Istana Peninggalan Sejarah Indonesia yang Menjadi Destinasi Wisata

Banyaknya kerajaan yang pernah ada di Indonesia membuat negara kita memiliki peninggalan sejarah melimpah. Beberapa menjadi cagar budaya dibangun untuk melestarikannya. Sisa sejarah yang terselamatkan juga dikembangkan menjadi destinasi wisata. Keberadaannya dijaga dan memberikan pandangan terhadap wisatawan perihal napak tilas Indonesia. Seperti empat destinasi ini.

1. Tirta Gangga, Bali

Spot yang paling diminati oleh wisatawan via instagram/@ilaryagrech25

Tirta Gangga adalah nama lain untuk Sungai Gangga dan merupakan bentuk penghormatan kepada masyarakat Hindu. Istana air ini dibangun Raja Karangasem pada tahun 1946. Destinasi ini memiliki beberapa labirin air serta air mancur yang megah di dalamnya. Meskipun pada tahun 1963 tempat ini terkena dampak erupsi Gunung Agung, saat ini keadaannya telah kembali normal.

Kolam dengan ikan koi via insatgram/@ajengadiningrum

2. Taman Ujung Karangasem, Bali

Jembaatan penghubung bangunan di Taman Sukasada via instagram/@radissonblu

Istana air ini dibangun Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik pada tahun 1909 dan selesai pada tahun 1921. Meskipun dibangun oleh kerajaan Hindu, bangunan ini memiliki gaya Belanda, Cina, dan Bali. Sama halnya dengan Tirta Gangga, tempat ini juga terkena dampak erupsi dari Gunung Agung pada tahun 1963.

Kolam air di Taman Sukasada via instagram/@jaunance

3. Tamansari Water Castle, Yogyakarta

Istana Air Taman Sari via instagram/@rahmaluphe

Tamansari dibangun berdasarkan perintah dari Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I. Digagasnya tempat ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada istri-istri Sultan. Bahkan pada zaman dahulu, istana air ini menjadi tempat pemandian para putri raja.

Tempat pemandian para putri raja via instagram/@egahgincu

4. Taman Narmada, Lombok

Tempat sumber air yang dipercaya dapat menjaga awet muda via instagram/@travellati

Taman Narmada dibangun pada 1805 oleh Raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem. Salah satu keunikan Taman Narmada adalah mata air yang dipercaya membuat awet muda. Di dalam taman ini juga ada kolam renang maupun danau buatan yang biasa digunakan untuk memancing.

Kompleks taman yang rapi via instagram/@dheny_cazo

Itulah beberapa destinasi wisata Indonesia yang dikembangkan dari bangunan-bangunan peninggalan sejarah. Melihat arsitekturnya, tentunya kita menyadari bahwa nenek moyang kita adalah orang-orang yang luar biasa.

Tags
Bali Budaya cagar budaya Indonesia Lombok Wisata Yogyakarta
Share