Bukit Rhema, Saingan Punthuk Setumbu di Magelang

Liburan akhir pekan panjang selalu serasi bila disandingkan dengan objek wisata Jogja dan sekitarnya. Ramai sudah pasti, Malioboro bahkan penuh dengan pelancong siang dan malam. Jika kamu tidak terlalu suka dengan kedaan itu, coba melipir ke tempat wisata Magelang.

Selain memiliki Punthuk Setumbu kini juga ada Bukit Rhema, tempat keren untuk melihat matahari terbit yang menawan. Destinasi ini dalam beberapa waktu ke depan bakal menjadi pesaing berat spot sunrise berlatar belakang candi Borobudur, bahkan disejajarkan dengan bukit Sikunir di Dieng, lho.

Bukit Rhema di Magelang [image source]
Punthuk Setumbu, tadinya hanya berupa bukit biasa yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar. Namun nasib bukit ini berubah total setelah traveler mengunggah keindahan golden sunrise yang ditangkap dari atas bukit tersebut, apalagi ada latar belakang Candi Borobudur. Tidak butuh waktu lama untuk menarik perhatian traveler lain, bagaikan semut yang mencium aroma gula mereka berbondong-bondong mendatangi bukit ini.

Gereja Ayam di Magelang [image source]
Setelah beberapa waktu nama Punthuk Setumbu berjaya, nampaknya kini ada pesaing yang siap menggoyang eksistensinya. Adalah Bukit Rhema, kawasan perbukitan yang berada tidak jauh dari Punthuk Setumbu dan masih sama-sama berada di kawasan Pegunungan Menoreh. Nama bukit ini mungkin masih asing di telinga traveler, akan tetapi sebenarnya bukan spot baru, sebab di sana ada satu bangunan yang namanya sudah lebih dulu tenar yaitu Gereja Ayam.

Pemandangan dari puncak Gereja Ayam [image source]
Yap, selama ini orang hanya tahu mengenai Gereja Ayam tanpa mengerti apa nama tempatnya. Namanya adalah Bukit Rhema, secara administratif berada di wilayah dusun Gombong, desa Kembanglimus, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Letaknya hanya berjarak 2,5 kilometer dari candi Buddha terbesar di dunia yaitu Candi Borobudur.

Bukit Rhema di Magelang [image source]
Secara geografis, letak Bukit Rhema memang lebih rendah dibandingkan Punthuk Setumbu, tapi bukan berarti view dari bukit ini kalah bagus. Cobalah untuk naik ke puncak crown dari Gereja Ayam, traveler akan melihat indahnya alam sekitar candi Borobudur yang dikelilingi oleh gunung Sumbing, Tidar, Merbabu, Suroloyo dan Merapi. Dari atas crown ini pula akan terlihat jelas golden sunrise jika kamu datang pagi buta.

Bukit Rhema di Magelang [image source]
Bukit Rhema bisa dijangkau dari Punthuk Setumbu dengan trekking selama 15 menit. Puncak crown Gereja Ayam terlihat dengan jelas dari Punthuk Setumbu. Siapkan bekal terutama air putih sebab trek yang dilalui cukup menantang dengan tanjakan dan turunan tajam nan terjal yang akan menguras tenaga.

Itulah sekilas tentang Bukit Rhema, andalan Magelang untuk memanjakan para petualang. Lepaskan segala beban, dan nikmati indahnya alam sambil menghirup kesejukan. Yuk liburan kali ini datang ke sini!

Tags
Borobudur Bukit Rhema Punthuk Setumbu Wonderful Indonesia
Share