Coban Glotak, Air Terjun Alami di Lereng Kawi

Buat Teman Traveler yang senang berwisata alam, ada sebuah air terjun atau coban di Malang untuk dikunjungi. Namanya Coban Glotak. Menjulang setinggi kurang lebih 100 meter, destinasi ini bisa kalian temukan di lereng Gunung Kawi, tepatnya di desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. 

Mudah Dijangkau dari Malang

Memotret Coban Glotak dari kejauhan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Berada di lereng Gunung Kawi menjadikan atmosfer di sekitar kawasan Coban Glotak masih terasa sangat alami. Tempat yang sudah dibuka sebagai tempat wisata ini bisa dicapai dari pusat kota Malang dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Teman Traveler bakal wajib menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer. Jika berangkat dari Malang, kalian tinggal arahkan kendaraan menuju selatan dan lanjut sedikit ke barat menuju Kecamatan Wagir. Berikutnya kalian harus bergerak ke Desa Bedalisdo. Di gerbang masuk desa, akan ada pemandagan alam hijau dan lahan pertanian yang siap menyambut.

Jalur Menantang Menuju Coban

Coban Glotak dari kejauhan (c) Bayu Eka BNo

Setelah sampai di tempat parkir, Teman Traveler bisa duduk menikmati alam sekitar atau melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju coban. Jika memilih opsi kedua, kalian bakal melewati sejumlah track menantang. Akan ada banyak pepohonan yang bikin suasana makin sejuk. Namun tetap hati-hati karena sewaktu-waktu bisa saja pohon-pohon itu tumbang. 

Jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman. Ketika rasa lelah melanda di tengah trekking, Teman Traveler bisa istirahat sejenak sembari mengisi perut. Usai berjalan kurang lebih tiga puluh menit, kalian akan sampai di Coban Glotak.

Suasana di sini benar-benar masih sangat alami. Kebersihannya amat terjaga. Oleh karena itu, Teman Traveler sebaiknya juga ikut membantu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Main-main di Sekitar Coban

Spot foto di sekitar coban (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Kawasan Coban Glotak dikelola oleh Perhutani. Menjelajahi kawasan ini, Teman Traveler wajib membayar tiket Rp5.000. Cukup murah bukan? Hanya dengan dana minim kalian sudah bisa melihat-lihat dan menikmati atmosfer segar di sekitar sini sepuasnya.

Nama Glotak sendiri diberikan bukan tanpa alasan. Beberapa cerita yang beredar di masyarakat sekitar mengatakan bahwa sebutan tersebut diilhami dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama aliran air terjun. Namun benar tidaknya masih belum bisa dipastikan.

Selain coban, tempat ini juga menyediakan spot-spot foto menarik dari kayu. Teman Traveler pun bisa menghasilkan foto keren dengan berpose di antara rimbunnya pepohonan. Bagaimana, tertarik menyambangi Coban Glotak kala sedang keliling wisata Malang?

Tags
coban glotak kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share