Bubur Samier dari Semarang, Kuliner Pecel Kuah Berpiring Opak Besar

Advertisement

Indonesia selain terkenal memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan indah, juga memiliki beragam kuliner enak. Hampir setiap daerah memiliki makanan yang khas dan unik. Contohnya saja di Semarang yang terkenal dengan Lumpia enak yang berlokasi di Gang Lombok. Selain Lumpia, Semarang ternyata menyimpan banyak kuliner yang enak lainnya. Salah satunya adalah bubur samier yang sebenarnya sudah lama ada tapi popularitasnya kalah dengan kuliner lainnya. Padahal, rasa bubur ini tak kalah dengan makanan lainnya.

Nikmati Seporsi Bubur dengan Kuah Kacang Enak

Bubur Pecel Samier Via Instagram nyotista

Bubur samier merupakan perpaduan antara bubur hangat dengan tambahan berbagai lauk. Ada sayur mayur seperti kacang panjang, bayam, kangkung, kemudian diguyur dengan kuah bumbu kacang yang nikmat. Semuanya disajikan di atas opak besar yang jika dimakan akan terasa sensasi kriuk. Nikmat sekali jadi sarapan di pagi hari.

Terlihat begitu menggugah selera Via Instagram _latifah.latifah

Karena perpaduan antara sayuran rebus dan bumbu kacang, ada yang menyebutnya sebagai bubur pecel. Untuk lauknya sendiri bisa memilih sesuai selera, ada gorengan, cap cai, telur, mie, dan lain-lain.

Memiliki Citarasa yang Unik

Sederhana tapi memiliki rasa istimewa Via Instagram _rusti_14

Perpaduan antara opak, bubur, dan bumbu pecel yang lengkap dengan sayur mayur ini menciptakan rasa gurih yang sangat khas. Meskipun biasanya disediakan sendok plastik, namun banyak orang menikmatinya dengan mencuil sedikit demi sedikit opak yang sudah basah dengan bumbu pecel. Sensasi makan cara tradisional yang menciptakan rasa istimewa. Kelembutan bubur dan tekstur opak yang kasar jadi kombinasi yang bikin nagih.

Bubur Samier Dijual di Pasar Bandungan, Semarang

Bubur Samier Via Instagram annisa.dyah15

Meski berupa kuliner yang masih sangat tradisional, bubur samier ini tak pernah sepi peminat. Selalu saja ada pembeli yang antre saat kamu datang untuk membelinya di Pasar Bandungan Semarang, Jalan Ngasem, Jetis, Bandungan, Semarang. Lokasinya tepat berada di depan Indomaret tanjakan Pasar Bendungan.

Penjual Bubur Samier Selain di Pasar Bandungan

Buat yang nggak suka pedas Via Instagram nonik_ayoe

Nah, sementara bagi kamu yang nggak bisa bertandang ke Pasar Bandungan untuk mencicipi seporsi Bubur Pecel ini, ada beberapa tempat lainnya yang menyuguhkan kuliner serupa. Tapi, untuk ‘piringnya’ mungkin akan berbeda, ada yang memanfaatkan daun atau juga piring asli.

Lokasi pertama di warung Makan Mbok Nah yang terletak di pinggir jalan Raya Lemah Abang Km. 05, Bandungan, Kabupaten Semarang, berjarak sekitar 100 meter dari Pasar Jimbaran. Ada juga, Bubur Pecel SgPc Bu Wiryo 1957 di Malioboro, Yogjakarta. Yuk mari icip-icip seporsi Bubur Samier yang hangat dan nikmat saat bertandang ke Semarang.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner dari semarang kuliner Semarang
Share