Coban Putri Batu, Pesona Kecantikannya Langsung Bikin Terpana

Berlabel kota wisata, Batu memiliki berbagai alternatif objek wisata cantik. Air terjun adalah salah satunya. Dari sekian banyak air terjun di Kota Apel, ada satu yang punya ciri khas tersendiri. Mengusung nama Coban Putri, yuk Teman Traveler, kita simak bersama seperti apa istimewanya destinasi alam ini.

Berada di Kawasan Oro-oro Ombo

Gerbang masuk Coban Putri (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Coban Putri berada di Oro-Oro Ombo, Batu. Kawasannya berdekatan dengan jalur menuju aneka tempat wisata menarik seperti Predator Fun Park, BNS, serta Coban Rais. Teman Traveler bisa dengan mudah menemukan lokasi tepat air terjun melalui Google Map maupun penunjuk arah di sepanjang jalan.

Gerbang masuk Coban Putri sendiri berada tepat di tikungan jalur lingkar barat Batu. Teman Traveler akan mendapati sebuah jalur paving lumayan luas, cukup untuk dilalui mobil.

Parkir Aman dan Luas

Parkir aman dan luas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk kawasan Coban Putri, Teman Traveler hanya perlu bayar Rp10.000 per orang. Sementara itu tarif parkirnya, Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil. Lumayan murah jika mengingat status Batu sebagai kota wisata, yang umumnya mematok tiket mahal untuk masuk sebuah destinasi.

Parkir roda dua di Coban Putri berada tak jauh dari air terjun. Bagi yang menumpang mobil, harus rela meninggalkan kendaraan dekat loket karena jalur selanjutnya berupa tanjakan dan turunan terjal. Beres parkir, Teman Traveler bisa pilih ingin lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menyewa ojek.

Area Camping dan Outbond

Area Camping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak lama setelah melewati parkiran motor, Teman Traveler akan mulai masuk area coban. Beberapa menit berselang, kalian bakal melihat tanah lapang luas yang biasa digunakan untuk kemping.

Pengelola coban juga kerap menyewakan lahan ini bagi mereka yang ingin menggelar outbond. Tak heran jika di sini Teman Traveler bisa menemukan flying fox dan permainan ketangkasan lain yang lumayan menguji adrenalin.

Kolam Pemandian Alami

Kolam pemandian alami (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Dari kejauhan Teman Traveler bakal melihat air terjun bertingkat dengan arus yang sengaja dibendung. Selain indah, bendungan kecil tersebut ternyata kerap dimanfaatkan pengunjung untuk berenang maupun mandi.

Jangan salah Teman Traveler, air di sini sangat jernih dan menyegarkan lho. Kalian juga tak perlu khawatir akan tenggelam karena kolam ini cukup dangkal. Bisa puas deh main air seharian.

Dinding Tebing

Dinding tebing (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selama berada di Coban Putri, pandangan Teman Traveler takkan lepas dari tebing batu yang memanjang di salah satu sisinya. Menjulang tinggi dan nampak indah, pahatan alam ini punya bentuk mirip dinding semen.

Setelah dikulik, tebing batu ini ternyata kerap dimanfaatkan untuk lakukan olahraga ekstrem rapling Teman Traveler. Kalian juga akan melihat beberapa hammock terpasang melayang di depannya. Cocok banget buat Teman Traveler yang ingin uji keberanian. Teman Traveler wajib berhati-hati ya.

Keindahannya Luar Biasa

Berfoto di pinggir air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Hal menarik selanjutnya di Coban Putri adalah aliran airnya yang memang sangat cantik. Memesona bagaikan seorang putri. Meski tidak terlalu tinggi, pemandangan di sekitar sini amat indah. Mata seolah tak bosan melihatnya.

Air terjun yang tidak terlalu tinggi juga punya keuntungan tersendiri. Teman Traveler bisa bermain air dengan aman di sekitar sini. Selain permukaannya dangkal, arusnya juga relatif tenang.

Spot Foto di Depan Air Terjun

Asyiknya main ke coban bareng keluarga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Coban Putri menawarkan beberapa spot foto apik yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk abadikan momen. Salah satu yang jadi favorit adalah pembatas kolam air tingkat dua. Kalian bisa berdiri di jalan setapak yang ada di sini dan berpose dengan latar belakang pemandangan air terjun.

Jembatan bambu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Mendekat ke arah air terjun, di depan kolam air tingkat pertama terdapat sebuah jembatan bambu indah. Teman Traveler bisa berpose duduk atau berjalan di sini. Tak perlu takut jatuh karena penopang jembatan ini sangat kuat.

Tak hanya jadi spot foto, jembatan bambu ini juga akan mengarahkan Teman Traveler ke area bawah air terjun. Kalian pun bisa mencapai area kemping dan outbond dengan melintasi jalur ini.

Rumah pohon (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Persis di depan air terjun, Teman Traveler bakal temukan sebuah spot foto lain berbentuk mirip rumah pohon. Kalian bisa naik ke sini dan berpose dengan latar belakang air terjun maupun terbing batu.

Lokasi ini juga sekaligus menjadi titik mula wahana flying fox. Di sekitarnya terdapat beberapa bangku mungil yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk duduk santai sembari nikmati pemandangan.

Area Bermain Anak

Ayunan di dekat air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lantaran medannya tidak terlalu ekstrem, Teman Traveler tak perlu khawatir jika ingin mengajak anak kecil ke sini. Pengunjung bisa dengan tenang mengawasi buah hati bermain air karena kolamnya dangkal. Selain itu, mereka juga bisa mencoba wahana ayunan yang ada tepat di depan air terjun.

Mulai lapar? Jangan khawatir Teman Traveler. Area permainan ini berada dekat kawasan kantin yang dikelola langsung oleh penanggung jawab destinasi wisata.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Coban Putri. Jika Teman Traveler sedang keliling wisata Batu dan mencari tempat untuk nikmati pesona alam bersama keluarga, bisa mempertimbangkan mampir ke sini. Bagaimana, kapan nih mau melihat langsung dengan mata sendiri?

Tags
Batu coban putri Indonesia kontributor Travelingyuk wisata batu
Share