Menjelajahi Keindahan Candi Rimbi di Jombang

Kabupaten Jombang merupakan wilayah yang dekat dengan wilayah Trowulan. Wilayah Trowulan adalah bekas Ibukota Pemerintahan Kerajaan Majapahit pada jaman dahulu. Hal ini membuat situs purbakala seperti candi terbilang banyak di wilayah Jombang. Salah satunya adalah keindahan Candi Rimbi yang dikenal cocok untuk para millenial.

Sejarah Candi

lrm_export_20190826_073352_6Cl.jpg
Keindahan Candi Rimbi (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Konon katanya, Candi Rimbi merupakan pintu gerbang sebelah barat menuju pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit. Mitos lain menyebutkan bahwa candi ini adalah makam dari Dewi Arimbi, salah satu tokoh pewayangan yang merupakan istri dari Bima/ Werkudara.

Bangunan yang Tak Lagi Utuh

lrm_export_20190826_073641_4IP.jpg
Candi dari dekat (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Sampai di lokasi Candi Rimbi, kita bisa melihat kalau posisi Candi ini menghadap ke arah Barat. Sayangnya, saat ini kondisinya sudah runtuh dan hanya menyisakan bagian kaki candi dan separuh tubuh. Sama seperti tubuh, atap candi juga hilang sama sekali.

Jika kita mengelilingi setiap sisi candi, bagian yang masih utuh berada pada tubuh candi bagian Utara. Walaupun tidak terlihat sempurna, setidaknya bangunan candi terlihat utuh hingga puncak candi. Bebatuan andesit yang tersusun pun masih terlihat rapi dan kokoh.

Membaca Relief yang Tersisa

lrm_export_20190826_073723_VPd.jpg
Keindahan Candi Rimbi (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Kalau mengamati kaki candi bagian atas, maupun dinding luar tubuh candi, nampak relief tidak terlihat sama sekali. Namun pada bagian bawah kaki candi masih terdapat relief binatang. Relief yang dipahat dengan teknik datar yang sangat indah dan halus ini masih jelas pahatannya. Untuk membaca relief perlu menggunakan teknik prasawiya atau berlawanan dengan arah jarum jam yang dimulai dari sisi utara candi.

Ada Spot Foto untuk Millenial

lrm_export_20190826_073415_hwD.jpg
Pemandangan sekitar (c) Travelingyuk/Welly Handoko

Kata siapa situs purbakala tidak cocok untuk kaum millenial? justru kaum millenial yang sesungguhnya adalah yang mau mengerti sejarah bangsanya di masa lalu. Menurut pengelola, kebanyakan pengunjung wisata Jombang ini adalah para millenial yang senang mempelajari ilmu tentang purbakala.

Untuk membuat para millenial lebih tertarik, pengelola membuat satu spot yang instagenic di ujung komplek candi. Di spot ini pengunjung bisa berfoto dengan menggunakan properti bangku kayu yang dikelilingi dengan pemandangan asri.

Sisa Reruntuhan Bangunan Candi

lrm_export_20190826_073454_ZpH.jpg

Sekeliling tepian halaman terdapat reruntuhan batu-batu andesit bangunan candi yang disusun rapi memagari candi. Sementara itu di sisi timur, ada 3 potongan arca dengan ukurannya yang besar. Tinggi masing-masing potongan sekitar 125 cm. Meski hanya tersisa sebagian, namun rasa kagum tak akan hilang begitu saja tentang candi ini.

Jika berkunjung ke Jombang jangan lupa untuk menikmati keindahan Candi Rimbi. Dijamin Teman Traveler puas dan tidak akan kecewa. Selamat traveling!

Tags
candi candi rimbi wisata jombang
Share