Air Terjun Batu Janggot, Permata Cantik nan Tersembunyi di Lombok Tengah

Lombok Tengah menjadi tempat liburan paling sempurna untuk Teman Traveler yang suka wisata air. Ada Pantai Kuta Mandalika yang cantik dan menantang lautan Samudra Hindia. Tak hanya itu, ada juga air terjun eksotis yang siap manjakan mata. Namanya Air Terjun Batu Janggot yang terletak di Desa Aiq Berik, Batukliang Utara. Penasaran seperti apa keindahan wisata tersembunyi ini? Yuk, simak ulasannya dari Kontributor Travelingyuk, Lukmanul Hakim berikut.

Rute Menuju Air Terjun

Salah satu sudut air terjun (c)Lukmanul Hakim/Travelingyuk
Salah satu sudut air terjun via Instagram.com/pardin_anwar

Air Terjun Batu Janggot, salah satu tempat yang bisa menjadi referensi bagi Teman Traveler yang suka wisata air. Letaknya di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara yang berjarak sekitar 45 km dari kota Mataram. Teman Traveler bisa menempuhnya selama 45 menit dengan menggunakan mobil atau motor.

Akses jalan menuju air terjun (c)Lukmanul Hakim/Travelingyuk
Akses jalan menuju air terjun via Instagram.com/dewiy594

Untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit, karena jalan utamanya berada satu jalur ke arah Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Setukel yang lebih dulu dikenal. Namun, sekitar 1,5 km sebelum memasuki kawasan air terjun, kondisi jalannya masih tanah bebatuan. Jalan menuju ke lokasi air terjun sudah bisa dilalui oleh motor dan mobil. Hanya saja syaratnya harus dalam kondisi prima. Pengendara pun juga harus dalam keadaan fisik yang prima.

2. Unik dengan Aliran Air dari Tanah

Air terjun dari kejauhan (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk
Air terjun dari kejauhan via Instagram.com/anas_fw

Dari tempat parkir kendaraan menuju air terjun terbilang cukup dekat. Teman Traveler harus menurun tangga dengan pepohonan di kanan kiri jalan. Pemandangan jatuhan air dari atas tebing baru terlihat ketika menuruni beberapa anak tangga. Selain air yang jernih, keunikan tempat wisata di Lombok Tengah ini berasal dari sumber mata airnya. Yap, aliran air sebelum jatuh ini ternyata berasal dari dalam tanah.

Spot Instagenic untuk OOTD

Spot Instagenic di Air Terjun Batu Janggot (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk
Spot Instagenic di Air Terjun Batu Janggot via Instagram.com/vvnivia

Untuk menuju air terjun ini, para wisatawan harus menuruni cerukan sungai yang cukup dalam. Tapi tenang saja, untuk menuruninya pengelola tempat ini sudah membuatkan tangga kayu yang cukup kokoh untuk dilewati. Selain untuk jalan menuju ke air terjun, tangga ini juga banyak digunakan sebagai spot foto bagi para pengunjung.

Air Terjun Batu Janggot
Air Terjun Batu Janggot (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Setelah menuruni anak tangga, aliran air terjun yang sangat jernih dan dingin membentuk aliran sungai yang deras namun dangkal menyambut para wisatawan.

Tebing Eksotis yang Menjulang Tinggi

Tebing eksotis dan menawan(c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk/
Anak tangga yang instagenic via Instagram.com/ambat93

Tempat wisata di Lombok Tengah ini benar-benar istimewa. Tak hanya unik karena sumber airnya, tapi juga tebing tinggi yang berada di tepi sungai. Kokoh dan kuat, tebing tersebut makin eksotis dengan lumut yang menempel. Dari bawah, pemandangan tidak kalah bagusnya. Tebing yang saling berimpitan tersebut seakan menjadi penghalang aliran air.

Aliran air yang dari jauh (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk
Aliran air yang dari jauh via Instagram.com/amarels8

Nah, untuk Teman Traveler yang suka dengan air, cobalah untuk berendam di sisi kolamnya. Tempatnya aman karena jauh dari jatuhan air. Beberapa wisatawan biasanya mencoba sensasi dengan melompat dari atas ke arah kolam. Pun demikian, tetap harus hati-hati saat berenang di sini. Apalagi saat musim hujan datang.

Fasilitas di Batu Janggot

Selain menikmati jernihnya air terjun, Teman Traveler juga bisa mencoba beberapa wahana permainan di sini. Ada flying fox yang aman dan pastinya menawarkan sensasi menakjubkan. Air Terjun Batu Janggot juga memiliki lahan parkir cukup luas. Dari tempat parkir ini, wisatawan hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit untuk menuju air terjun.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Batu Janggot, tak perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Cukup hanya membayar uang parkir sebesar Rp5.000 sudah bisa puas bermain air. Bagaimana, kapan nih liburan di Lombok Tengah.

Tags
Indonesia Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Lombok Tengah
Share