Cacing Mopane dari Zimbabwe, Berani Makannya?

Indonesia memiliki sederet kuliner ekstrem yang bikin penasaran. Misalnya saja ulat sagu, sate biawak, tikus panggang dan lain-lain. Namun, jika ditelusuri lebih jauh lagi, negara lain juga punya yang tak kalah ekstrem, lho. Di Afrika, ada yang namanya cacing mopane. Buat kamu yang tertarik dengan kuliner ekstrem, yuk kulik lebih jauh.

Sedikit Informasi tentang Cacing Mopane

Cacing mopane, via Instagram/africaninsectprotein
Cacing mopane, via Instagram/africaninsectprotein

Cacing mopane ini dikenal dengan amancimbi di Ndebele dan madora di Shona. Hewan ini merupakan cacing yang begitu banyak ditemukan di Afrika Selatan. Ini sebenarnya merupakan ulat besar dari spesies Gonimbrasia yang lebih dikenal dengan ngengat Kaisar. Disebut mopane lantaran memakan daun pohon mopane setelah menetas. Di Afrika, ini menjadi sumber protein dan penghasilan sekaligus.

Salah Satu Kuliner Esktrem di Zimbabwe

Dijadikan santapan, via Instagram/chef_funi_
Dijadikan santapan, via Instagram/chef_funi_

Cacing mopane dari Zimbabwe bentuknya memang menggelikan namun memiliki banyak penggemar. Bagi masyarakat Zimbabwe, kuliner ekstrem satu ini biasanya dijadikan camilan bahkan sampai dikemas dan dijual di toko-toko swalayan. Bagi yang pertama kali menyaksikannya, rasa geli mungkin akan menyergap. Namun sudah banyak yang membuktikan jika hewan ini memiliki rasa gurih dan enak.

Memiliki Nutrisi 3 Kali Lipat Dibanding Sapi

Dijual bebas, via Instagram/decocayoro
Dijual bebas, via Instagram/decocayoro

Selain rasanya yang dianggap enak, cacing mopane memiliki nutrisi 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan daging sapi. Dilansir dari detik.com, ahli gizi asal Zimbabwe yang bernama Marlon Chidemo menyebutkan jika jenis cacing atau yang juga disebut dengan ulat ini memiliki protein yang lebih banyak. Tidak hanya berdampak bagus untuk tubuh saja, mengonsumsinya bisa mengurangi hama.

Bisa Dimakan Mentah atau Diolah

Ada yang mau coba? Via Instagram/chef_funi_
Ada yang mau coba? Via Instagram/chef_funi_

Cacing ini bisa dimakan mentah ataupun diolah ya, Teman Traveler. Cara pengolahannya gampang. Ulat diambil bagian perutnya terlebih dahulu lalu dijemur seharian di bawah sinar matahari. Proses selanjutnya bisa digoreng, dijadikan keripik, ataupun diolah dengan cara lainnya.

Menggelikan, via Instagram/bwana.be
Menggelikan, via Instagram/bwana.be

Proteinnya banyak lho, coba dulu baru tahu rasanya ya. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu mau mencicipi kelezatan cacing mopane yang sehat?

Tags
cacing mopane kuliner afrika Luar negeri ulat mopane zimbabwe
Share