Bukit Sylvia, Savana Eksotis di Labuan Bajo

Keindahan Labuan Bajo memang sudah tak perlu diragukan. Kawasan di Nusa Tenggara Timur ini tak hanya miliki beberapa pulau keren, namun juga sederet perbukitan dengan pemandangan ciamik. Salah satu yang wajib Teman Traveler sambangi, setidaknya sekali seumur hidup, adalah Bukit Sylvia.

Perjalanan Menuju Bukit

2019_08_20_09_Yr1.jpg
Bukit dikelilingi lautan (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Bukit Sylvia berada tak jauh dari pelabuhan Labuan Bajo, hanya sekitar 4,6 Km atau sekitar 11 menit berkendara. Namun jika Teman Traveler enggan menyewa kendaraan, bisa manfaatkan jasa ojek konvensional.

Uniknya ojek di sini tidak hanya mangkal, namun ada juga yang berkeliling. Teman Traveler cukup tunggu di pinggir jalan dan amati pengendara motor lalu lalang. Tak lama berselang, pasti ada yang menawarkan jasa antar.

Tarifnya bisa dibilang cukup murah, sekitar Rp5.000 hingga Rp 20.000, bergantung kesepakatan awal. Namun karena lokasi Bukit Sylvia cukup sulit, Teman Traveler mungkin akan sedikit sulit menemukan kendaraan untuk pulang.

Akses Jalan Bagus

2019_08_20_09_ZI3.jpg
Berpose di atas bukit (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Jalanan menuju destinasi ini cukup berliku. Untungnya, semua bisa diakses dengan mudah. Aspalnya begitu rapi, sama sekali tak ada yang rusak atau berlubang. Tidak akan ada persimpangan, sehingga Teman Traveler cukup ikuti jalur saja. Sayangnya penerangan di sekitar sini cukup minim.

Minim Petunjuk

Meski aksesnya sudah cukup bagus, petunjuk menuju lokasi ini cukup minim. Teman Traveler harus benar-benar jeli memperhatikan tiap sudut jalan. Bila memilih ikut panduan Google Maps, kalian bakal harus berjalan sedikit lebih jauh. Pasalnya titik di aplikasi tersebut akan mengarahkan kalian pada puncak utama, bukan pintu masuk.

Lokasi Parkir

2019_08_20_09_LG2.jpg
Bermain dengan boneka kesayangan (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Teman Traveler akan menemukan lapangan lumayan luas di dekat pintu masuk. Kawasan ini berfungsi sebagai lahan parkir yang sanggup menampung 5-8 mobil. Kalian yang membawa kendaraan pribadi tak perlu bingung lagi mencari tempat parkir.

Spot Sunrise dan Sunset

2019_08_20_10_8wD.jpg
Suguhan sunrise (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Jika ingin mencari tempat terbaik untuk melihat sunrise dan sunset sekaligus, Bukit Sylvia adalah pilihan terbaik. Berada di dataran cukup tinggi dan tidak terhalang bangunan apapun, Teman Traveler bisa nikmati semua pemandangan secara maksimal. Cantiknya panorama mentari terbit maupun tenggelam bisa dilihat tanpa halangan berarti.

Bukit Savana Luas

2019_08_20_09_qHl.jpg
Sunset yang tak kalah indah (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Panorama alam yang ditawarkan Bukit Syliva benar-benar cantik, tidak kalah keren dibandingkan Pulau Padar atau Komodo. Teman Traveler akan dimanja hamparan perbukitan luas, berdampingan dengan lautan. Benar-benar eksotis dan tiada duanya.

2019_08_20_09_xyt.jpg
Jajaran perbukitan dan laut berdampingan (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Pemandangan perbukitan memanjang jauh dan rerumputan di atas permukaan bukit suguhkan keindahan yang tiada duanya. Semburan cahaya mentari pagi membuat semuanya nampak makin epik. Sungguh luar biasa.

Itulah sekilas ulasan mengenai Bukit Sylvia, sebuah keindahan mempesona di Labuan Bajo. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke sini saat liburan ke Nusa Tenggara Timur?

Tags
kontributor Nusa Tenggara Timur Travelingyuk wisata nusa tenggara timur
Share