Jelajah Sungai Sekonyer Kalimantan, Nikmati Makan di Atas Perahu

Pernah nonton film Anaconda yang menjadikan belantara Kalimantan sebagai lokasi syutingnya? Jika kamu ingin sedikit merasakan sensasi yang ada di film itu, cobalah untuk menjelajahi Sungai Sekonyer. Wisata yang ada di Kalimantan Tengah tersebut menawarkan keseruan melewati hutan. Seperti apa daya tariknya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Menelusuri Sungai Sekonyer dengan Klotok

Sungai Sekonyer di Tanjung Puting
Sungai Sekonyer di Tanjung Puting Via Instagram/@@catherinecapon

Sungai Sekonyer adalah akses yang bisa ditempuh untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting di Kota Waringin Barat. Kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Kumai dengan menaiki klotok, yaitu kapal motor yang berukuran besar dan bisa menampung beberapa orang. Di dalamnya sudah ada berbagai macam fasilitas. Bahkan cukup nyaman dijadikan tempat bermalam.

Sungai Sekonyer
Sungai Sekonyer Via Instagram/@santofi

2. Menikmati Alam Liar

Menikmati alam liar di sekitar Sungai Sekonyer
Menikmati alam liar via Instagram/@shaktii

Kapal klotok akan membawamu menelusuri sungai dalam beberapa hari. Biasanya antara dua hingga tiga hari. Saat malam, kapten bisa menyandarkan kapal di tempat yang aman. Ini adalah kesempatan untuk menikmati malam di alam liar. Tak perlu takut akan ancaman binatang buas, awak kapal sudah dilengkapi dengan pengetahuan agar terhindar dari bahaya.

Menikmati alam liar
Menikmati alam liar via Instagram/@kizesya

3. Menyantap Hidangan di Atas Kapal

Menyantap hidangan di atas kapal
Menyantap hidangan di atas kapal Via Instagram/@@pesonaid_travel

Semakin asyik lagi jika kamu bisa menikmati alam sambil menyantap hidangan lezat. Kamu bisa memilih kapal-kapal yang menyediakan menu makan lezat dengan tempat nyaman. Apalagi jika di depanmu ada orang tersayang. Hari-hari di atas kapal akan jadi kenangan tak terlupakan.

Santai di atas kapal
Santai di atas kapal Via Instagram/@ayinniz

4. Mampir ke Habitat Orang Utan

Habitat orang utan
Habitat orang utan via Instagram/@thetravellingstomach

Menelusuri sungai memang keren, tapi daya tarik utama dari aktivitas ini adalah mampir ke habitat orang utan. Melihat secara langsung bagaimana kehidupannya di hutan akan membuatmu memiliki pengalaman tak terlupakan. Tatap saja matanya dan terka apa sebenarnya yang dia pikirkan. Memikirkan makanan kah atau mencemaskan tempat tinggalnya. Selain orang utan, ada juga monyet dan bekantan lho.

Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting
Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting Via Instagram/@mbak_yu

Seru sekali bukan, menjelajahi Sungai Sekonyer dengan naik kapal. Kamu bisa makan dan menikmati kebersamaan. Pagi hari yang nampak dari atas kapal, adalah keindahan langka yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Buktikan sendiri ya!

Tags
Indonesia Kalimantan Tengah Kotawaringin Barat Sungai Sekonyer
Share