Bribean Bandung, Yuk Cicipi Enaknya Donat Ketemu Kopi

Jalan-jalan di Bandung, Teman Traveler akan temukan ratusan coffee shop yang tersebar di tiap sisi jalan. Masing-masing mengusung inovasi sendiri demi menarik minat pelanggan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Bribean.

Belum lama ini saya menyempatkan datang ke kedai Brieban di Jalan Bengawan no. 65a. Saya penasaran mencicipi bagaimana nikmatnya sajian donat mereka, yang konon sangat pas ketika dipadukan dengan sajian racikan kopi lokal dari Gunung Puntang.

Berawal dari Usaha Orang Tua

ambience_pengunjung_gJX.jpg
Pelanggannya mayoritas anak muda (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk
bar_Y11.jpg
Coffee bar (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kala berkunjung, saya berkesempatan bertemu langsung dengan pemiliknya. Kami pun sempat ngobrol santai seputar coffee shop yang baru buka sekitar Juli 2019 ini.

Kang Jum, begitu sang pemilik kerap disapa, mengisahkan bahwa kafe ini berdiri atas niatnya meneruskan pabrik donat kampung milik kedua orang tuanya.

ambience_dalam_bribean_moh.jpg
Suasana di dalam kafe (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

“Awalnya dari tahun 2008, orang tua udah mulai usaha memproduksi dan mensuplai donat. Pabriknya ada di daerah Gunung Batum,” tuturnya.

Donat Produksi Sendiri

donat_fresh_red_velvet_bs6.jpg
Proses produksi donat (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ini dia yang keren, semua varian donat di sini diproduksi langsung di lantai dua. Tempat yang bisa dibilang pabrik mini ini memproduksi ratusan donat dengan aneka topping dan isian. Semua proses produksi dilakukan dengan cermat dan mengutamakan rasa serta kebersihan.

Saya sendiri sempat menyaksikan langsung proses pembuatan donat Red Velvet dengan lumuran glaze alpukat. Terlihat benar-benar menggiurkan, jadi makan tak sabar untuk mencoba.

Nikmat Luar Biasa

ice_cream_donut_iXR.jpg
Nikmat dengan es krim di bagian tengah (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Setelah mengintip proses produksinya, saya langsung penasaran ingin mencicipi langsung. Menu pertama yang saya pesan adalah Ice Cream Donut. Panganan ini hadir berupa dua biji donat Red Velvet yang dibentuk seperti sandwich, dengan suguhan es krim vanilla di tengahnya.  

Kolaborasi rasa gurih manis red velvet menyatu apik dengan es krim vanilla. Makin lengkap dengan taburan kacang almond, avocado glaze, serta selai stroberi. Secara visual dan rasa, menu ini benar-benar patut diacungi jempol. Seporsinya dibanderol Rp22.000, sangat worth it!

Eskosu Signature yang Unik

ambience_bribean_RYe.jpg
Menikmati segelas Eskosu (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Bribean coba tawarkan experience baru dalam menikmati donat. Narasi utamanya adalah ‘Donat ketemu kopi’. Dua teman lama yang saling melengkapi disajikan dengan cara berbeda. Kali ini saya memilih donat Avocado Glaze dan Chocolate Glaze dengan harga masing-masing Rp7.000.

donat_ketemu_kopi_cSX.jpg
Disajikan dengan dua tumpuk donat (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sebagai pelengkap, saya memesan es kopi Eskosu Signature yang dibuat dari local beans bersama campuran arabica robusta Gunung Puntang. Segelasnya dibanderol seharga Rp23.000.

Sensasi menggigit donat, dilanjut menyeruput es kopi seolah menyatu dalam mulut. Paduan keseluruhan rasanya benar-benar bisa membangkitkan mood dan energi positif. Sangat direkomendasikan.

Tropical Donut yang Tak Boleh Dilewatkan

tropical_donut_SyU.jpg
Tropical Donut (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menu terakhir yang saya nikmati di sini adalah Seasonal Donut, sebuah menu kejutan yang berganti tiap bulan. Menyesuaikan cuaca Bandung sering panas belakangan ini, mereka sajikan Tropical Donut dari adonan Red Velvet. Sementara untuk isiannya, digunakan milky cream lembut plus topping vanilla glaze, whipped cream dan fresh fruit yang menggoda. Rasanya bisa Teman Traveler bayangkan, fruity banget deh pokoknya!

donut_without_you_just_dont_9Oq.jpg
Tagline di Bribean Bandung (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya bersantap di Bribean. Buat Teman Traveler yang mencari tempat ngopi seru bersama kekasih, keluarga, maupun sahabat, bisa langsung mampir ke sini. Jangan lupa mampir jika sedang wisata Bandung ya.

Tags
Bandung bribean bandung kontributor kuliner bandung Travelingyuk
Share