Bukit Kaba, Spot Mendaki di Bengkulu dengan Kawah Biru yang Eksotis

Bengkulu memiliki paket liburan lengkap. Ada pantai, air terjun, benteng, bahkan gunung eksotis yang bisa dijadikan spot mendaki. Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah Bukit Kaba yang juga dikenal dengan nama Gunung Kaba. Bukit ini makin indah dengan kawah biru yang biasa jadi tempat foto favorit para pendaki. Penasaran seperti apa pesona tempat wisata di Bengkulu ini? Simak ulasannya berikut yuk!

Spot Mendaki yang Cocok untuk Pemula

Kaba, Spot Mendaki yang Cocok untuk Pemula
Kaba, Spot Mendaki yang Cocok untuk Pemula via instagram/@tyassullivan

Jika di Jawa Tengah ada Gunung Prau, Bengkulu punya Bukit Kaba sebagai tempat mendaki paling cocok untuk pemula. Terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Kaba memiliki ketinggian 1937 mdpl. Titik puncaknya yang tak sampai 2000 mdpl ini cukup mudah dijangkau. Terdapat dua jalur pendakian yang bisa dipilih. Untuk jalur pertama berupa jalanan tanah, sedangkan yang kedua berupa jalan aspal dalam kondisi rusak.

Unik dengan Kawah Berwarna Hijau Tosca

Kawah Berwarna Hijau Tosca
Kawah Berwarna Hijau Tosca via instagram/@super_fun2

Seperti gunung pada umumnya, trekking menuju puncak Kaba memang cukup melelahkan. Namun, panorama yang disajikan mengobati kelelahan selama perjalanan. Teman Traveler akan dimanjakan dengan kebun milik warga hingga rimbunnya hutan khas Indonesia. Tak hanya itu, ada juga aliran sungai kecil yang jernih dan menyegarkan. Selain pepohonan yang menjulang tinggi selama perjalanan, eksotisnya kawah di puncak gunung siap memanjakan mata.

Kaba sendiri merupakan gunung aktif yang memiliki delapan kawah gunung berapi. Namun, lima di antaranya tertutup oleh vegetasi hijau. Nah, untuk Teman Traveler yang berniat naik puncak gunung ini, pastikan berfoto dengan kawah yang berwarna hijau. Pemandangan makin sempurna ketika matahari terbenam. Semburat warna jingga di ufuk barat membuat keindahan Bukit Kaba makin sempurna.

Diselimuti Mitos yang Menyeramkan

Ada Mitos Menyeramkan di Kaba
Ada Mitos Menyeramkan di Kaba via instagram/@mandrijr

Selain terkenal sebagai tempat mendaki, kawasan yang menjadi area untuk melindungi Bunga Rafflesia Arnolodi ini memiliki mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Konon, kawasan ini tempat paling angker di Bengkulu. Kabarnya, beberapa makhluk tak kasad mata mendiami bukit tersebut. Ada Malim Bagus dan Elang Berantai yang bertahta di puncak bukit. Sedangkan di kaki bukit ada Putri Saudari Kandang.

Tips Mendaki Bukit Kaba

Spot Foto yang Kece Abis
Spot Foto yang Kece Abis via instagram/@leidyayulinda

Pun cukup mudah dijangkau, termasuk pendaki pemula, tetap saja harus menyiapkan banyak hal ketika mendaki ke puncak Kaba. Jika menggunakan jalur pertama, pasti Teman Traveler memakai baju yang nyaman untuk mendaki. Juga sepatu yang nyaman dan aman selama perjalanan. Begitu pula dengan menjajal jalur kedua. Cek kondisi kendaraan mengingat kondisi jalan yang rusak. Belum lagi, jalur aspal yang tak sampai ke puncak.

Itulah ulasan tentang Bukit Kaba, gunung di Bengkulu yang menjadi spot sempurna untuk mendaki saat libur telah tiba. Bagaimana dengan Teman Traveler, makin penasaran dengan keindahan kawah serta pemandangan di sekitarnya kan? Yuk agendakan.

Tags
Bengkulu Indonesia Rejang Lebong wisata bengkulu
Share