Bukit Klangon, Sensasi Baru Menikmati Keindahan Gunung Merapi yang Memesona

Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) memang selalu mendapat tempat di hati. Setiap sudutnya menawarkan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi lagi dan lagi. Di wilayah utara Jogja, kini makin banyak spot yang mencuri perhatian dengan panorama cantik. Salah satunya Bukit Klangon yang terletak di lereng Gunung Merapi. Apa keunikan yang wajib Teman Traveler ketahui? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Yanne Inggriani.

Bukit Klangon mengusung Gardu Pandang

Gardu Pandang. // Foto Milik Pribadi
Gardu Pandang (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Wisata ini memiliki konsep utama yaitu gardu pandang. Dengan naik ke gardu pandang ini, Teman Traveler dapat menikmati gagah dan besarnya ciptaan Tuhan, yaitu Puncak Gunung Merapi. Pesonanya terlihat sempurna dengan paduan langit berwarna biru serta pepohonan hijau di sekitar Bukit Klangon.

Bukit Klangon. // Foto Milik Pribadi
Bukit Klangon (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Punya Nilai Sejarah Perjuangan Rakyat

Bukit Klangon. // Foto Milik Pribadi
Salah satu sudut dari Bukit Klangon (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Keunikan tempat ini berasal dari dua hal, yaitu pesona Merapi dan bendera merah-putih kebanggaan kita. Konon, Bukit Klangon sempat menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia menghadapi penjajah. Saat ini, setiap menjelang hari kemerdekaan, Bendera merah putih tak pernah terlewatkan untuk dikibarkan. Pengibaran bendera tersebut bermaksud mengenang pertempuran hebat yang telah terjadi antara rakyat Indonesia melawan Belanda.

Bukit Klangon. // Foto Milik Pribadi
Panorama indah Pucuk Gunung Merapi(c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Pesona Alam yang Menakjubkan di Pagi Hari

Gunung Merapi. // Foto Milik Pribadi
Spot Foto Menghadap Gunung Merapi(c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Waktu yang tepat untuk datang ke destinasi wisata di Sleman ini adalah pagi hari. Jika memungkinkan datanglah ketika petang agar tak ketinggalan pemandangan menakjubkan di atas bukit. Apalagi kalau bukan udara segar, kabut turun, matahari terbit, dan pemandangan istimewa lainnya. Makin nikmati dengan menikmati teh atau kopi serta menyantap seporsi mie rebus di warung sekitar. Pastinya, tempat ini bakal membuat Teman Traveler memiliki pengalaman tak terlupakan.

Nasi Goreng Warung Klangon. // Foto Milik Pribadi
Nasi Goreng Warung Klangon(c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Area Camping dengan Pemandangan Gunung Merapi

Tempat Camping Bukit Klangon (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk
Tempat Camping di Klangon (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Seharian rasanya masih kurang? Bermalam di Bukit Klangon layak Teman Traveler coba. Tempat wisata ini sudah menyediakan area cukup luas untuk para wisatawan yang ingin ber-camping ria di sini. Pecinta alam pasti tak akan berpikir dua kali untuk memutuskan bermalam di lereng Gunung Merapi yang cantik nan eksotis ini.

Gunung Merapi. // Foto Milik Pribadi
Pemandangan Gunung Merapi (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Rute Menuju Lokasi Wisata

Tempat wisata ini berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, atau sekitar 30-40 menit dari pusat kota. Ambil arah ke Jalan Kaliurang lurus ke arah utara sampai bertemu pertigaan. Kemudian, arahkan ke kanan dan lurus ke timur arah Merapi Golf atau The Lost World Castle. Sampai di pertigaan belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Klangon. Wisata Jogja ini berada sekitar 2 km dari The Lost World Castle. Sangat disarankan menggunakan kendaraan motor, karena bisa dibilang jalan hanya muat 1 badan mobil dan menanjak.

Host Jejak Si Gundul. // Foto Milik Pribadi
Host Jejak Si Gundul (c)Yanne Inggriani/Travelingyuk

Tempat tertinggi di lereng Merapi yang indah begini mau dilewatkan begitu saja? Yuk, segera agendakan liburan ke Jogja dan mampir ke Bukit Klangon. Selamat berlibut Teman Traveler

Tags
Indonesia Jogja Sleman Travelingyuk Wisata Sleman Yogyakarta
Share