Ci Cong Fan, Kuliner Medan yang Bikin Kangen Pulang

Wajib hukumnya untuk mencicipi jajanan tradisional yang menjadi ciri khas dari setiap kota yang dikunjungi. Medan merupakan gudangnya makanan kaki lima yang rasanya bikin kangen dan selalu ingin kembali lagi. Salah satu kuliner di medan yang terkenal adalah Ci Cong Fan. Sudah coba?

Apa Sih Ci Cong Fan?

Ci Cong Fan, kuliner Medan
Ci Cong Fan, kuliner Medan [image source]

Ci Cong Fan adalah salah satu makanan khas Medan, yang berbentuk lembaran, mirip kwetiaw. Kudapan ini dibuat dari tepung beras dan tang mien. Biasanya disajikan dalam potongan dan disiram kecap asin atau saus asam manis pedas. Tak lupa taburan bawang goreng yang berlimpah menjadi penyempurna rasa. Hmm, nikmat!

Lembaran Ci Cong Fan
Lembaran Ci Cong Fan [image source]

Macam Ci Cong Fan

Ci Cong Fan isi daging babi
Ci Cong Fan isi daging babi [image source]

Kuliner asli Medan yang satu ini juga punya banyak rasa. Ada yang plain, alias polosan tanpa rasa. Kemudian ci cong fan yang disertai isian, berupa daging sapi atau babi. Namun, sekarang banyak beredar versi vegetarian, dengan isi sayuran. Untuk lebih jelasnya, jangan ragu untuk bertanya pada penjualnya, ya.

Ci Cong Fan isi sayur
Ci Cong Fan isi sayur [image source]

Rasanya Enak dan Ngangenin

Uyen, Campuran untuk Ci Cong Fan
Uyen, Campuran untuk Ci Cong Fan [image source]

Ci Cong Fan bisa saja dinikmati sendiri dengan siraman kuah yang sudah kaya rasa. Namun, kuliner yang satu ini biasanya ditemani gorengan. Di antaranya uyen, talas yang diserut, dibentuk bola-bola, lalu digoreng. Selain itu juga ada chai thau kwe, gorengan lobak yang dipotong kotak-kotak. Bisa juga ditambah dengan siomay dan lumpia. Bayangkan semua cemilan nikmat itu bersatu di satu piring dengan tambahan rasa manis dan asam dari kuahnya. Sedap!

Chai Thau Kwe, campuran Ci Cong Fan
Chai Thau Kwe, campuran Ci Cong Fan [image source]

Lokasi Hunting Ci Cong Fan Paling Enak

Nikmatnya Ci Cong Fan
Nikmatnya Ci Cong Fan [image source]

Lokasi untuk mendapatkan panganan paling enak se-Medan Raya ini ada di gerai pinggir jalan daerah selat panjang, yaitu Kedai Apui. Rasa enaknya sudah melegenda sehingga makanan ini juga bisa ditemukan di kota lain, seperti Jakarta. Di Ibu Kota, kamu yang ngidam rasa lembutnya saat melewati lidah, bisa mengunjungi Rumah Makan A-hon Ci Cong Fan, yang berada di Jl. Taman Permata Indah 2 Blok A No. 30, Penjaringan, jakarta.

Ci Cong Fan, makanan tradisional Medan
Ci Cong Fan, makanan tradisional Medan [image source]

Wah, jadi tahu nih kuliner Medan yang nggak boleh terlewatkan saat berkunjung ke ibu kota Sumatera Utara. Bagaimana, yang sudah coba hidangan ini, yuk bagikan  pengalaman tentang rasa dan tempatnya, ya?

Tags
ci cong fan kuliner medan
Share