4 Camilan Kacang yang Hanya Ada di Indonesia, Manisnya Legit

Indonesia memang surganya kuliner. Rasanya segala jenis makanan ada di negara kita yang tercinta ini. Apapun juga bisa diolah menjadi kudapan, termasuk kacang tanah. Tak hanya disulap menjadi bumbu pecel, ternyata ada banyak camilan kacang. Uniknya, jajanan tradisional ini hanya ada di Indonesia, lho. Apa saja? Ini dia daftarnya.

Enting Kacang Jahe

Enting Kacang Jahe
Enting Kacang Jahe via Instagram/@indah.syari41

Camilan kacang tanah satu ini dikatakan dapat menghangatkan badan karena mengandung jahe. Campuran kacang tanah, gula merah, dan jahe menimbulkan citarasa perpaduan manis, gurih dan pedas khas jahe. Selain kacang, bisa juga ditambah wijen. Teman Traveler bisa mendapatkan enting kacang jahe di banyak tempat seperti di Magetan, Pasuruan dan kawasan di Pulau Jawa lainnya.

Halua Kacang

Halua Kacang via Instagram @sangadji.sarah

Halua kacang merupakan camilan khas Pulau MorotaiCamilan ini terbuat dari kacang kenari cincang dicampur gula merah dan diberi serutan singkong. Biasanya selalu ada di acara besar seperti pernikahan dan tahlilan. Teman Traveler yang sedang berada di kawasan Morotai, patut menjadikan kacang halua sebagai oleh-oleh.

Gula Kacang

Gula Kacang
Gula Kacang via Instagram/@yossiefm

Cara membuat gula kacang cukup mudah. Yaitu mencampur kacang tanah sangrai dengan gula merah cair lalu diletakkan di loyang untuk dibiarkan hingga dingin. Kalau biasanya menggunakan potongan kecil seperti cincangan, camilan satu ini menggunakan kacang utuh. Sehingga ketika mengunyah jajanan manis yang populer di Jawa bagian tengah dan timur ini, masih sangat terasa kerenyahan kacangnya.

Geti Wijen Kacang

Geti Wijen Kacang via Instagram @goli_snacker

Terbuat dari kacang tanah cincang kasar ditambah biji wijen dan kacang merah, lalu dibentuk persegi panjang. Camilan kacang tanah ini dapat Teman Traveler temukan di kawasan Trenggalek Tulungagung dan sekitarnya. Biasanya dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut.

Wah Teman Traveler jadi mempunyai alternatif dalam menikmati kacang ya. Bisa juga membuat sendiri, karena camilan kacang yang telah diulas di atas proses membuatnya cukup mudah. Bagaimana, mana nih yang jadi favorit Teman Traveler?

Tags
Camilan Kacang Indonesia kuliner
Share