Empat Bubur Ayam Enak di Bogor, Kuliner Murah dan Mengenyangkan

Keindahan kota Bogor tak pernah mengecewakan wisatawan. Pegunungan hijau hingga aliran sungai menjadi pemandangan sempurna untuk menghilangkan penat. Belum lagi kuliner enaknya yang tak hanya murah tapi juga mengenyangkan. Seperti bubur ayam yang ada di beberapa warung berikut.

1. Bubur Ayam Pak Kumis

Bubur Ayam Pak Kumis, Bogor
Bubur Ayam Pak Kumis, Bogor via instagram/@visitbogor

Siapa bilang kalau bubur ayam hanya bisa disantap saat pagi hari? Di Bogor kamu bisa menemukan banyak warung bubur yang buka hingga malam. Salah satunya Bubur Ayam Pak Kumis yang terletak di Pusat Jajanan Malam Devris, lebih tepatnya Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah.

Bubur Ayam Pak Kumis
Bubur Ayam Pak Kumis via instagram/@separuhakulemak

Jajanan ini memiliki kuah bumbu kuning dengan kaldu yang gurih. Tekstur buburnya lembut, pas banget disantap dengan topping kerupuk serta ayam. Ada juga pilihan lauk pendamping seperti sate ati ampela, usus, serta telur puyuh yang tak kalah menggoda. Harga menu di warung yang sudah ada sejak tahun 90-an ini sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per porsi.

2. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita, Bogor
Bubur Ayam Kabita, Bogor via instagram/@jajanbarengdede

Warung lain yang juga terkenal legendaris adalah Bubur Ayam Kabita. Dirintis sejak tahun 1971, kedai ini berada di Jalan Raya Gunung Ratu atau Jalan Mayjen Iskak Djuarsa. Tak jauh beda dengan lainnya, bubur ayam ini terdiri dari bubur nasi, ayam goreng suwir, kacang kedelai goreng, seledri, bawang goreng, serta kerupuk. Uniknya, kuah kaldu di sini berwarna cokelat. Ditambah juga kecap asin legendaris dari Sukabumi. Tentunya, aroma dari kuliner Bogor ini nendang di lidah. Untuk harganya, sekitar Rp11.000 per porsi.

Bubur Ayam Kabita
Bubur Ayam Kabita via instagram/@miamimal

3. Bubur Ayam Tirza

Bubur Ayam Tirza, Selera Keluarga
Bubur Ayam Tirza, Selera Keluarga via instagram/@septianasilvina

Warung ini juga dikenal dengan nama Bubur Selera Keluarga. Letaknya cukup mudah ditemukan yaitu di Jalan Raya Padjajaran 19A Sukasari atau di sebelah Circle K Padjajaran. Bubur di sini memiliki keunikan berupa topping yang tidak banyak. Namun, rebusan ayam yang dipotong kecil-kecil terasa dari sendokan pertama. Belum lagi cakue dengan daun seledri. Kamu pun bisa memadukannya dengan lauk pauk seperti usus, ati ampela serta pangsit goreng di bubur pesananmu. Harga seporsinya hanya Rp11.000, lho!

Bubur Ayam Tirza
Bubur Ayam Tirza via instagram/@separuhakulemak

4. Bubur Ayam Rahmat

Bubur Ayam Rahmat, Bogor
Bubur Ayam Rahmat, Bogor via instagram/@doyankulineranbogor

Bubur ayam berikut ini berlokasi di portal belakang perumahan Villa Duta. Warungnya tak bernama, tapi pembeli menyebutnya dengan nama Bubur Ayam Rahmat, yang terinspirasi dari nama penjualnya. Kini, kedai ini sudah bertahan lebih dari 15 tahun. Tak jauh beda dengan lainnya, bubur ayam di sini dicampur dengan cakue serta ada tambahan tongcai atau sayuran khusus dari lobak yang diasinkan. Lauk pendampingnya banyak pilihan, seperti ati ampela, jantung ayam, serta telur putuh. Harganya terjangkau dan pas untuk mengisi perut yang keroncongan.

Bubur Ayam Rahmat
Bubur Ayam Rahmat via instagram/@ichards_hd

Itulah empat bubur ayam enak di Bogor yang siap memanjakan lidah. Tak hanya enak, harganya terjangkau dan juga mengenyangkan perut. Bagaimana, sudah pernah coba? Atau punya rekomendasi lain?

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat kuliner
Share