4 Fakta Buah Salju, Khas Bedugul Bali yang Dingin Bak Es Krim

Advertisement

Selama ini, salah satu cara menikmati buah-buahan adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas, agar buah menjadi lebih dingin dan segar. Namun, jika menjumpai buah salju dari Bali satu ini, kamu tidak perlu menyimpan buah tersebut ke lemari pendingin.

Karena, tekstur buah satu ini lembut, dingin, dan mirip dengan es krim. Buah unik yang akan Travelingyuk bahas kali ini adalah buah yang hanya akan kamu temukan di Bedugul, Bali. Seperti apa kira-kira buahnya ya? Yuk, kepoin!

Buah yang diberi julukan Ice Cream Bean

Di Indonesia, buah salju hanya tumbuh dan dijumpai di Bedugul, Bali, sehingga menjadi salah satu ciri khas daerah tersebut. Buah ini bisa ditemukan di beberapa daerah tropis dan masuk dalam daftar buah langka. Dalam bahasa Inggris, buah salju dikenal dengan Ice Cream Bean karena teksturnya yang menyerupai es krim.

Buah Salju Bali
Bauh Salju khas Bedugul via loperonline.com

Pohon buah salju bisa ditemukan di sekitar Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini populer di Venezuela, Kolombia, dan Peru. Pohonnya akan tumbuh hingga 1 meter, dengan kulit buah yang berwarna hijau. Saat matang, kulit akan berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

Rasa buah salju yang dingin dan unik

Buah ini sempat viral beberapa waktu lalu di TikTok. Apabila sudah matang, daging buah akan berwarna putih dan mirip seperti kapas. Aromanya tidak begitu kuat, dengan tekstur kurang lebih seperti cotton candy, lembut dan cepat meleleh. Beberapa reviewers mengatakan bahwa buah ini punya rasa yang enak dan mirip dengan es krim.

Buah khas Bedugul
Buah yang punya rasa unik via indonzone.news

Saat dimakan pun, kamu akan merasakan sensasi dingin di dalam mulut. Buah ini juga mempunyai biji yang berwarna hitam dengan ukuran yang cukup besar. Kulit buah ini berwarna kuning kecokelatan, memiliki bulu halus namun tidak menyebabkan gatal.

Manfaat memakan buah salju

Tak hanya bentuk dan rasanya saja yang unik, buah salju juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Melansir Fitness vs Weightloss, buah salju mempunyai banyak kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh.

Buah khas Bedugul
Punya banyak manfaat untuk kesehatan via detik.com

Selain itu, buah ini juga mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan yang bisa menjaga imun tubuh. Terdapat pula kandungan lain seperti gallic acid, flavonol quercetin, dan epicatechin yang bisa menghindari risiko terkena kanker.

Buah yang bagus dikonsumsi untuk mereka yang berdiet

Buah Salju Bali
Buah yang cocok untuk diet via Boombastis.com

Karena mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh, buah ini bagus dikonsumsi untuk mereka yang sedang berdiet. Buah salju mempunyai kalori rendah, yakni 60 kalori dalam 100 gramnya. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai camilan sehat. Selain itu, konsumsi buah salju juga bisa mengobati sakit kepala.

Nah, jika kamu sedang mengunjungi Bedugul, Bali, buah satu ini bisa menjadi camilan wajib. Buah salju juga dijual dengan harga terjangkau di kantong, kisaran Rp30.000 hingga Rp50.000 per kilogramnya. Tertarik untuk mencoba?

Advertisement
Tags
Buah Khas Bali Buah Salju Buah Salju khas Bedugul Ice Cream Bean kuliner khas Indonesia
Share