Sejarah Candi Muara Takus, Lokasi Pusat Perayaan Hari Waisak Nasional 2019

Waisak tahun 2019 ini akan segera tiba, tepatnya tanggal 19 Mei. Namun tidak seperti sebelum-sebelumnya yang memusatkan acara Hari Waisak Nasional di Borobudur, Candi Muara Takus merupakan lokasinya di tahun 2019 ini. Tentunya ada alasan yang melatarbelakangi pindahnya pusat perayaan umat Buddha ini. Mari kita ulas lebih mendalam.

Lokasi Perayaan Hari Waisak Nasional Sebelumnya

Candi Borobudur, via Instagram/aisyahhsrg
Candi Borobudur, via Instagram/aisyahhsrg

Didasarkan pada kalender Masehi, Waisak 2019 ini jatuh pada tanggal 19 Mei 2019. Tahun-tahun sebelumnya, Candi Borobudur dipilih sebagai pusat perayaan Hari Waisak Nasional, namun tahun ini berbeda. Meskipun pusatnya berada di Muara Takus, ada juga rangkaian yang dilangsungkan di Candi Borobudur. Jadi, buat kamu yang sudah terlanjut berencana jalan-jalan ke Borobudur jauh-jauh hari, tidak masalah ya.

Alasan Dipilih Candi Muara Takus

Candi Muara Takus, via Instagram/novreynaludmilla
Candi yang sangat eksotis, via Instagram/novreynaludmilla

Bukan tanpa alasan candi di Riau ini dipilih sebagai pusat perayaan Hari Waisak Nasional. Hal ini lantaran wisata di Riau ini merupakan cagar budaya yang akan masuk dalam jajaran UNESCO, jadi salah satu warisan dunia.

Tempat wisata di Riau, via Instagram/neonphoerba
Tempat wisata di Riau, via Instagram/neonphoerba

Dan untuk ditetapkannya Candi Muara Takus sebagai list UNESCO, perlu dorongan banyak pihak, tak terkecuali dengan komunitas umat Buddha. Tidak hanya itu saja, candi yang terdapat di Riau ini juga dipercaya sebagai peninggalan abad 7 yang sekaligus dipercaya sebagai universitas agama Budha pada zamannya.

Rangkaian Hari Waisak Nasional Digelar Pada 12-25 Mei

Tempat wisata lintas generasi, via Instagram/mursidah196
Tempat wisata lintas generasi, via Instagram/mursidah196

Perayaan Hari Waisak ini digelar candi yang terdapat di Kabupaten Kampar pada 12-25 Mei. Akan ada beberapa rangkaian acara yang dilakukan, mulai dari bakti sosial, sunat massal, operasi bibir sumbing, dan lain-lain. Peringatan Waisak ini bakal dihadiri 3000-5000 peserta, 60 biksu nasional dan para tamu undangan.

Sedikit Informasi Candi Muara Takus

Pusat perayaan Hari Waisak Nasional, via Instagram/andrey_chart
Pusat perayaan Hari Waisak Nasional, via Instagram/andrey_chart

Candi ini merupakan situs yang dikelilingi tembok berukuran 74×74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan titik tembok 80 cm. Di luar arealnya terdapat tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggi Sungai Kampar Kanan.

Candi ini dianggap sebagai peninggalan pengaruh India tertua di Sumatera. Candi ini diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Yuk saksikan secara langsung kemeriahan Hari Waisak yang berpusat di Candi Muara Takus ini.

Tags
candi muara takus hari waisak nasional Indonesia Riau
Share