Varian Minuman Mangga, Alternatif Lepas Dahaga Buka Puasa

Mangga belakangan ini sedang naik daun. Tak hanya dimakan mentah begitu saja, buah berwarna kuning ini ternyata bisa diolah menjadi beragam hidangan nikmat. Bagi yang bingung mencari alternatif minuman untuk berbuka, ada sejumlah varian minuman mangga yang layak dicoba.

Mulai dari yang bernuansa tradisional hingga kekinian, deretan minuman berbahan dasar mangga menawarkan kesegaran unik. Cocok untuk mereka yang sudah bosan menikmati teh hangat atau es kelapa muda kala buka puasa. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar varian minuman mangga yang patut dicoba.

1. Thai Mango Tea

Thai Mango Tea
Thai Mango Tea via Instagram kingmangoindonesia

Belakangan kuliner Thailand tengah jadi tren di Indonesia. Mulai dari mango sticky rice hingga Thai Tea yang rela membuat para penggemarnya antre panjang. Nah, bagi yang sudah bosan dengan varian teh Thailand biasa, bisa mencoba kombinasi dengan mangga.

Thai Mango Tea menawarkan sensasi kesegaran yang sungguh unik. Segarnya seduhan teh dari negeri Gajah Putih dikombinasikan dengan potongan mangga segar plus jeli mangga yang nikmat. Selain itu masih ada tambahan es krim mangga, pas sekali untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

2. Mango Cheese

Minuman Mango Cheese
Minuman Mango Cheese via Instagram hello.dindin

Banyak kuliner kekinian menggunakan keju sebagai bahan campuran. Salah satunya adalah mango cheese. Tentu tak banyak yang menduga jika mangga dan keju ternyata bisa menghasilkan perpaduan pas.

Bagi yang penasaran, bisa mencoba membuat sendiri minuman ini di rumah. Bahan utamanya adalah jus mangga, cream cheese, dan juga soft cream. Namun jika malas, sajian unik ini juga tersedia di salah satu gerai cheese cake terkenal di ibu kota.

3. Mango Vanilla Ice Cream

Mango Vanilla Ice Cream
Mango Vanilla Ice Cream via Instagram eatandcapture

Tak cuma nikmat dimakan langsung atau dijadikan campuran rujak, mangga juga lezat disantap bersama es serut. Sensasi tersebut bisa dirasakan dengan melahap Mango Vanilla Ice Cream. Tampilannya sudah bikin ngiler, apalagi jika sudah menyentuh kerongkongan – kesegarannya dijamin bikin ketagihan.

Hidangan Mango Vanilla Ice Cream ini bisa dibuat sendiri di rumah. Selain es serut, bahan yang perlu dicampurkan antara lain potongan mangga, sirup mangga, dan krim vanilla. Namun jika ingin praktis, tinggal datang dan pesan di gerai Nasgor Something yang ada di kawasan Bintaro.

4. Aam Panna

Aam Panna
Aam Panna via Instagram foodieincity

Siapa bilang India hanya punya varian kuliner bercita rasa tajam dan pedas. Negeri Bollywood tersebut juga bisa menghadirkan minuman segar nan ampuh untuk membasmi dahaga. Salah satunya adalah Aam Panna.

Bahan utama untuk membuat Aam Panna adalah bubur mangga. Selain itu masih ada campuran daun jinten dan mint. Masyarakat India biasa meminumnya untuk mengusir haus kala musim panas. Di Indonesia, sajian ini akan sangat pas dinikmati saat berbuka atau ketika hari sedang terik.

5. Smoothies mangga

Smoothies mangga
Smoothies mangga via Instagram hiriabdulm

Segar dan lezat, smoothies jadi jenis minuman yang punya cukup banyak penggemar di Indonesia. Selain bisa dibeli di kafe-kafe dan gerai khusus, smoothies juga bisa dibuat sendiri di rumah. Kombinasi bahannya bisa menyesuaikan selera.

Bagi yang tertarik membuat smoothies mangga, cukup potong mangga kecil-kecil, lalu campurkan dengan yoghurt, susu cair, dan es batu. Blender hingga semuanya merata, kemudian tinggal nikmati kesegarannya saat adzan Maghrib berkumandang nanti.

6. Mango Lassi

Mango Lassi
Mango Lassi via Instagram theismailinc

Sama seperti Aam Panna, Mango Lassi merupakan varian minuman asal India. Kadang ada juga yang menyebutnya berasal dari Pakistan. Apapun itu, minuman yang masuk dalam daftar 50 terenak seluruh dunia versi BBC ini sangat nikmat dan menyegarkan.

Bahan utamanya bisa menggunakan buah apapun sesuai selera. Namun yang paling sering ditemui adalah varian dari mangga. Rasanya asam manis, karena juga menggunakan campuran bubuk kayu manis, lada, dan pala.

Itulah tadi varian minuman mangga dengan daya tarik dan kesegaran menggoda. Pastinya sangat nikmat jika disantap saat hari sedang tarik atau setelah seharian berpuas. Bagaimana, sudah memutuskan ingin mencoba yang mana?

Tags
kuliner Wisata Kuliner
Share