Unik, 6 Lokasi Wisata Indonesia Jalani Promosi Lewat Permen

Mempromosikan tempat wisata lewat TV atau laman Internet mungkin sudah biasa. Belakangan, Wonderful Indonesia membuat gebrakan dengan melakukan promosi lewat permen. Bekerja sama dengan Gofress, diluncurkanlah permen edisi khusus dengan gambar sejumlah lokasi wisata andalan Indonesia di bagian kemasannya.

Kolaborasi Gofress dan Wonderful Indonesia
Kolaborasi Gofress dan Wonderful Indonesia via Instagram Gofress

Gofress, meski diproduksi di Tanah Air, pemasarannya sudah mencakup sejumlah kawasan di luar Indonesia, seperti Pakistan, Tiongkok, Vietnam, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Rumania, dan Uganda. Diharapkan gerakan promosi ini bakal membuat lokasi eksotis di Indonesia kian termahsyur hingga menambah banyaknya kunjungan wisata luar negeri. Lantas lokasi wisata apa saja yang masuk dalam permen edisi khusus Gofress?

1. Tanjung Kelayang, Belitung

Gofress bertemakan Tanjung Kelayang Tanjung Kelayang
Wisatawan berfoto dengan latar belakang bebatuan Tanjung Kelayang via Instagram backpackerlebay

Tanjung Kelayang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Pulau Belitung. Namanya diambil dari jenis burung yang ada di wilayah ini. Selama berada di Kelayang, para pengunjung bakal disuguhkan salah satu pemandangan pantai terbaik yang ada di Belitung. Selain itu tempat ini juga rutin menjadi tempat persinggahan sejumlah kapal yacht yang mengikuti ajang Rally Sail Indonesia.

Gofress bertemakan Tanjung Kelayang
Gofress bertemakan Tanjung Kelayang via Instagram magentamediatama

Tanjung Kelayang sebelumnya sudah punya reputasi cukup bagus di kalangan wisatawan, dan semakin terkenal sejak menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di tempat ini juga terdapat Batu Garude, formasi batu berbentuk burung, yang sering menjadi latar belakang foto para pengunjung. Bagi yang ingin berpetualang lebih lanjut, bisa menyewa kapal nelayan untuk mengunjungi Pulau Lengkuas yang ada di sekitar kawasan Tanjung Kelayang.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung paling terkenal di wilayah Jawa Timur dan belakangan terus dikembangkan sebagai tempat ramah wisatawan. Tak heran jika pengunjungnya terus bertambah, bahkan bisa membludak di akhir pekan maupun hari libur.

Gofress bertemakan Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Batok
Gunung Bromo bersanding dengan Gunung Semeru dan Batok via Instagram amanaskabali

Berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, gunung yang berada di wilayah Probolinggo ini memang tidak terlalu tinggi dibandingkan Semeru atau gunung terkenal lainnya. Namun demikian, pemandangan yang ditawarkan di puncak sangat indah dan sungguh sayang dilewatkan jika kebetulan berada di Jawa Timur.

Gofress bertemakan Gunung Bromo
Gofress bertemakan Gunung Bromo via Instagram magentamediatama

Selain menyaksikan pemandangan indah matahari terbit dan terbenam di puncak, para pengunjung juga akan mendapatkan view maksimal Gunung Semeru. Ditambah lagi, ada sejumlah spot foto apik yang kerap menjadi favorit para wisatawan, seperti Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, dan masih banyak lagi.

3. Candi Borobudur

Hampir semua orang pasti sudah tahu soal kemegahan dan kehebatan Candi Borobudur. Situs peninggalan sejarah yang berada di Bukit Menoreh ini sudah lama dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu world heritage atau situs warisan budaya dunia.

Kemegahan Candi Borobudur
Kemegahan Candi Borobudur via Instagram ghlhmuhammad

Tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun asing ramai mengunjungi candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini setiap harinya. Dibangun dengan tiga tingkat, Candi Borobudur adalah salah satu candi Budha terbesar di dunia dan tiap tahunnya banyak umat datang ke sini untuk menggelar perayaan Hari Waisak.

Gofress bertemakan Candi Borobudur
Gofress bertemakan Candi Borobudur via Instagram magentamediatama

Selain mengagumi keindahan struktur Candi Borobudur, wisatawan yang ke sini biasanya juga memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan view matahari terbenam maupun matahari terbit. Berkas sinar surya yang menerpa deretan patung Sang Budha sungguh menyajikan pemandangan begitu luar biasa. Apalagi jika kebetulan terdapat kabut tipis dari Gunung Merapi maupun Merbabu, atmosfernya benar-benar magis.

4. Pulau Padar

Gofress bertemakan Pulau Padar guideindo

Pulau Padar merupakan salah satu bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini masih begitu perawan karena memang tidak berpenghuni sama sekali. Meski demikian, Pulau Padar menjadi destinasi favorit untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto. Pasalnya, pemandangan yang ada di sini memang begitu memukau. Barisan bukit-bukit di sini membentuk formasi yang begitu menarik. Selain itu juga terdapat aura misterius karena banyak dataran dengan tingkat kemiringan ekstrim, hingga mustahil melakukan trekking.

Gofress bertemakan Pulau Padar
Gofress bertemakan Pulau Padar via Instagram magentamediatama

Hal menarik lainnya dari Pulau Padar adalah pemandangan matahari terbit atau terbenam yang benar-benar keren. Oleh karena itu disarankan mengunjungi kawasan ini di sekitar jam-jam golden hour. Selain itu persiapkan juga fisik, karena para pengunjung bakal harus berjalan mendaki untuk mendapatkan view terbaik. Untuk bisa mencapai Pulau Padar, dibutuhkan perjalanan sekitar 3,5 jam dari Pelabuhan Labuan Bajo. Namun dijamin kamu takkan bosan menyaksikan panorama indah yang memanjakan mata selama menuju ke sana.

5. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu sudah begitu populer di masyarakat Indonesia lantaran pernah menjadi desain lembaran uang lima ribu rupiah. Namun jika dilihat secara langsung, kawasan yang terdiri dari tiga danau dengan warna air berbeda di Ende, Flores, ini benar-benar punya pesona luar biasa. Masing-masing danau punya nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Palo, dan Tiwu Ata Mbupu yang secara berturut-turut memiliki air berwarna hijau tosca, hitam pekat, dan hijau tosca bening.

Gofress bertemakan Danau Kelimutu
Pemandangan Danau Kelimutu dilihat dari udara via Instagram trisnaindonesia

Menurut legenda yang dipercaya penduduk sekitar, ketiga danau tersebut merupakan tempat berkumpulnya arwah orang tua yang sudah meninggal. Mereka yang sering beramal baik selama hidup akan masuk ke Tiwu Ata Mbupu, sementara orang-orang baik yang meregang nyawa ketika belum menikah diyakini arwahnya akan berkumpul di Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Terakhir, Tiwu Ata Polo dipercaya sebagai tempat arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering berbuat jahat.

Danau di Kelimutu bisa memiliki warna yang berbeda-beda karena komposisi material yang ada di bagian dasar. Namun ada juga yang menyatakan warna tersebut bisa berubah-ubah mengikuti perkembangan suhu politik Tanah Air. Selain menikmati megahnya pemandangan danau, pengunjung di sini juga bisa melihat panorama matahari terbit maupun terbenam dan menyaksikan Festival Danau Kelimutu yang digelar tiap 14 Agustus.

6. Taman Nasional Wakatobi

Gofress bertemakan Wakatobi
Penyu di perairan Wakatobi via Instagram onenk_han

Pecinta keindahan bawah laut sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Taman Nasional Wakatobi. Tempat yang ada di Sulawesi Tenggara ini disebut-sebut memiliki salah satu surga bawah air terbaik di dunia. Salah satu daya tarik utama Wakatobi adalah keanekaragaman spesial koral yang luar biasa. Menurut penelitian, lokasi ini memiliki 750 dari total 850 jenis koral yang ada di seluruh dunia. Tak heran jika lokasi ini sering dijadikan sebagai jujukan para penggemar aktivitas menyelam maupun snorkeling.

Gofress bertemakan Wakatobi via Instagram
Gofress bertemakan Wakatobi via Instagram magentamediatama

Selain itu, Wakatobi juga menyuguhkan pemandangan hamparan terumbu karang yang indah, dipadu dengan lebih dari 90 spesies ikan yang berenang-renang dengan cantik di habitat aslinya. Bahkan jika beruntung, pengunjung juga bisa bertemu langsung dengan kawanan Paus Sperma.

Itulah tadi daftar enam tempat wisata yang masuk dalam kemasan khusus permen Gofress, sebagai bentuk kerja sama dengan Wonderful Indonesia. Bagaimana, ada yang sudah terinsipirasi untuk mengunjungi salah satunya di liburan kali ini?

Tags
Belitung Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur Nusa Tenggara Timur Sulawesi tenggara Wisata
Share