Jangan Khawatir, Berikut Langkah Ketika Ketinggalan Pesawat Transit

Advertisement

Traveling dan berbisnis ketika harus keluar kota atau bahkan keluar negeri pastinya transportasi yang memadai hanyalah pesawat. Selain lebih efisien di waktu, setidaknya fisikmu lebih hemat dan terjaga baik. Durasi perjalanan dan jarak tempuh mempengaruhi perjalanan penerbangan secara langsung atau perjalanan penerbangan lanjutan yang biasa disebut transit. Ketika transit, ada saja penumpang yang ketinggalan pesawat ketika transit. Nah, bagaimana cara ketika kita mengalami hal demikian?

Menginformasikan ke Pihak Maskapai

Hal paling awal ketika tertinggal pesawat transit adalah mendatangi pihak maskapai dengan cara datang ke lokasi loket atau ruang pengaduan maskapai. Pihak maskapai akan menginvestigasi keterlambatan. Ketinggalan pesawat biasanya terjadi akan lalainya penumpang, hal ini akan merugikan penumpang itu sendiri. Mau tidak mau harus membeli tiket kembali ke tempat tujuan.

Ketinggalan Pesawat ketika transit menjadi hal mengerikan
Ketinggalan Pesawat ketika transit menjadi hal mengerikan

Jika ketinggalannya penumpang karena cuaca buruk, jangan khawatir, segala tiket akan ditanggung oleh maskapai. Namun, traveler tidak akan mendapatkan kompensasi karena bukan kesalahan dari maskapai.

Hak kompensasi Penumpang

Kompensasi yang ditanggung oleh pihak maskapai bila terjadi kesalahan yang datang dari maskapai itu sendiri. Penumpang berhak mendapatkan berbagai fasilitas seperti makanan dan minuman hingga fasilitas pengapan. Semuanya ini akan menjadi tanggung jawab maskapai.

Hak kompensasi penumpang yang tertimggal pesawat karena kelalaian maskapai
Hak kompensasi penumpang yang tertimggal pesawat karena kelalaian maskapai. Foto via phinemo.com

Jika penerbangan bukan lanjutan dari satu maskapai, dan terjadi ketinggalan pesawat akibat dari maskapai lanjutan, maka penumpang tersebut wajib mengurusnya sendiri ke maskapai lanjutan. Maskapai sebelumnya tidak berkewajiban memproses tiket lanjutan.

Layover

Waktu yang singkat untuk proses transit menjadi masalah rutinitas ketika penerbangan lanjutan. Hal ini banyak dialami oleh penumpang lanjut usia yang sebetulnya perlu bimbingan. Karena mobilitas mulai menurun tentunya membutuhkan waktu lebih untuk proses pindah pesawat.

Kejadian ini dapat diatasi dengan menginformasikan kepada maskapai yang bersangkutan dan pastinya akan mendapatkan tiket gratis dipenerbangan lanjutan juga mendapatkan kompensasi seperti makanan dan minuman, bila perlu penginapan jika memang waktu transit dihari selanjutnya.

Tertinggal Karena Delay

Delay pesawat menjadi ruginya maskapai
Delay pesawat menjadi ruginya maskapai. Foto via kementerianperhubungan.com

Delay menjadi rutinitas penerbangan ketika cuaca buruk atau human eror yang dialami oleh pesawat itu sendiri. Para penumpang akan diberi kompensasi dan juga tiket gratis pada penerbangan lanjutan. Kompensasi ini tidak hanya berupa amkanan dan minuman saja melainkan penginapan, transprtasi lanjutan ke dan dari bandara hingga akses komunikasi. Namun nominal yang ditawarkan pastinya berbeda dengan maskapai lainnya.

Kelalaian Penumpang

Bagi mereka yang terlalu sibuk dengan urusan bisnis ataupun saking senang dan sedihnya harus pisah dengan kawan atau keluarga menjadikan tertinggalnya pesawat lanjutan. Penumpang yang lalai tidak dapat mendapatkan tiket gratis dari maskapai yang ebrsangkutan. Bila barang bawaan mu sudah terlanjur masuk dibagasi pesawat, cobalah segera melaporkan ke maspakai dan pihaknya akan melacak keberadaan bagasi.

Kamu akan diberi informasi untuk pengambilan barang bagasi, namun jika kamu tidak ingin mengambil barang bagasi sedniri kamu juga bisa mengintruksikan untuk mengirimkan bagasi ke alamat tujuan, pastinya dengan biaya sendiri.

Advertisement
Tags
PEsawat pesawat delay tips dan inspirasi traveling
Share