Mengenal dan Menjelajahi Candi Budha Terbesar di Dunia

Advertisement

Penemuan Kembali

Candi Dilihat dari Bawah (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Lama terkubur, Candi Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh pasukan Inggris yang dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles. Banyak rintangan yang terjadi contohnya adalah penjarahan puing-puing dan arca candi.

Candi Borobudur baru selesai dibersihkan pada tahun 1835. Tentu pada saat ditemukan kondisi candi tidak sama seperti yang Teman Traveler lihat saat ini. Perlu pemugaran dalam waktu lama.

Terdiri dari Beberapa Zona

Zona Arupadhatu yang Dipadati Pengunjung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Candi Borobudur terdiri dari beberapa bagian undakan. Tiap undakan ini menggambarkan fase yang berbeda. Lantai 1 merupakan zona Kamadhatu. Zona ini menggambarkan kondisi manusia di dunia. Fakta uniknya di sini ada  relief tersembunyi. Teman Traveler bisa menemukan di mana letak reliefnya?

Lantai 2 sampai 9 adalah zona Rupadhatu. Zona ini merupakan zona peralihan, manusia sudah tidak memiliki urusan dunia. Terakhir adalah lantai 10 merupakan zona Arupadhatu. Puncak tertinggi ini menunjukkan rumah Tuhan. Ada satu stupa berukuran sangat besar yang merupakan stupa pusat. Namun, stupa ini tidak memiliki arca di dalamnya.

Arca Budha (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Di salah satu lantai, Teman Traveler bisa melihat satu stupa yang terbuka, sehingga Arca Budha di dalamnya bisa terlihat. Fakta menyedihkan adalah terdapat banyak arca yang ternyata tidak memiliki kepala. Tidak ada yang tahu pasti di mana kepala-kepala tersebut berada.

Advertisement
Tags
Candi Borobudur Candi Terbesar di Dunia wisata candi
Share