Coffee Shop di Kota Malang Kasih Ilmu Perkopian, Biar Kenal Lebih Dekat dengan Si ‘Mutiara Hitam’

Apa sih tujuan Teman Traveler kalau pergi ke coffee shop? Mungkin ada yang kerja, ngerjain tugas, maupun quality time bareng teman. Nah kalau mau mencoba pengalaman baru, coba aja datang ke coffee shop di Kota Malang yang kasih ilmu perkopian. Mulai dari sharing dengan baristanya, sampai ikutan workshop dan cupping alias icip kopi. Di mana saja?

Rumah Seduh Arlan

Kelas Interaktif di Rumah Seduh Arlan via Instagram @arlan.co
Kelas Kopi di Rumah Seduh Arlan via Instagram @arlan.co

Rumah Seduh Arlan sebenarnya berfokus pada coffee roastery alias sangrai kopi. Untungnya, Teman Traveler bisa icip kopinya tiap hari Minggu mulai pukul 15.00-23.00, di Jalan Simpang Grindulu Nomor 38A, Bunulrejo, Blimbing. Coffee shop di Kota Malang ini juga suka kasih ilmu perkopian yang menarik.

Mereka mengadakan workshop bagi penggiat kopi. Terus kalau tidak berkecimpung di dunia kopi? Masih bisa ikut, kok. Sesuaikan saja topik workshop dengan kemampuan atau persyaratan yang disediakan.

Selain itu, Teman Traveler bisa loh mengajak ngobrol sang pemilik mengenai kopi saat singgah ke sana. Mereka sangat humble dan tidak segan sharing informasi.

Hore Coffee

Sesi Sharing Tentang Aeropress dan Kopi via Instagram @kondimen.mlg
Sesi Sharing Tentang Aeropress dan Kopi via Instagram @kondimen.mlg

Hore Coffee berlokasi di Jalan Bandung Nomor 32, Penanggungan Klojen, tidak jauh dari pusat perbelanjaan MATOS. Coffee shop yang mengusung konsep aeropress bar pertama di Kota Malang ini berbagi ilmu perkopian terutama yang berhubungan dengan teknik seduh aeropress.

Salah satu kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah aeropress session, bekerja sama dengan media perkopian yaitu Kondimen-Baca Kopi Malang. Terdapat sesi sharing, dilanjutkan dengan fun battle aeropress yang diikuti peserta dengan antusias. Mampir saja dan sharing bareng sang pemilik yang merupakan juara kompetisi Indonesian Aeropress 2017.

Amstirdam Coffee

Sebelum Disajikan Ada Cupping Kopi via Instagram @amstirdamcoffee
Sebelum Disajikan Ada Cupping Kopi via Instagram @amstirdamcoffee

Amstirdam Coffee yang terkenal dengan Kopi Sejuk juga menjadi salah satu coffee shop di Kota Malang yang kasih ilmu perkopian. Salah satu program yang pernah ada bertajuk Di Balik Bar, bekerja sama dengan MIKIRIN.ID. Bercerita mengenai proses pembuatan kopi sampai kesibukan di balik bar.

Akun Instagram Amstirdam Coffee juga aktif dalam membagikan informasi mengenai beragam hal mengenai kopi dan seluk beluknya. Mulai dari informasi daerah penghasil kopi nusantara sampai tips usaha. Coba saja mampir ke Ruko Soekarna Hatta Indah. Buat ngopi sekalian ngobrolin kopi dengan para baristanya.

Chr.Coffeebar

Ilustrasi Public Cupping via Instagram @tamanbermain_mlg
Ilustrasi Public Cupping di Chr.Coffeebar via Instagram @tamanbermain_mlg

Pernah mendengar istilah cupping? Itulah istilah yang digunakan untuk proses icip kopi sebelum sampai di meja customer. Biasanya memang dilakukan oleh profesional, namun tidak menutup kemungkinan yang bukan penggiat kopi ikut melakukannya.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Chr.Coffebar. Mereka mengadakan public cupping, mengidentifikasi aroma dan rasa apa yang keluar.

Coffee shop di Kota Malang yang suka kasih ilmu perkopian ini berada di Jalan Candi Agung I, Mojolangu, Lowokwaru. Teman Traveler boleh banget mampir buat menjajal kopi dengan beragam metode seduh, seperti Turkish Coffee.

Jadi bagaimana tertarik buat kepoin kopi di deretan kafe di Malang tersebut? Sempatkan mampir, ya. Teman Traveler punya rekomendasi lainnya?

Tags
Coffee Shop Indonesia Jawa Timur kuliner Malang
Share