Cafe di India Bayar Makanan dengan Sampah, Kok Bisa?

Sekarang ini ada banyak cafe yang menawarkan keunikan, selain dari makanan ataupun interior instagenicnya. Sangat berbeda dengan cafe biasanya, pasalnya cafe di India ini bayar makanan pakai sampah. Dilansir dari sumber istimewa, yuk simak lebih lanjut keunikan cafe di India ini.

Cafe sampah pertama di India

Ilustrasi sampah via Shutterstock

Cafe ini berada di Kota Ambikapur, Chhattisgarh. Cafe ini merupakan cafe pertama dengan pembayaran sampah di India. Pencetus cafe ini adalah pemerintahan yang ingin membantu warga tunawisma. Dengan mengumpulkan sampah setidaknya hidup mereka akan menjadi lebih baik.

Dibuat untuk warga kurang mampu

Cafe sampah di India via Twitter/@bataradigital

Cafe ini dibuat dengan tujuan untuk menyediakan makanan sehat kepada tunawisma dan warga miskin. Mereka diharuskan inisiatif untuk rajin mengumpulkan sampah. Setiap 1 kilogram sampah nantinya dikumpulkan dan akan diberi satu kali makan malam. Sedangkan untuk sarapan bisa ditukar dengan 500 gram sampah. 

Digunakan untuk pembuatan jalan

Ilustrasi jalan via Shutterstock

Pasalnya sampah tidak dikumpulkan dengan ditumpuk begitu saja. Pasalnya sampah-sampah ini akan dikumpulkan untuk membangun satu jalan raya dari 800.000 kantong plastik dan aspal. Perlu kamu tahu kalau plastik memiliki kelebihan bisa bertahan lama dan lebih tahan terhadap banjir. Pastinya hal ini mampu membantu mengurangi pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat.

Diikuti beberapa negara di dunia

Ilustrasi makanan via Shutterstock

Selain di India, cafe ini juga dilakukan di Amerika Serikat, Eropa, dan Kamboja. Mereka juga menerapkan inisiatif untuk mengumpulkan sampah plastik. Nantinya sampah plastik ini juga diterbangkan untuk membangun jalan raya di Ambikapur. 

Wah, bermanfaat sekali cafe di India ini bayar makanan dengan sampah. Pastinya Teman Traveler juga jangan mau kalah untuk turut serta mencintai bumi ini. Jadi langkah kecil apa yang sudah kamu lakukan?

Tags
cafe sampah India kuliner Luar negeri
Share