanya buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00.

Bagi Teman Traveler yang penasaran, sebaiknya datang antara pukul 09.00 hingga 10.00. Di atas jam tersebut, antrean di kedai ini akan mulai mengular. Pembeli akan semakin ramai, sehingga kalian harus lebih bersabar untuk dilayani dan mendapat tempat duduk. Bahkan tak jarang Coto Marannu tutup lebih awal karena sudah ludes diserbu pembeli.

Itulah sekilas ulasan mengenai Coto Marannu, hidangan lezat yang bisa bikin perut dan hati bahagia. Teman Traveler yang sedang berada di Makassar, jangan sampai lewatkan kesempatan mencicipi sajian satu ini ya.

Tags
Indonesia kontributor Kuliner Makassar Makassar Travelingyuk
Share