Bubur Ayam Legendaris di Papua, Rasanya Bikin Penasaran

Mengunjungi provinsi di ujung timur Indonesia, tentu aja banyak banget yang bisa di eksplor. Gunung dan pantainya sangat memukau mata. Sedangkan budaya khasnya indah terangkai masa. Gak cuma itu, berbagai rupa jenis sajian khas dari provinsi terbesar di Indonesia ini bakal bikin lidah bergoyang loh. Makin nikmat kalau makannya pakai bubur ayam legendaris ala Provinsi Papua. Yuk simak ulasannya.

Gurihnya Bubur Ayam ala Mandala

Bubur Ayam Mandala via Instagram/ bubur_mandala

Berkunjung ke kedai satu ini, menu utama yang banyak dicari tentu saja bubur ayam. Dilihat dari tampilannya saja, Bubur ayam Mandala sudah yahud sekali sebagai menu sarapan sehat ya.

Tekstur bubur ayam legendaris yang kental dan lembut tapi tidak lembek gak akan bikin Teman Traveler enek kok. Apalagi gurihnya kaldu dan bumbu khas Mandala yang meresap di buburnya. Untuk penyajiannya, toppingnya ada daging ayam yang dipotong besar-besar tapi bisa chewable. Ditambah cakwe dan bawang goreng. Trus ditaburi irisan daun bawang deh. Yum, enak banget ya pastinya. Nah disini Teman Traveler bisa pilih mau pakai tambahan kuning telur setengah matang apa tidak.

Variasi Menu yang Bikin Ngiler

bubur dan mie ayam legendaris
Mie Ayam Mandala via Instagram @bubur_mandala

Sekali cobain makan disini, pasti bakal dateng lagi. Karena Mandala gak cuma sediain bubur ayam legendaris aja loh. Ada beberapa jenis makanan lain yang gak kalah enaknya.

Mie ayam Mandala menempati posisi kedua dari bubur ayam legendaris yang disediakan kedai ini. Olahan mie yang tetap menggunakan metode tradisional keluarga, bakalan bikin Teman Traveler rindu kampung halaman deh. Topping ayam kecapnya juga aduh banget deh. Bikin ga sabar buat cobain. Soalnya rasa bumbu ayam kecapnya gak terlalu manis, tapi gurihnya seimbang kalau digabungin sama kuah mienya. Dan jangan lupa, lembutnya pangsit rebus bakal jadi lauk tambahan yang gak boleh dilewatin.

Bubur ayam Mandala via Instagram/ bubur_mandala

Menu makanan lain yang bisa Teman Traveler rasakan enaknya adalah baso kuah Mandala dan nasi ayam Mandala. Satu kata buat baso yang satu ini, totalitas banget rasa daging di baso nya. Nasi ayamnya cocok banget untuk menu makan malam yang kenyangnya awet. Terus, untuk cemilan makannya, ada pangsit goreng, pisang goreng keju, sosis dan kentang goreng yang kriuknya bikin acara makan jadi tambah semarak.

Suasana Cantik nan Minimalis

Saat memasuki kedai bubur ayam legendaris ini, suasananya jauh berbeda dengan kedai bubur yang lain. Di Mandala, Teman Traveler bakal merasakan suasana homey ala Skandinavia yang bikin males pulang. Pilihan furnitur yang gak ecek-ecek untuk kedai bubur ayam memang pantas diacungi jempol. Dimana lagi kan, nemu kedai bubur yang secantik ini?

Gak cuma 1, ada 5 cabang Mandala loh.

interior bubur mandala
Suasana Bubur Mandala via Instagram @bubur_mandala

Untuk membuktikan tenarnya bubur ayam legendaris ala Papua, Bubur Mandala memiliki cabang yang lumayan banyak loh. Ada 5 cabang yang bisa Teman Traveler kunjungi di seantero Papua. Cabang dari Mandala sendiri berlokasi di Jayapura, Waena, Sentani, Merauke dan Entrop. Untuk jam operasionalnya, Bubur ayam legendaris ini buka dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 22.00 WIT.

Tak perlu bingung lagi untuk memilih menu sarapan saat berkunjung ke Papua. Adakah Teman Traveler yang sudah mencobanya?

Tags
Bubur Indonesia kuliner Papua
Share