Empat Sungai di Garut yang Memiliki Pemandangan Spektakuler

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Dalam bahasa Sunda, leuwi memiliki arti cekungan di dasar sungai. Namun leuwi sendiri juga menjadi sebutan masyarakat untuk sungai, seperti di Garut. Selain Gunung Papandayan dan Situ Bagendit, kabupaten ini juga memiliki destinasi wisata yang berbentuk sungai. Namun tak hanya sekedar sungai. Uniknya destinasi ini memiliki pemandangan yang mampu membuat melongo.

Leuwi Korsi

Air biru di Leuwi Korsi [image source]
Leuwi Kursi menyuguhkan pemandangan air sungai yang biru serta pola bebatuan yang menarik. Dalam istilah geologi batuan ini disebut dengan istilah Columnar Joint. Di mana batuan tersebut memiliki bentuk heksagonal dan terbagi dalam kolom-kolom.

Diapit batuan hexagonal di bagian kanan dan kirinya [image source]

Leuwi Jurig

Air Leuwi Jurig yang jernih saat kemarau [image source]
Leuwi Jurig adalah sungai kecil yang mengalir di antara dua tebing tinggi. Pada saat tertentu, terutama musim kemarau, arus air yang ada di tempat ini cukup tenang. Kamu dapat berenang dengan bebas. Dengan air yang cukup jernih, dasar sungai dapat terlihat beserta refleksi tebing di sampingnya.

Arus yang cukup tenang saat musim kemarau [image source]

Leuwi Tonjong

Tebing besar yang mengapit Leuwi Tonjong [image source]
Leuwi Tonjong merupakan sebuah aliran sungai yang memiliki sebuah kolam dan diapit dua buah bukit seperti piramid yang besar. Di sini kamu juga dapat menemukan air terjun kecil dan kolam air alami dengan kedalaman yang relatif dangkal. Destinasi ini berada Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Air Leuwi Tonjong yang masih jernih [image source]

Leuwi Jubleg

Tak hanya berenang, namun juga dapat memasang hammock [image source]

Leuwi yang satu ini tak kalah indah, juga terdapat curug kecil yang mengalir dengan air yang jernih. Karena itu sangat disarankan untuk membawa pakaian cadangan, sayang sekali datang kemari jika tak berenang. Di sekitarnya dikelilingi oleh bebatuan sehingga bentuknya menyerupai kolam renang alami. Lokasinya berada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Penngunjung yang berfoto [image source]
Berwisata ke tempat di atas tentu dapat menghilangkan penat setelah lima hari terjebak dalam aktivitas sehari-hari. Pernah mengunjungi salah satu tempat di atas?