Candi Jawi, Bukti Kejayaan Singhasari di Kaki Arjuna

Advertisement

Adakah di antara Teman Traveler yang berencana mendaki Gunung Arjuna dan Welirang via Tretes? Begitu sampai di kawasan kaki gunung tersebut kalian bakal disambut gagahnya Candi Jawi, salah satu bukti kejayaan
Kerajaan Singhasari. Seperti apa pesona yang ditawarkan struktur peninggalan kuno ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Salah Satu Candi di Pasuruan

Tak pernah sepi wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Pasuruan tak hanya dikenal sebagai kawasan industri lho. Daerah di Jawa Timur ini ternyata memiliki beberapa candi yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Jawi. Bangunan kuno ini berada di kaki Gunung Arjuna dan Welirang. Lokasinya masuk wilayah Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Tempatnya sendiri bisa dibilang cukup strategis, membuat candi ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Teman Traveler cukup menempuh jarak sekitar 31 km dari pusat kota untuk menuju sini. Posisinya juga berada di jalur utama menuju Tretes, kawasan wisata yang tawarkan hawa sejuk khas pegunungan. 

Terletak di Kaki Gunung

Candi nampak dari dekat (c) Rosita/Travelingyuk

Ada pemandangan menarik yang bisa Teman Traveler saksikan ketika berada di sekitar candi pada pagi hari. Gagahnya Gunung Arjuna dan Welirang bakal nampak jelas dari sini. Ya, bangunan peninggalan kerajaan kuno ini berada di salah satu jalur pendakian menuju dua gunung tersebut. Jika kalian memilih rute Tretes, bisa dipastikan bakal melewati candi ini saat berangkat maupun pulang.

Menemukan Candi Jawi bukan hal sulit karena tempatnya berada di tepi jalan utama menuju pos pendakian. Struktur kuno tinggi dan ramping ini selalu menyita perhatian siapapun yang melintas. Jika tak sempat mampir saat berangkat mendaki, kalian juga bisa menyambanginya kala turun.

Peninggalan Kerajaan Singhasari

Kolam teratai mengelilingi candi (c) Rosita/Travelingyuk

Candi Jawi merupakan salah satu bukti sejarah kejayaan Kerajaan Singhasari. Menurut beberapa penelitian, struktur ini sudah mulai dibangun sejak Abad ke-13 oleh raja terakhir, Kertanegara. Dalam kitab Nagarakretagama karangan Empu Prapanca, bangunan ini disebut  Jawajawa atau Jajawi.

Meski sudah berusia beberapa abad, candi yang berdiri di atas tanah seluas 40×60 meter persegi ini tetap nampak utuh dan kokoh. Ketinggiannya mencapai sekitar 24,5 meter, dengan lebar kurang lebih 9,5 meter. Keberadaan kolam ikan dengan bunga teratai di sekitarnya semakin menambah keindahan situs ini.

Candi nampak depan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Candi Jawi, salah satu bukti sejarah kejayaan Kerajaan Singhasari. Buat Teman Traveler yang berencana mendaki Gunung Arjuna atau menjelajah wisata Pasuruan, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat berlibur.

Advertisement
Tags
kontributor Pasuruan Travelingyuk wisata pasuruan
Share