Kuliner Halal dan Nikmat di Medan, Horas Bang!

Travelingyuk kali ini kembali akan memberikan informasi menarik sekaligus akan menggugah seleramu. Tentu saja jika kita menyinggung soal selera, pasti nggak jauh-jauh dari makanan. Siapkan dompetmu ya, siapa tahu setelah membaca ulasan tentang makanan halal di Medan berikut ini, kamu langsung berniat pergi beli. Daftar di bawah ini sengaja khusus menu halal, agar kamu nggak repot lagi mencari tahu soal bahan pembuatannya, tapi jika masih penasaran, bisa langsung ditanyakan ke pengelola tempat makanya. Ya, mungkin saja kamu memiliki pantangan terhadap makanan tertentu.

Untuk rasanya, nggak usah diragukan lagi, sebagian masyarakat Medan telah membuktikan sendiri kemantapannya, sampai-sampai lidah saja serasa bergoyang di santapan pertama. Lalu ada menu apa saja, serta di mana kamu bisa menemukannya? Tidak berbasa-basi lagi, simak ulasan berikut ini!

1. Lontong Bang Iwan

Lontong Bang Iwan [image source]

Setiap pagi Warung Bang Iwan sudah ramai didatangi para pengunjung yang ingin sarapan dan mengisi tenaga di pagi hari. Menunya adalah lontong yang disiram dengan kuah kacang. Karena dimasak dengan bumbu pilihan, maka rasanya pun istimewa. Di atasnya ada timbunan keripik kentang yang pedas, enak sekali! Letak Warung ini bisa kamu temukan di Jalan T. Cik Di Tiro, dekat dengan SMA Negeri 1 Medan. Dan ternyata, warung Bang Iwan ini sudah tersohor sejak puluhan tahun yang lalu setiap pagi pukul 06.30 sudah buka untuk melayani para pemburu sarapan hingga tutup pada pukul 14.00. Satu porsinya murah sekali, yaitu sekitar Rp. 12.000 saja.

2. Pide.anne Turkish-Pizza

Pide,Anne [image source]

Turki itu memiliki nuansa khas yang nggak akan bisa kamu temukan di manapun, cocok didatangi saat kamu ingin undur diri sementara waktu dari kepenatan, naik balon udara atau jalan-jalan di kota-kotanya. Jika kamu masih belum punya kesempatan, kenapa nggak mencicipi kulinernya dulu. Tentu nggak perlu jauh-jauh ke Turki, karena di Medan juga ada yang enak dan rasanya tidak beda jauh dari menu di tempat asalnya. Datanglah ke Kedai Pide.anne di Jl. Monginsidi No.12, Anggrung, Medan Polonia, Kota Medan. Kamu bisa memilih pizza yang rasanya gurih serta ada pedas-pedasnya. Misalnya Tavuk yang menggunakan daging ayam. Satu porsinya cukup dengan Rp. 25 ribu saja, murah dan enak.

3. The Manhattan Fish Market

Manhattan Fish [image source]

Meski jauh dari Pantai, kamu tetap bisa menikmati seafood yang dimasak dengan cara halal di Medan. Gurihnya ikan The Manhattan Fish Market jadi andalan kuliner di kawasan Ruko Mall Center Point. Ada olahan ikan dori, kerang, cumi, hingga udang yang dibakar dengan obor tangan. Jangan datang sendirian ke kedai di Jalan Timor, Kompleks Ruko Centre Point Blok FI, Gg. Buntu, Kota Medan ini, karena porsinya hadir dalam ukuran besar. Idealnya untuk dua atau tiga orang.

4. Mie Ayam Mas Gogon

Mia Ayam Mas Gogon [image source]

Tepat di Jalan Karya Wisata, Johor, Medan terdapat kedai mie ayam yang rasa hidangannya sudah jadi buah bibir karena rasa dan porsinya. Telusuri sepanjang jalan itu hingga menemukan Warung Mas Gogon, tempatnya bersih dan memberikan pelayanan ramah pada semua pelanggan tanpa terkecuali. Dalam satu mangkuk mie ayam yang dihargai Rp. 9 ribu itu terdapat suwiran ayam dan telur rebus. Jangan datang terlalu pagi, karena Warung Mas Gogon mulai buka pukul 10.00 WIB.

5. Ombus-Ombus

Ombus-ombus [image source]

Ombus-ombus adalah menu khas Sumatera Utara berupa camilan yang untuk menemani waktu santaimu di sore hari. Saat ini penjual Ombus-ombus sudah semakin sedikit, salah satu yang masih bisa kamu temui ada di Jalan Karya Jaya, 20 meter sebelum persimpangan Jalan Eka Rasmi di sisi kiri. Ombus-ombus di sini menggunakan gula asli tanpa pemanis buatan, jadi selain halal juga menyehatkan. Satu bungkus kuliner berupa kue beras itu cukup kamu beli dengan uang sebesar Rp. 1.000. Sebagai sandingannya, ada kopi arabika karo yang oke punya.

6. Kwetiau Akuang

Kwetiau Akuang [image source]

Meski menyajikan Chinese Food berupa Kwetiau, namun Warung Akuang di Jalan Pagaruyung, seberang Sun Plaza menjual masakan halal yang pas untuk semua kalangan. Kamu bisa menemukan warung legendaris yang sudah ada sejak tahun 19560 ini lewat jalan Zainul Arifin. Satu porsi Kwetiau disajikan dengan alas daun pisang, rasa lokal dan luar menjadi sebuah paduan. Kwetiau Akuang bisa kamu datangi untuk wisata kuliner malam karena buka dari pukul 17.30 hingga tengah malam.

7. Mie Sop Colibri

Mie Sop Colibri [image source]

Mie sop ini mungkin jarang ditemukan di Sumatera Utara, namun populer di Medan. Jangan sampai kamu nggak mencicipinya sewaktu datang ke Medan. Rasa dari mie yang disiram dengan kuah kaldu membuat rasanya jadi khas dan susah dilupakan, yang ada jadi nagih untuk mencoba lagi dan lagi. Uniknya, kamu bisa memilih sendiri jenis mie dalam satu mangkuk. Ada mie tiaw, bihun atau mie kuning. Warung Mie Sop Colibri eksis di Jl. Gerilya No. 4, J A T I, Medan Maimun, Kota Medan.

8. Ifumie Warkop Ramah Tamah

Ifumie [image source]

Para pengunjung yang datang ke warung kopi ini umumnya memburu menu andalan berupa Ifumie Becek Bangladesh. Yaitu mie dengan kuah yang dimasak menggunakan bumbu rempah, dicampur telur orak-arik, kol, kacang tanah, kerupuk, acar, serta irisan jeruk nipis. Jangan lupa mampir ke sini jika lewat di Jalan Multatuli, Medan dan siapkan uang sekitar Rp. 10 ribu untuk seporsi ifumie.

9. Cafe Rumah Pohon

Cfae Rumah Pohon [image source]

Cafe Rumah Pohon memiliki menu spesial berupa Mie Aceh dengan cara penyajian unik dan jarang ada di tempat lain. Jika umumnya makanan keluar dengan wadah seperti piring dan mangkuk, tidak begitu dengan kafe di Jalan Sei Belutu ini. Kamu akan berhadapan dengan seporsi mie dalam wadah kuali atau wajan alamunium kecil. Begitu juga dengan kerupuk dan bumbu tambahan di wadah sendiri. Harga satu porsinya mencapai Rp. 25 ribu dan citarasa yang ditawarkan sebanding kok dengan uang yang kamu keluarkan.

10. Kedai Awak

Kedai Awak [image source]

Kedai Awak yang menempati bangunan di Jalan Setia Budi No. 58 ada menu unik bernama Mie Terbang. Jika dilihat, memang menunjukkan mienya melayang. Tentu itu bukan sulap apalagi sihir, ada teknik penyajian khusus hingga penampilannya bisa jadi seperti itu. Jika penasaran langsung saja datang ke Kedai Awak dan membeli mie hijau yang dibuat sendiri menggunakan pewarna alami berupa sawi. Ada rasa pedas ditambah dengan telur orak-arik, sosis, tomat dan timun. Kalau mau, bisa tambah telur mata sapi juga.

Itulah beberapa pilihan makanan halal di Medan, cara makan yang sehat sekaligus mantap di lidah.

Tags
halal kuliner halal kuliner medan Medan
Share