Ceker Mercon Solo, Sensasi Pedasnya Bikin Melayang

Advertisement

Teman Traveler termasuk pecinta makanan pedas? Jika ya, kalian wajib coba nikmatnya Ceker Mercon Solo. Sajian satu ini bisa ditemukan di sekitaran alun-alun. Meski pedasnya cenderung nyelekit, sekali coba dijamin langsung bikin ketagihan. Penasaran? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Ada di Dekat Pasar Kliwon

img_20190725_wa0035_ESV.jpg
Gerobak ceker mercon (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Ceker Mercon Solo yang saya sambangi ini berada di sekitar Alun-alun Solo. Alamatnya ada di Pasarkliwon, Jalan Gading, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Jika ingin berkunjung, pastikan Teman Traveler datang sebelum pukul 21.30. Sebab menurut aturan Kraton, semua aktivitas di sekitar sini harus dihentikan pukul 22.00 tepat.

Nikmat dengan Dua Kali Pemasakan

img_20190725_wa0041_Hsw.jpg
Ceker dimasak dua kali agar terasa nikmat (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Ceker mercon di sini rasanya sangat enak Teman Traveler, sebab dimasak hingga dua kali. Pertama, ceker akan direbus dengan campuran beragam bumbu. Kedua, ceker bakal dibakar di atas bara arang. Rasa yang diciptakan jadi benar-benar khas dan nikmat.

img_20190725_wa0036_BlE.jpg
Seporsi ceker dalam kemasan plastik (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Proses pembakaran dilakukan langsung begitu pembeli mengajukan pesanan alias dadakan. Belum cukup sampai di situ, ceker yang sudah selesai dibakar lantas bakal disiram bumbu pedas mercon di atasnya. Hmm, membayangkannya bikin ngiler ya, terutama mungkin buat Teman Traveler pecinta makanan pedas.

img_20190725_wa0037_5qv.jpg
Biji cabainya terlihat jelas Teman Traveler (c) Rachma Muslika/Travelingyuk.

Begitu dimakan, Ceker Mercon Solo ini bakal terasa empuk dan lembut. Bumbu merconnya terasa begitu pedas, paduan unik racikan rahasia yang hasilkan rasa pedas, manis, dan gurih. Sentuhan unsur kacang bikin kuliner satu ini makin asyik dinikmati. Pedasnya sungguh mantap, dijamin bikin serasa melayang saking enaknya.

Murah Meriah

img_20190725_wa0042_2Wu.jpg
Proses memasak ceker (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Dengan harga Rp5.000 per porsi, empat potong Ceker Mercon Solo termasuk kuliner dengan harga terjangkau. Bumbu pedasnya kental dan tidak pelit, terasa nampol di lidah. Jika ingin coba memanggang sendiri, Teman Traveler tinggal bilang saja pada penjualnya.

Tingkat kematangan ceker juga bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin, Teman Traveler boleh menjajal menu lain seperti kepala mercon, yang rasanya sangat menggugah selera. Dijamin takkan bikin kecewa deh.

Jangan Lupa Bawa Minum Sendiri

img_20190725_wa0040_3Qo.jpg
Ceker sedang dibakar (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin mencoba jajanan ini, sangat disarankan membawa minuman sendiri. Terutama jika ingin coba makan di tempat. Sudah tersedia tempat cuci tangan dan kursi nyaman untuk kalian duduk.

Teman Traveler bisa perlahan menyesap nikmatnya kulit dan daging ceker berbalut bumbu pedas, sembari menikmati atmosfer di sekitar Alun-alun. Rasanya yang tajam bakal sangat pas untuk menunda rasa kantuk. Terlebih jika masih ingin melanjutkan explore wisata sekitar Solo.

Advertisement
Tags
kontributor kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share