Pemandangan Luar Biasa dari Bukit-bukit di Lombok, Bikin Pengin Liburan!

Bukit-bukit di Lombok terkenal menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Teman Traveler bisa menyaksikan pantai, gunung hingga hamparan sawah yang cantik jika dilihat dari ketinggian.

Dengan engunjungi deretan wisata Lombok tersebut, kegiatan menyenangkan selama berlibur pun semakin beragam. Ingin tahu bukit mana saja di Lombok yang harus Teman Traveler datangi? Ini dia pilihannya!

1. Bukit Merese

Bukit Merese di Lombok via Instagram/luluescapes

Bukit Merese berada di kawasan wisata Mandalika yaitu di Pantai Tanjung Aan. Saat berada di sini hamparan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih bisa Teman Traveler nikmati tanpa penghalang. Belum lagi terumbu karang dan sunset, yang entah bagaimana, terlihat sebagai perpaduan sempurna.

2. Bukit Pegat Nyawe

Bukit Pegat Nyawe via Instagram/nengmaya17

Bukit Pegat Nyawe berada di Desa Pemongkong, Jerowaru, Lombok Timur. Dari atas tebing yang ditumbuhi rumput, Teman Traveler dapat menyaksikan hamparan laut dan deburan ombak yang memukau. Berkunjung ke sini atau dengan teman, sensasinya sama-sama menyenangkan!

3. Bukit Malimbu

Sunset dari Bukit Malimbu via Instagram/fayel.as

Malimbu adalah satu di antara bukit-bukit di Lombok yang menyuguhkan cantiknya matahari tenggelam. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Senggigi.

Sunset di Bukit Malimbu yang Penuh Sihir via Instagram/temanjalantrip

Secara administratif, bukit ini berada di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang. Teman Traveler bisa memilih untuk datang ke Bukit Malimbu 1 atau 2. Keduanya sama-sama menampilkan panorama luar biasa.

Dari atas bukit, hamparan panorama Pantai Senggigi, laut berwarna biru serta perbukitan yang hijau jadi suguhan utama. Banyak wisatawan sengaja mengabadikan momen saat berada di sini. Nggak tertarik?

4. Bukit Batu Idung

Panorama Sawah dari Bukit Batu Idung via Instagram/budisant0so

Bukit Batu Idung berada di Desa Giri Tembesi, Gerung, Lombok Barat. Dinamakan demikian karena dilihat dari kejauhan bentuk bukit ini tampak seperti hidung manusia. Dari atas bukit, Teman Traveler dapat melihat panorama Lombok dengan jelas.

Tempat yang Cocok untuk Menenangkan Diri via Instagram/eduwardo_04

Saat mengarahkan pandangan ke bagian selatan, kesibukan di Pelabuhan Lembar samar-samar terlihat. Sementara jika Teman Traveler melihat ke arah utara, Kota Mataram berikut senjanya jadi suguhan utama.

5. Bukit Pergasingan

Pemandangan dari Bukit Pergasingan via Instagram/aditralfath

Bukit Pergasingan biasa digunakan sebagai sarana latihan dan pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Wajar saja karena tinggi bukit ini cukup lumayan. Yaitu sekitar 1.700 mdpl. Meski memerlukan tenaga ekstra, pemandangan yang bisa dilihat dari Bukit Pergasingan luar biasa.

Pemandangan yang Menakjubkan dari Bukit Pergasingan via Instagram/gerryarfanata

Salah satunya adalah Gunung Rinjani yang terlihat kokoh dari jarak cukup dekat. Secara administratif, bukit ini berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Siapkan tenaga dan kesehatan saat akan ke sini ya! Karena jalurnya memiliki kemiringan sekitar 60-7- derajat.

6. Bukit Tunak

Bukit Tunak yang Takkalah Eksotis via Instagram/herykurniawant

Bukit Tunak berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Lokasinya berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Panorama yang dimiliki kawasan ini cantiknya bisa membius siapa saja; laut biru yang indah, bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata, tebing batu hingga sunset.

7. Bukit Anak Dara

Pemandangan dari Bukit Anak Dara via Instagram/jackbudnikaite

Mengunjungi Bukit Anak Dara berarti Teman Traveler sudah berhasil menaklukkan bukit tertinggi kedua di Sembalun. Bagaimana tidak karena ketinggian bukit ini mencapai 1.921 mdpl. Untuk sampai puncak, dibutuhkan waktu tracking setidaknya 2-3 jam.

Bisa Berkemah di Bukit Anak Dara via Instagram/jelajahlomboku_id

Walau begitu, pengunjung yang datang tidak pernah sepi. Rata-rata mereka ingin melihat keindahan sunset dari sini. Bahkan, tidak sedikit juga yang sengaja berkemah.

8. Bukit Nanggi

Panorama dari Bukit Nanggi via Instagram/ziyadyatz23

Bicara mengenai bukit-bukit di Lombok, kurang pas jika tidak mengunjungi Bukit Nanggi di Sembalun Bumbung. Pasalnya, bukit ini terkenal sebagai bukit tertinggi di kawasan Sembalun. Bukan main-main, karena ketinggiannya mencapai 2.300 mdpl, dengan kemiringan sekitar 85 derajat.

Perlu Tenaga Ekstra untuk Sampai ke Bukit Nanggi via Instagram/inyoongg

Perjalanan yang bisa menghabiskan waktu hingga 4 jam, akan terbayar lunas begitu sampai di puncak. Teman Traveler dapat menyaksikan gagahnya Rinjani di arah selatan. Pada sore hari, sunset yang tampil di sini juga luar biasa. Belum lagi kabut yang kadang-kadang turun menambah indah suasana.

Pilihan bukit-bukit di Lombok memiliki panorama-panorama yang berbeda. Walau begitu, semuanya cantik dan luar biasa. Agendakan untuk berkunjung yuk?! Pasti sudah nggak sabar, kan?

Tags
bukit-bukit di lombok Indonesia Lombok wisata lombok
Share