Bubur Bakar Artamara, Si Bubur Unik Khas Cirebon

Advertisement

Keunikan kuliner Cirebon ini kini menjadi buruan para penggiat kuliner. Pasalnya bubur ini berbeda seperti bubur ayam sedia kala. Sebelum disajikan, bubur ayam ini memlalui proses pembakaran. Pastinya terdengan masih asing ditelinga para traveler. Namun jangan salah sangka, penasarannya warga membuat bubur bakar ini makin digandrungi muda mudi Cirebon.

Bubur Bakar Artamara salah satu sajian bubur diatas claypot tanah liat
Bubur Bakar Artamara salah satu sajian bubur diatas claypot tanah liat. Foto via starglamcirebon.com

Siapa sangka penikmat bubur sengaja mendatangi kota Cirebon hanya untuk menikmati bubur bakar. Namanya Bubur Bakar Artamara, kelezatannya memang sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Bubur yang disajikan diatas claypot yang terbuat dari tanah liat ini menjadi wadah bubur ketika dibakar diatas bara api. Ada yang membuat cita rasa bubur semakin nikmat ketika siraman saus oriental mongolian mulai meresap dan menghasilkan asap yang mulai menusuk hidung. Alhasil perut semakin terasa lapar dan mulut mulai tak sabar ingin menyantapnya.

Bubur Bakar Artamara Cirebon dengan suwiran ikan Cakalang menjadi menu paling laris
Bubur Bakar Artamara Cirebon dengan suwiran ikan Cakalang menjadi menu paling laris. Foto via indonesiantraveler.com

Untuk kamu yang penasaran, datanglah ke Bubur Bakar Artamara yang berlokasi di Jalan Ir. Juanda No. 38 Batembat Tengah Tani Cirebon. Jam operasional buka setiap hari dengan dua sesi pagi dan sore. Untuk pagi hari buka setiap jam 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan untuk sore hari buka mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Bubur Bakar Artamara ketika diatas bara api
Bubur Bakar Artamara ketika diatas bara api. Foto via indonesiatraveler.com

Sajian bubur bakar Artamara ini memiliki tiga pilihan rasa, seperti Bubur Bakar Cakalang Suwir, Bubur Bakar Ayam Suwir, dan Bubur Bakar Tumpang Koyor Khas Salatiga. Kelezatan bubur semakin bertambah ketika taburan toping bawang goreng, jagung, cakwe iris, kacang tersaji diatas bubur. Agar sensasi makan bubur semakin menggairahkan, tambahkan beberapa laut tambahan seperti sosis, telur setengah matang, ampela ati, telur bitan, sayap ayam ataupun gorengan.

Sajian bubur bakar ayam dengan toping ampela ati yang sungguh menggiurkan
Sajian bubur bakar ayam dengan toping ampela ati yang sungguh menggiurkan. Foto via indonesiatraveler.com

Nah, penasaran kan dengan harga bubur bakar ini? Untuk menikmati kelezatan bubur bakar, kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp. 15.000 untuk bubur bakar ayam, dan Rp. 17.000 untuk bubur bakar cakalang dan bubur bakar tumpang koyor. Ada berbagai pilihan lauk lainnya yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 4.000 hingga Rp. 10.000.

Nah, Bagaimana dengan kamu tim traveler yang sedang berlibur di Kota Cirebon. Yuk segera merapat untuk mencicipi bubur bakar sebagai menu sarapan pagi mu. Selamat menikmati kuliner Cirebon ya!

Advertisement
Tags
Kuliner Cirebon Kuliner Nusantara kuliner unik
Share