Bukit Matang Keladan, Inilah Raja Ampat-nya Kalimantan Selatan

Selain dikenal sebagai penghasil batu mulia, Kalimantan Selatan juga punya potensi wisata yang tak kalah indahnya dibanding daerah lain di
Indonesia. Salah satu yang tengah hits adalah Bukit Matang Keladan. Saking cantiknya, banyak yang menjuluki tempat ini sebagai Raja Ampat-nya Kalimantan Selantan.

Berada Tak Jauh dari Banjarmasin

img20181124094109_01_I7K.jpeg
Salah satu spot selfie (c) Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Bukit Matang Keladan adalah wisata perbukitan yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Lokasinya tak jauh dari Banjarmasin, tepatnya di Aranio, Banjar. Kawasan ini bisa Teman Traveler capai dalam waktu sekitar dua jam dari pusat Kota. Lantaran sangat strategis, banyak wisatawan kerap tak melewatkan kesempatan mengunjungi lokasi ini.

Pemandangan indah yang ditawarkan Bukit Matang Keladan benar-benar tak kalah dibanding destinasi wisata instagenic terkenal lain. Tak heran jika pengunjungnya selalu ramai setiap hari. Warga sekitar lantas memanfaatkannya untuk membuka usaha warung makan dan berjualan suvenir. Ada juga yang menawarkan jasa ojek.

Tiket Masuknya Lumayan Murah

1565132495628_Wt4.jpg
Rumah bambu (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Begitu sampai tujuan, Teman Traveler akan melihat lahan khusus untuk memarkir kendaraan. Pemilik sepeda motor dikenakan tarif Rp5.000, sementara mobil Rp15.000. Setelah itu tidak perlu membayar tiket masuk lagi. Kalian sudah bebas menikmati keindahan yang ada di sekitar wisata Banjarmasin ini.

Mendaki Bisa, Naik Ojek pun Oke

1565132502779_KCS.jpg
Banyak spot foto Instagramable (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sebelum mencapai puncak bukit, Teman Traveler harus melakukan pendakian dulu selama kurang lebih satu jam. Jangan khawatir, akan ada pemandu yang menemani. Semuanya serba aman kok, hanya saja mungkin kalian perlu mempersiapkan stamina dulu sebelum menuju sini.

Namun jika tak ingin repot, Teman Traveler bisa menumpang ojek dengan tarif sekitar Rp20.000. Jarak yang ditempuh memang tidak jauh, hanya sekitar 500 meter dari parkiran. Namun demikian, medan yang bakal dilalui cukup ekstrem karena kemiringannya bisa mencapai 60 derajat.

Pemandangan Cantik dari Atas Bukit

1565132497568_Hz0.jpg
Menikmati keindahan Waduk Riam Kanan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sesampainya di puncak bukit, Teman Traveler bakal dibuat takjub dengan keindahan alam yang terlihat begitu mirip dengan Raja Ampat. Sejauh mata memandang, tampak bukit dan pulau-pulau kecil di sekitaran Bendungan Riam Kanan. Benar-benar memesona.

Buat Teman Traveler yang tak sabar ingin segera berfoto, tenang saja. Pengelola sudah menyediakan beberapa spot khusus yang didesain menarik dan unik. Silahkan berpose sepuasnya di sini, hasilnya dijamin bakal mengesankan.

Fasilitas Lengkap

1565132494034_i4w.jpg
Spot perahu yang hits (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu khawatir kelaparan selama berwisata di Bukit Matang Keladan. Di sekitar sini terdapat banyak warung yang sediakan makanan dan minuman. Semuanya dikelola oleh warga sekitar. Selain itu, pengelola sudah menghadirkan sarana pendukung lain seperti mushola, toilet, dan WC umum.

Tak perlu takut panas jika berkunjung di siang hari. Pengelola tempat wisata Kalimantan Selatan ini sudah membangun sejumlah tempat duduk dan gazebo untuk bersantai. Teman Traveler bisa tetap menikmati indahnya pemandangan sekitar tanpa takut terbakar teriknya sinar mentari.

Itulah pengalaman saya jalan-jalan di Bukit Matang Keladan. Bagaimana Teman Traveler, apakah kalian tertarik mampir ke Raja Ampat-nya Kalimantan Selatan ini?

Tags
banjarmasin bukit matang keladan kontributor Travelingyuk wisata banjarmasin
Share