Burger Unik yang Bikin Penasaran, Sudah Coba yang Mana?

Bisnis kuliner di Indonesia sedang marak-maraknya. Tak hanya masakan tradisional, jajanan dari luar negeri juga laris manis di tanah air. Salah satunya adalah hamburger, atau lebih dikenal dengan nama burger, yaitu roti bundar yang diiris menjadi dua, dan diselipkan sayuran dan daging di bagian tengahnya. Seiring berjalannya waktu, kini banyak burger unik di Indonesia yang menggoda dan bikin penasaran. Seperti apa ya bentuknya?

1. Burger Hitam

Burger Hitam di Sisterfields, Bali
Burger Hitam di Sisterfields, Bali via Instagram/@wittleliza

Kuliner serba hitam sempat hits. Selain bakso hitam yang ada di Malang, ternyata ada juga burger hitam. Ada beberapa pilihan bahan yang digunakan untuk membuat roti hitam sebagai patty burgernya. Di antaranya ada yang menggunakan arang untuk makanan, beberapa memilih memakai tinta cumi-cumi, dan ada juga yang lebih mantap memakai kopi sebagai bahannya. Jika penasaran bagaimana rasanya burger hitam ini, kamu bisa datang ke kafe Sisterfields Bali yang menggunakan arang. Pilihan lainnya adalah burger hitam suguhan Tony Roma’s di Jakarta.

Burger Hitam di Tony Romas Jakarta
Burger Hitam di Tony Romas Jakarta via Instagram/@md206

2. Burger Jumbo

Burger Jumbo di Sonoma Resto
Burger Jumbo di Sonoma Resto via Instagram/@bandungfoodsociety

Salah satu burger unik di Indonesia lainnya adalah menu dari Sonoma Resto. Tempat makan sekaligus nongkrong yang berlokasi di Jalan Bengawan No. 33, Cihapit, Bandung Wetan ini menyajikan burger jumbo yang bikin ngiler. Roti lapis berwarna hitam persembahan Sonoma Resto ini sangat besar dan tak mungkin kuat dihabiskan sendiri. Warna hitam dari arang ini berisi daging sapi, ayam, ikan, dan sayuran. Satu porsi burger jumbo yang dibanderol dengan harga kisaran Rp150 ribu ini bisa dikeroyok hingga enam orang dewasa. Jangan lupa juga mencicipi menu jumbo lainnya yang ditawarkan oleh Sonoma Resto.

Burger Jumbo di Sonoma Resto, Bandung
Burger Jumbo di Sonoma Resto, Bandung via Instagram/@nila_tan

3. Burger Nasi

Burger Nasi Indonesia, Pontianak
Burger Nasi Indonesia, Pontianak via Instagram/@tyeenlittle_2kha

Sudah bukan rahasia, banyak masyarakat Indonesia yang merasa belum kenyang jika tak makan nasi. Meski roti dalam burger cukup besar, belum lagi isian yang melimpah, masih ada saja yang merasa tak kenyang. Karena pertimbangan ini lah kini ditemukan burger yang mengganti roti dengan nasi. Mantap dan kenyang! Kamu bisa mencicipi bagaimana rasa dari burger nasi ini di Burger Nasi Indonesia yang ada di Pontianak. Lauknya pun beragam, dari rendang hingga opor ayam. Wah, ini cara baru makan nasi. Pilihan lainnya adalah Burger Nasi Pas yang ada di Palembang. Siapa yang sudah pernah coba?

Burger Nasi Pas di Palembang
Burger Nasi Pas di Palembang via Instagram/@burgernasipas

4. Mie Burger

Mie Burger di Mix Diner & Florist Mampang
Mie Burger di Mix Diner & Florist Mampang via Instagram/@mixdiner

Siapa yang tak doyan dengan Indomie? Kelezatan mie instan asli Indonesia ini bahkan sudah diakui di mata dunia. Bahkan ada banyak variasi kuliner Indomie kekinian yang menarik untuk dicoba satu persatu. Selain digunakan untuk isian risoles, ada juga yang membuat burger indomie. Mix Diner & Florist Mampang menyuguhkan burger dengan mie sebagai pengganti roti. Kebalikannya, Drop Off Kitchen & Bar di Jakarta menyediakan menu menarik, yaitu burger dengan mie sebagai lapisan isi dengan lelehan mayonaise yang menggoda. Jadi penasaran ya bagaimana rasanya?

Burger Mie
Burger Mie via Instagram/@indonesiafoodjourney

Pecinta kuliner rasanya perlu nih mencicipi satu per satu burger unik di Indonesia. Coba buktikan sendiri, lebih enak variasi baru atau burger biasa. Bagaimana, kamu sudah pernah coba yang mana?

Tags
burger unik Indonesia kuliner
Share