Supaya Tak Digetok “Bon Kaget” Setelah Makan, Ini Tips-tips yang Bisa Dilakukan

Baru-baru ini viral warung lesehan yang berada di Tegal, Jawa Tengah lantaran mematok harga luar biasa untuk pembelinya. Bagaimana tidak, pembeli perlu mengeluarkan uang Rp700.000 untuk seporsi nasi dan tiga lauk. Ternyata setelah viral, banyak pembeli mengeluhkan hal yang kurang lebih sama. Supaya Teman Traveler tak digetok bon kaget, berikut tips-tips yang bisa dilakukan.

Hindari Warung yang tak Mencantumkan Harga

Ilustrasi melihat menu, via Shutterstock
Ilustrasi melihat menu, via Shutterstock

Tips pertama supaya kamu tak mendapatkan bon kaget adalah dengan menghindari tempat makan yang tak mencatumkan harga secara jelas. Tidak sedikit tempat makan yang hanya mencantumkan jenis makanan yang dijual tanpa jelas harganya. Jika kamu menemukan tempat yang semacam ini, lebih baik untuk dihindari. Tapi jika sudah langganan dan tidak ada masalah, tak apa-apa untuk diteruskan.

Tanya Harga ke Penjual

Ilustrasi bertanya ke penjual, via Shutterstock
Ilustrasi bertanya ke penjual, via Shutterstock

Tips selanjutnya, jika menemukan warung yang tak mencantumkan harga, kamu bisa bertanya ke penjualnya ya. Jangan sampai setelah makan diberi bon, kamu malah tak terima dengan harganya. Maka dari itulah, ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu supaya makan tak was-was. Tak perlu malu ya Teman Traveler, apalagi di musim lebaran ataupun hari perayaan, malu bertanya mengakibatkan kantong jebol nantinya.

Riset Harga Dulu di Beberapa Warung Sekitar

Tanya-tanya harga, via Shutterstoc
Tanya-tanya harga, via Shutterstock

Jika terdapat banyak warung, jangan ragu untuk riset harga terlebih dahulu. Pilih tempat makan dengan harga yang masuk akal, supaya liburan dan makan tetap menyenangkan. Tak jarang karena sangat lapar saat berada di perjalanan kita langsung membeli tanpa riset atau apapun. Untuk selanjutnya, jika masih sempat usahakan untuk riset harga di beberapa tempat. Supaya pengeluaran tetap aman.

Cari Tempat Makan Jauh dari Tempat Wisata

Makan jauh dari tempat wisata, via Shutterstock
Makan jauh dari tempat wisata, via Shutterstock

Kerap terjadi memang, harga makanan di sekitaran tempat wisata terbilang mahal dari yang biasanya. Maka dari itulah, carilah tempat makan yang lokasinya cukup jauh dengan tempat wisata. Terutama bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri, cari tempat makan strategis dengan harga dan menu yang sudah jelas.

Membawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal dari rumah, via Shutterstock
Membawa bekal dari rumah, via Shutterstock

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawa bekal sendiri dari rumah. Jika sangat mepet, bisa membeli roti dan minuman ringan saja dahulu. Nanti kalau sudah berada di tempat yang familiar barulah membeli makanan. Usahakan untuk membeli makanan yang sudah dikenal ataupun rekomendasi teman.

Semoga bon kaget ini tak terjadi padamu ya. Maka dari itulah, terapkan tips-tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga perjalanan mudik 2019 Teman Traveler menyenangkan, ya.

Tags
bon kaget tips hindari bon kaget tips makan di pinggir jalan
Share