Camilan Khas Kotamobagu, Otentik dan Takkan Kecewakan Lidah

Kalau menyebut Sulawesi Utara, mungkin yang terlintas di benak Teman Traveler adalah Manado. Kota satu ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta kuliner, mengingat varian kuliner Sulawesi Utara bisa dijajal di kota ini. Ada juga Kota Kotamobagu yang memiliki kudapan tradisional dengan rasa takkan kecewakan lidah pecinta kuliner. Berikut adalah beberapa camilan khas Kotamobagu yang bisa disantap langsung di tempat maupun dijadikan oleh-oleh. Apa saja, ya.

Kacang Goyang Warna – Warni

`Kacang Goyang via Instagram @hosannarestomanado

Makanan ringan yang berbahan baku kacang tanah ini merupakan kudapan asli Kotamobagu. Hampir pada setiap acara di Kotamobagu, kacang goyang disajikan untuk para tamu. Proses pemberian warna makanan ini dinamakan penggoyangan. Pecinta kuliner sebaiknya tidak melewatkan mencicipi kacang goyang yang bercitarasa manis gurih. Pastikan untuk memborong camilan khas Kotamobagu satu ini untuk oleh-oleh.

Dinangoi

Dinangoi via Instagram @helmikodayowkodayow

Penduduk lokal menyebut jajanan ini sebagai pizza-nya Kotamobagu. Dinangoi terbuat dari sagu, kelapa muda, dan gula. Keistimewaan kudapan ini terletak pada proses pembuatannya. Menggunakan tungku kayu dan belanga yang terbuat dari tanah liat. Dinangoi memiliki tekstur kenyal dengan citarasa manis yang pas. Pecinta kuliner mungkin akan sedikit kesulitan mendapatkan kudapan ini sekalipun di Kotamobagu karena sudah jarang dijual.

Alingkoge

Alingkoge via Instagram @batmanfoodandpastries

Alingkoge merupakan makanan ringan terbuat dari beras ketan putih dan beras ketan hitam dicampur gula aren. Sering dijadikan sebagai makanan pelengkap hajatan di Kotamobagu. Alingkoge biasanya dibungkus dengan daun jagung atau daun woka, kudapan ini memiliki citarasa manis. Walaupun termasuk jajanan, namun pecinta kuliner juga bisa menyantap Alingkoge untuk mengganjal perut. Jajanan ini juga biasa disebut wajik.

Kolombeng Tore

Kolombeng via Instagram @oleholehkhasmanadojo

Kolombeng Tore atau bolu tradisional asal Kotamobagu ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan bahan-bahan lainnya. Kekhasan Kolombeng Tore terletak pada parutan kulit jeruk yang memang ditambahkan pada proses pembuatan roti ini. Menimbulkan rasa dan aroma khas yang dapat memanjakan lidah. Pecinta kuliner juga bisa menjajal Kolombeng Selai, kolombeng yang berisi selai terbuat dari buah nanas asli. Pecinta makanan manis wajib coba camilan khas Kotamobagu yang satu ini.

Nah, kini tak perlu bingung harus mencicipi apa saat berkunjung ke Sulawesi. Deretan camilan khas Kotamobagu bisa dicoba dan diborong untuk oleh-oleh.

Tags
Indonesia Kacang Goyang Kolombeng Tore Kotamobagu kuliner Sulawesi Utara
Share