Serupa Tapi Tak Sama, Ini Buah Asli Kalimantan yang Mirip Durian

Indonesia dikarunia alam yang luar biasa indah. Kecantikan tanah air kita ini menarik banyak wisatawan untuk dan berkunjung dan menyaksikan sendiri keindahan dari Indonesia. Tak hanya sedap dipandang, kekayaan alam seperti buah pun menjadi salah satu daya tarik. Banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, durian menjadi buah yang menjadi buruan banyak orang. Serupa tapi tak sama, ternyata ada buah Kalimantan mirip durian.

1. Pekawai

Pekawai 
Buah Kalimantan Mirip Durian, Pekawai via Instagram/@angela_ellyana

Duren yang kita kenal memiliki warna hijau dengan daging pucat. Kali ini ada durian mini dengan warna kulit kuning matang dan orange terang pada dagingnya. Buah ini dikenal dengan nama pekawai atau lai. Pekawai berbuah hampir bersamaan dengan durian biasa. Hanya saja buahnya lebih kecil dan tidak beraroma menyengat. Cocok nih untuk mereka yang ingin mencoba durian tapi tak suka baunya. Daging lai juga diketahui lebih kenyal.

Buah Pekawai 
Buah Pekawai via Instagram/@ogiosay

2. Lahung

Lahung
Lahung via Instagram/@dzanuar_toolkit01

Ada lagi buah Kalimantan yang mirip dengan durian, yaitu lahung. Buah ini bisanya berkulit hijau hingga merah. Dagingnya pun menggoda dengan warna merah yang terang. Bikin penasaran, ya. Durian merah yang memiliki nama latin durio graviolens ini sudah sangat sulit ditemukan, meski di habitat aslinya. Buah ini juga ada di Filipina.

Buah Lahung
Buah Lahung via Instagram/@pesonaindahborneo

3. Durian Kalih

Durian Kalih
Durian Kalih via Instagram/@sano_cy

Jenis lainnya dikenal dengan nama durian kalih. Buah asal Kalimantan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari durian biasa dengan kulit berwarna jingga yang terang. Dagingnya lebih berair dan berwarna kuning cerah yang menggiurkan. Sama seperti buah lai, aromanya tak begitu menyengat seperti durian pada umumnya.

4. Karantungan

Buah Karantungan
Buah Karantungan via Instagram/@figs.garden

Karantungan adalah jenis buah mirip durian lainnya. Perbedaannya bisa dilihat dari duri-duri pada kulitnya yang lebih besar dari duren biasa. Buahnya kecil dengan daging yang tidak banyak. Biji dari daging buah karantungan lebih besar. Kulitnya selalu hijau, tidak bisa menjadi kuning. Jika sudah matang, maka buah akan jatuh dan merekah dengan sendirinya.

Karantungan
Karantungan via Instagram/@jessy_dnr

Wah, ternyata ada banyak buah Kalimantan mirip durian yang tidak ketahui. Karena keberadaannya yang sangat jarang, jangan lupa untuk mencicipi deretan buah di atas saat berkunjung ke Kalimantan, ya?

Tags
buah mirip durian Indonesia kalimantan kuliner
Share