Lewat Bus, 5 Tempat Wisata Indonesia Ini Mejeng di Berlin

Pemandangan unik beberapa hari belakangan tersaji di Berlin. Di jalanan salah satu kota besar di Jerman itu meluncur sejumlah bus yang di sisi badannya terdapat gambar pemandangan destinasi wisata Indonesia. Usut punya usut, hal tersebut ternyata merupakan salah satu upaya Kementerian Parisiwata untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dan destinasi wisata Tanah Air di luar negeri.

Di saat bersamaan, Kemenpar juga membuka stand khusus di ajang pameran wisata Internationale Tourismus Borse di Berlin. Rencananya branding wisata Indonesia ini akan terus nampang di sejumlah bus di Berlin hingga April 2018. Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berharap langkah promosi wisata Indonesia di Jerman bakal viral dan mendapat tanggapan positif di media sosial. Lantas apa saja tempat wisata yang dipromosikan lewat jalur ini?

1. Danau Toba

Sumatera Utara punya banyak destinasi wisata menarik, namun hingga kini yang jadi andalan tetap Danau Toba. Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Toba diklaim sebagai danau air tawar terbesar se-Asia Tenggara. Di tengah-tengah perairan Danau Toba, terdapat Pulau Samosir.

Pemandangan Danau Toba dari udara via Instagram jj.ong

Dua tempat ini dikelilingi oleh gunung berapi super atau super volcano yang kabarnya masih berstatus aktif. Selain menyaksikan indahnya panorama alam di sekitar Danau Toba, wisatawan biasanya juga datang ke sini untuk menyelami kekayaan budaya di Pulau Samosir. Setiap tahunnya juga digelar banyak festival menarik di lokasi ini.

2. Raja Ampat

Nama Raja Ampat sudah tidak asing lagi di antara para penggemar wisata bahari. Surga perairan ini terletak di salah satu kabupaten di wilayah Papua Barat. Jika melihat peta, Raja Ampat berada di sekitar kawasan berbentuk kepala burung.

Gugusan pulau di kawasan Raja Ampat via Instagram bemytravelmuse

Saking indah dan kayanya keindahan bawah laut Raja Ampat, banyak orang menjuluki tempat ini sebagai Hutan Amazon di Bawah Laut. Ditemukan pada 1990 oleh seorang penyelam Belanda, Raja Ampat menyajikan variasi spesies koral, terumbu karang, dan ikan yang begitu luar biasa. Popularitas Raja Ampat sudah terdengar ke seluruh dunia. Salah satu tokoh ternama yang pernah mengunjunginya adalah Sergey Brin, petinggi Google.

3. Bali

Bali memang salah satu andalan pariwisata Indonesia. Dalam beberapa dekade terakhir, Pulau Dewata selalu menjadi tujuan wisatawan lokal maupun asing. Tak hanya menyajikan keindahan alam lewat Pantai Kuta maupun Padang-Padang, Bali juga punya sejumlah peninggalan budaya dan ritual tradisional memikat.

Candi di Taman Nusa, Bali via Instagram goadventurebali

Sebut saja Pura Uluwatu dan Bekasih, serta sejumlah festival menarik seperti ogoh-ogoh maupun Perang Api. Maka tak mengejutkan jika Island of Paradise tiap tahunnya selalu ramai dibanjiri pengunjung dari berbagai negara. Pemerintah pun terus serius mengembangkan komoditi wisata di Bali agar semakin maju dan menarik.

4. Borobudur

Dibangun pada masa Kerajaan Mataram, Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di Indonesia. UNESCO sudah menetapkannya sebagai salah satu world heritage atau warisan budaya dunia. Saking indahnya, seleb Hollywood sekelas Richard Gere pun pernah mampir ke Borobudur. Kebetulan aktor tampan itu juga merupakan seorang penganut agama Budha.

Pemandangan kompleks Candi Borobudur via Instagram sinohasviajado

Selain struktur bangunannya yang rumit dan menawan, Borobudur juga merupakan tempat yang pas untuk memotret suasana matahari terbit atau terbenam dengan nuansa unik. Para penggemar fotografi biasanya senang berburu gambar dengan atmosfer kabut di sini.

5. Pulau Komodo

Banyak hal menarik bisa dilakukan di Pulau Komodo, yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat. Tak hanya menyaksikan Komodo, kadal raksasa yang konon merupakan keturunan terakhir dinosaurus, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan perairan di sekitar kawasan ini.

Habitat asli Komodo hanya ada di Nusa Tenggara Timur via Instagram banyukarisma

Salah satu spot favorit dengan panorama menawan di sekitar Pulau Komodo adalah Pulau Padar. Terdapat banyak struktur perbukitan yang unik dan sulit dijumpai di tempat lain. Untuk bisa mencapai titik terbaik memang sedikit sulit dan harus mendaki, namun akan terbayarkan dengan pemandangan yang begitu luar biasa.

Itulah beberapa destinasi wisata Indonesia yang belakangan ini dipromosikan Kementrian Pariwisata lewat bus-bus khusus di Berlin, Jerman. Adakah di antara kamu yang sudah mengunjungi semuanya?

Tags
Bali Indonesia Jawa Tengah Nusa Tenggara Barat Sumatra Utara Wisata
Share