Batal Liburan? Jangan Khawatir, Inilah Cara Refund Tiket KAI

Bagamana jadinya jika batal liburan karena mendadak ada acara lain? Pasti akan sangat menyedihkan. Apalagi jika Teman Traveler sudah terlanjur membeli tiket dan memesan kamar hotel. Untungnya ternyata ada mekanisme khusus atau cara refund tiket KAI.

Kereta api memang jadi salah satu moda transportasi andalan bagi mereka yang ingin liburan. Apalagi sekarang sudah ada gerbong kereta khusus yang menawarkan kenyamanan tak kalah dari pesawat terbang. Namun andai ada satu penghalang dan Teman Traveler batal berangkat, jangan khawatir. Berikut adalah mekanisme cara refund tiket KAI sebagaimana dituliskan kontributor Travelingyuk, Oktaffyani Puji.

1. Paling Lambat 30 Menit

Antrean di stasiun (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk
Antrean di stasiun (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Teman Traveler bisa melakukan pembatalan sebelum 30 menit keberangkatan. Caranya, cukup datang ke langsung ke stasiun dan sambangi bagian customer service. Nantinya petugas akan meminta dokumen yang diperlukan untuk pembatalan tiket. Bagi kalian yang ingin melakukan perubahan jadwal, konfirmasi hanya bisa dilakukan maksimal satu jam sebelum keberangkatan.

2. Dokumen dan Kelengkapan

Mesin antre customer service (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk
Mesin antre customer service (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Jika yang melakukan pembatalan adalah pemilik tiket, dokumen yang dibawa cukup kartu identitas berisi informasi untuk pemesanan tiket sebelumnya. Jangan lupa sertakan tiket atau bukti transaksi andai tiket belum dicetak.

Sementara jika penukaran diwakilkan orang lain, yang bersangkutan harus melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik tiket. Selain itu harus tetap membawa kartu identitas pemilik tiket.

3. Formulir Pembatalan

Form pembatalan tiket (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk
Form pembatalan tiket (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Untuk membatalkan tiket Teman Traveler bisa menuju stasiun online, tidak harus ke stasiun keberangkatan. Caranya mudah saja, cukup datang ke customer service dan minta formulir pembatalan tiket. Setelah memeriksa data dan kelengkapan, petugas akan mengarahkan kamu ke loket khusus. Tergantung kebijakan masing-masing stasiun, kalian akan diminta datang ke loket berbeda.

4. Loket Pembatalan

Bukti pembatalan
Bukti pembatalan (c) Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Begitu sampai di loket pembatalan tiket, formulir sebelumnya akan diminta dan diganti dengan bukti pembatalan tiket berstempel. Bukti pembatalan ini nantinya bakal digunakan untuk pengambilan dana. Pengembalian dana akan dipotong 25% dari harga tiket yang dibatalkan tanpa biaya order. Petugas sebelumnya akan menawarkan opsi refund tunai atau transfer.

Jika Teman Traveler memilih transfer bank, masa pengembalian sekitar dua bulan sejak pembatalan. Sementara sedangkan jika diambil tunai, masa pegembalian kurang lebih sebulan dari hari pembatalan. Pengambilan uang bisa dilakukan di semua stasiun online.

Nah, itulah tadi langkah-langkah mudah membatalkan tiket kereta yang sudah terlanjur Teman Traveler beli. Semoga bermanfaat, terutama bagi kalian yang sebelumnya buta sama sekali soal cara refund tiket KAI.

Tags
tips dan inspirasi transportasi Wisata
Share