Keindahan Coban Tengah di Pujon, Wisata Kabupaten Malang yang Menawan

Nurull Huda

Nurull Huda

On Indonesia

Malang merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Selain pantai, terdapat juga beberapa air terjun yang cocok dijadikan destinasi liburan ketika Teman Traveler berkunjung ke Kota Bunga ini. Salah satunya adalah Coban Tengah atau Dudo yang tersembunyi. Bahkan aksesnya cukup susah. Penasaran? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Nurull Huda.

Lokasi Air Terjun atau Coban Tengah

Akses Menuju Air Terjun yang menantang (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Akses Menuju Air Terjun yang menantang (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dinamakan Coban Tengah karena lokasinya berada di antara Coban Rondo dan Coban Manten. Jadi kalau Teman Traveler, berkunjung ke sini dapat berpetualang ke tiga air terjun sekaligus. Apalagi mengingat letaknya saling berdekatan, hanya berkisar 4-5km.

Akses Jalan yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Area Bersantai sebelum sampai tujuan (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Area Bersantai sebelum sampai tujuan (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Untuk bisa sampai di tempat wisata Malang satu ini, sangatlah mudah. Teman Traveler dapat melewati Kota Surabaya menuju Malang dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Kemudian dari Malang menuju arah Kota Batu lalu mengambil arah ke Pujon dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Waktu tersebut belum termasuk lama perjalanan sampai di lokasi.

 

Area untuk menikmati keindahan coban (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Area untuk menikmati keindahan coban (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Jika sudah memasuki daerah Pujon, pilih arah yang menuju Coban Rondo. Setelah masuk area wisata tersebut, ada pertigaan dan ambil belok kiri. Ada gerbang kayu setelahnya yang merupakan jalan menuju Coban Tengah.

Treking Menuju Coban Tengah

Jatuhan air dengan debit deras (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Jatuhan air dengan debit deras (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Sampai di pintu masuk Teman Traveler membayar tiket sebesar Rp5.000. Setelah itu berjalan kaki sejauh 500 m yang dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Kondisi jalan masih berupa tanah licin di saat musim hujan dan berdebu serta kering saat kemarau. Tak hanya itu, ada juga jalur yang harus melewati semak-semak hingga menyusuri sungai kecil. Pun cukup melelahkan, tapi perjalanan tidak akan membosankan karena pemandangan hijau serta udara segar.

Keindahan Coban Tengah yang Menawan

Keindahan air terjun yang memanjakan mata
Keindahan air terjun yang memanjakan mata (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Coban tengah memiliki tinggi sekitar 25 m dengan debit 2000 hingga 5000 liter per detik. Arusnya yang relatif kecil, memungkinkan Teman Traveler untuk menikmati keindahan air terjun ini dari dekat. Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun akan terbayar ketika sampai dan melihat langsung keindahan air terjun. Belum lagi suara satwa hutan yang khas membuat semakin menyatu dengan alam. Seperti tulisan kata bijak yang ada di pintu masuk: No signal No Worry, Feel the Nature in Harmony. 

Tempat berteduh di sekitar coban
Tempat berteduh di sekitar coban (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Tips Berkunjung ke Coban Tengah

Keindahan Coban Dudo
Keindahan Coban Dudo (c)Nurull Huda/Travelingyuk

Coban Tengah atau Dudo buka setiap hari mulai jam 07.00-16.00. Namun ada beberapa tips yang wajib Teman Traveler ketahui sebelum bermain di air terjun ini :

  • Sesuaikan alas kaki dengan kondisi jalan

Sebaiknya Teman Traveler memakai alas kaki yang tidak licin seperti sandal gunung atau sepatu waterproof agar tidak basah. Dan juga berhati-hatilah dalam melangkah, mengingat tekstur jalanan yang lumayan sulit.

  • Membawa pakaian ganti

Kelebihan membawa pakaian ganti yaitu Teman Traveler bisa leluasa bermain air tanpa takut merasa kedinginan.

  • Bersikap sopan

Sebagai Traveler yang baik harus menjaga kesopanan bila mau mengunjungi tempat wisata. Tidak hanya cara berbicara tapi juga tata cara berpakaian.

  • Kondisi tubuh yang fit

Seperti yang sudah saya jelaskan, dibutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai air terjun ini. Maka dari itu Teman Traveler kondisi kesehatan harus benar-benar siap untuk melewati perjalanan tersebut.

Nah, itulah ulasan tentang Coban Tengah atau Dudo. Tempatnya asri dan masih jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan. Bagaimana, siap untuk jelajah tempat wisata di kawasan Pujon, Kabupaten Malang satu ini?