Bukit Barede, Nikmati Sunrise dan Candi Borobudur Dari Ketinggian

Advertisement

Magelang memang tak pernah lepas dari para traveler yang ingin menikmati nuansa alam kota ini. Suguhan berbagai wisata alam membuat kota satu ini menjafi incaran wisatawan. Salah satunya adalah wisata alam dengan oemandangan utama borobudur yaitu bukit Barede. Bukit ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak diperbukitan. Sejarahnya pernah menjadi persinggahan pasukan saat perang Jawa yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Nama Barede diambil dari singkatan Bubare Perang Gede kemudian disingkat menjadi Barede.

Bukit Barede dengan pesona sunrise yang indah di ufuk Timur. Foto via instagram @wisnudewa69

Bukit Barede menyuguhkan panorama pegunungan serta dataran rendah dengan jajaran pepohonan yang indah. Bukit ini memang masih terkenal dengan keasriannya. Pihak pengelola mengusung konsep yang hampir sama dengan tempat wisata di Punthuk Setumbu atau Punthuk Mongkrong yang menyuguhkan pemandangan alam melalui deck view. Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk menikmati pesona sunrise.

Bukit Barede terletak di Dusun Sendaren Dua, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Untuk mencapai ke lokasi ini, kamu dapat berangkat dari Candi Borobudur karena dekat dengan kawasan candi. Meskipun tempat ini berada di pelosok dan harus menempuh perjalanan ke dalam perkampungan, namun akses jalan yang ditempuh untuk menuju ke lokasi sudah cukup baik.

Pesona alam dan candi Borobudur yang terlihat dari atas bukit Berede. Foto via instagram @wis@rocker_roel

Biaya yang dikeluarkan pengunjung hanya sebesar Rp. 5.000 untuk wisata lokal sedangkan untuk wisata asing di kenakan tarif Rp. 30.000. Tarif patkir Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 4.  Dengan biaya tersebut kamu sudah dapat bersantai di puncak bukit dengan view utama candi Borobudur serta pegunungan yang berbaris disebelah timur. Memang waktu terbaik ke bukit ini adalah saat pagi hari dimana kamu dapat menikmati sunrise dengan cahaya jingga serta kekuningan yang sungguh menawan.

Atmosfer warna jingga begitu indah saat sunrise dari puncak Berede. Foto via instagram @aulia.nurrahma

Pengunjung juga tak perlu khawatir akan perut keroncongan atau lupa tak membawa bekal dari rumah. Perjalanan menuju Bukit Barede sudah banyak warung menjajakan camilan hingga nasi bungkus. Diatas bukit juga terdapat gazebo gazebo untuk peristirahatan pengunjung. Fasilitas dipuncak memang sudah banyak spot foto seperti gardu pandang untuk menikmati sunrise, hingga panggung yang berdiri didahan pohon.

Golden sunrise dilihat dari gardu pandang puncak bukit Berede. Foto via wisatamagelang.com

Nah teman traveler yang ingin berkunjung ke Bukit Barede ini buka setiap hari mulai pukul 04.00 sampai pukul 17.00 WIB. Dan bagi kamu yang ingin menikmati sunrise dapat berangkat lebih awal, karena harus menempuh perjalanan mendaki sampai ke puncak agar pemandangan alam dapat terlihat secara jelas dan proses sunrise dapat kamu nikmati secara sempurna.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia Wisata Indonesia wisata magelang wisata nusantara Wisata perbukitan
Share